Pola Pikir JB Rossi = Pola Pikir Orang Jepang


SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Mungkin ada yg heran kenapa JB Rossi selalu sukses membuat motor semakin baik dari tahun 2000-2010… Sebenarnya hal ini karena JB Rossi mengikuti pola pikir orang Jepang, bangsa yang menguasai perekonomian dunia. Dan hanya karena Jepang dibatasi dlm pengembangan senjata perang saja yg menyebabkan Jepang tidak menjadi polisi dunia.

Ada sebuah buku yang ditulis tahun 1980an dan diterjemahkan di tahun 1990an, yang menjelaskan secara gamblang kenapa Jepang mulai menguasai dunia, dan diramalkan akan menguasai bisnis dunia tahun 2000an, dan memang kejadian!!

Saat kekuatan ekonomi Amerika mulai rontok, kekuatan ekonomi Asia yg dipimpin Jepang (lalu Korea & China) membantu bangsa Arab untuk mempergunakan uang hasil minyak untuk membeli saham2 perusahaan barat…. dan membangun Arab dengan teknisi2 dari Jepang dan Korea (barat hanya sedikit, itupun berhubungan dgn minyak), nyaris seluruh infrastruktur dikerjakan bangsa2 Asia Timur.

Tidak usah jauh2… lihatlah mobil2 atau kendaraan2 yg ada di Indonesia saat ini, lebih 80% dikuasai merk Jepang dan Korea, mobil2 Eropa makin terkotak2 kecil.. yg hanya dibeli kalangan atas ke-atas… kalangan menengah hanya mau beli bekas-an alias seken-an saja.

Sebenarnya pola pikir Jepang dan Barat dasarnya sama, tapi sangat berbeda dalam penggunaan/pemaknaannya. Langsung saja dalam hal pemecahan masalah, orang barat sangat berkonsentrasi dgn pemecahan masalah. Semua masalah harus dicarikan pemecahannya… Masalahnya adl saat masalah itu dianggap sudah tidak ada.. apa yang mau dipecahkan lagi?? Mending menciptakan sesuatu yang baru lagi… masalah baru pasti butuh pemecahan baru kan?

Memang tidak ada yang salah… tapi inilah titik yang dicuri/digarap oleh Jepang/Korea/China.. Penyempurnaan lewat inovasi (atau malah kita tuduh Njiplak??). Saat orang barat menilai sesuatu produk tidak ada masalah, maka Jepang akan memandang produk tersebut sebagai titik awal bagi produk2 Jepang… Dibuatlah barang penyempurnaan atau substitusi (pengganti) yang lebih baik/ekonomis. Pola pikir Jepang tahap demi tahap, tapi menikmati keuntungan dari tahap demi tahap tersebut, dicari detail demi detail yg layak disempurnakan/ di inovasi, sehingga memuaskan konsumen.

Daripada pusing bacanya, singkat saja :

Orang barat –> Fokus pada pemecahan masalah, dan saat masalah terpecahkan akan merasa puas dan mencari masalah lain.
Orang Jepang –> Jika masalah sudah terpecahkan, tetap dianggap sebagai suatu hal yang harus disempurnakan detail demi detail, tanpa berusaha berhenti untuk menginovasi suatu hal tersebut. Perhatikan Televisi… sebenarnya cukup sampai tehnologi layar rata.. tapi sekarang orang2 tetap membeli Televisi TFT, LCD, LED… dan nanti apalagi, padahal semuanya tetap untuk nonton motoGP.. sementara Tipi merk barat “NYARIS” sudah musnah dari jaman Tipi Tabung!!! Mana HP motorola asli amrik? Semua sudah dibuat di China/Korea… O2/HP = Dopod = HTC… Blackberry asal Kanada-pun sudah jadi buatan China!

Kembali ke JB Rossi…. Pola pikir JB Rossi sangat jelas sekali persis dengan orang Jepang! Kejeniusan Eropa yang berpikir ala kecerdikan Jepang… Jadilah Duet Legendaris!!

JB Rossi selalu bekerja tahap demi tahap, bukan loncat kanan loncat kiri ala Ducati. Diminta fokus pada delivery tenaga dan elektronik efektif, malah bikin elektronik yg canggih yang malah menghilangkan feeling Rossi pada roda saat melibas tikungan… maunya Rossi elektronik membantu pengendalian, eh malah pengendalian oleh elektronik?? Keseimbangan motor sulit didapat karena semuanya dikontrol elektronik… memang elektronik bisa mengontrol nyali Rossi? Gimana mau betot gas kalau motor geal geol? Kecuali pembalap nekad yg menganggap jatuh sbg nothing to loose.

Berikut posting bro vixiedenkatiden (Interview Enrico Borghi Dgn Rossi) :

http://forum.detik.com/fansnewbie-du…7688p1442.html

Valentino Rossi : Fokus dan bekerja dengan baik. Sebenarnya masalahnya ada dua.

EB : Pertama?
VR : Ketika memasuki tikungan, saya tidak tahu. Front end tidak membantu anda untuk keluar tikungan. Ini masalah utama. (Understeer).

EB : Tapi anda telah menyadarinya sejak November 2010. Telah setahun anda bekerja.
VR : Sebenarnya, sungguh luar biasa, ini sama masalahnya seperti motor yang saya kendarai pada bulan November 2010 hingga sekarang problemnya serupa. Baik versi yang tak ada frame, frame karbon, aluminium dan akhirnya chasis dirombak ulang, namun masalahnya masih sama. Luar biasa!

EB : Dan masalah kedua?
VR : Adalah Mesin. Dan ini adalah problem utama. Anda butuh motor yang bisa dikendalikan dengan baik. Motor kami begitu agresif. Lebih agresif dari Yamaha dan Honda. Nyatanya Stoner sewaktu tes Valencia mengatakan bahwa mesin Honda ‘enak’, sedang Pedrosa mengatakan agresif. Itu karena Stoner selama ini mengendarai Ducati.

EB : Dari kedua masalah itu, mana yang paling susah dipecahkan?
VR : Understeer…!!! Menurut pendapat saya, mudah mendapatkan mesin yang kurang powernya namun bisa dikendalikan. Jika Preziosi menyetujuinya, maka anda bisa mendapatkan mesin seperti itu.

EB : Masalah understeer, mengapa motor ini diproduksi begitu? Pernahkan anda mengalaminya?
VR : Ia tidak pernah memutuskan begitu. Tiba-tiba saja terjadi. Bahkan orang di Ducati saja tidak tahu mengapa masalah ini tidak hilang-hilang.

EB : Mungkin anda yang harus mengepalai dan memaksa teknisi untuk mengikuti opini anda.
VR : Saya seorang pembalap, itu saja sudah cukup. Berapa banyak pekerjaan yang harus saya lakukan lagi?

EB : Bagaimana cara melakukannya?
VR : Anda harus menyempurnakan nya secara detail, mulai dengan yang paling penting, dan harus melakukannya secara perlahan. dan melakukan pendekatan terhadap masalah secara bertahap.

EB : Metode Rossi/Burgess
VR : Mereka (Ducati) kurang berpengalaman. Mereka perlu tenang dan bukannya panik. Sebelum mengambil keputusan haruslah dipikirkan dan dipertimbangkan dulu, anda tidak bisa bersikap layaknya seorang supporter sepakbola.

EB : Apakah metode di Ducati ini yang telah membawa anda ke arah yang salah?
VR : Sedikit…!!! Tapi ada juga hal lain, Ducati harus dibawa dengan cara yang berbeda bukan dengan cara standar seperti biasa. Motor ini pun juga sulit untuk dikembangkan.

EB : Biasanya bila pembalap memberi tahu kepada teknisi maka mereka akan mengatasinya.
VR : Oh, tentu saja ini masalahnya. Tapi setidaknya anda harus mengetahuinya? Faktanya untuk bisa memecahkan masalah seperti di Honda atau Yamaha dibutuhkan pengalaman balapan di level seperti ini selama 50 tahun.

EB : Mereka yang mengkritik anda mengatakan : Valentino Rossi adalah seorang fenomenal yang bisa menyetting motor, namun setelah satu setengah tahun, ia gagal bersama Ducati.
VR : Saya tidak mendesain motor saya mengatakan apa yang ada pada motor. Kenyataannya mereka yang bekerja dengan saya mengatakan bahwa sangat baik dalam memberikan input apa yang terjadi pada motor. Saya tidak bisa berhenti di box dan mengatakan di tikungan ini motor mengalami understeer, kemudian menggambarkan satu inch pada steering sumbu geometri atau memvariasikannya menjadi 2.5 derajat……….Saya tahu dan begitu mengerti apa yang terjadi pada motor di trek tertentu, saya sangat baik dalam hal seperti itu, karena itu juga bagian dari pekerjaan saya. Yang lain pun harus melakukan tugas mereka : mereka teknisi harus memahaminya dan bertindak.

EB : Apa itu kesimpulannya?
VR : Saya telah menjelaskan masalah yang ada pada motor secara jelas berurutan sekarang tinggal mencari pemecahannya.

EB : Apakah anda khawatir hal tersebut tidak bisa berhasil?
VR : Hingga sekarang kami belum selesai. Tapi motor telah berkembang jauh selama 3 bulan. Masih ada kartu yang akan kami mainkan.

Bisa dilihat dari bacaan di atas?

JB Rossi –> Setelah pemecahan masalah utama distribusi berat (Carbon ke Desmobox) perbaikan akan bertahap dari hal pokok yaitu delivery tenaga (dibilang bisa jika Pippo merestui) lalu berlanjut ke detail2 kecil lainnya secara kontinyu.

Pippo –> Maunya pemecahan secepatnya, langsung gebrakan canggih. Obsesi Pippo memecahkan masalah D-16 yg butuh 20.000 jam saat Pippo membuatnya, menimbulkan kesombongan diri, melupakan “kemampuan” JB Rossi yg sudah legendaris di balap motoGP.

Kejeniusan Pippo –> Ego pencipta D-16 –> setengah2 mengikuti petunjuk JB Rossi.
JB Rossi –> yg terbiasa berpikir menyempurnakan “rasa” mesin Jepang, kaget dg habit Ducati… yg ingin secepat2nya memecahkan masalah… tapi malah salah arah karena tidak mendengarkan arahan jb rossi.

Tapi semoga itu sudah berlalu, dan Kejeniusan Pippo team akan dimanfaatkan utk menyempurnakan petunjuk2 JB Rossi.

Perbandingan Pola Pemikiran Barat VS Jepang Berikut :

Pola Pikir JB Rossi yg terus menerus menyempurnakan :

Judul Buku :

Eksekutif yg kurang kreatif :

Pola berpikir Amerika :

Pola berpikir barat / mayoritas dunia :

Pola berpikir Jepang :

Posted on 25 April 2012, in JAMU SRONDOL. Bookmark the permalink. 93 Comments.

  1. Jelas sudah,siapa yg setengah”

  2. Jh0ny Kumbara

    Jelas sudah, siapa yg setengah”

    Yg full emg yg sprt apa,,,? Dulu gp11 jd gp11.1, gp11 jd gp evo jg dblg setengah2. Kayak’a selama rossi d ducati blm kompetitif, akan dblg ducati setengah2 thd kemauan rossi. Stoner d ducati g bawel ky gini tp msh bs kompetitif. Justru sbnrnya stoner yg dpt perhatian dr ducati cuma stengah2, bhkn mgkn krg. Tp dasar stoner anak bandel and bersahaja, dia brusaha maximal apapun keadaan motor ducati wkt itu.

    Bravo CS27
    Yes…!

  3. CAPE DEH…IDIOT

  4. Aku tdk butuh penjelasan basimu….karena berita ini semua sudah ada d internet.skrng kau paham

    • Jh0ny Kumbara

      I can’t ride this bike.

      Mana skill dewa, buktiin dong bs naklukin motor apapun keadaannya. Masa skill dewa d pepet barbera kluar lintasan…?!!

      Wkwkwkwkwk…

  5. kaga nyadar lu tong

    selamat ya buat rossi yang sukses mengembangkan ducati
    menjadi tim terbaik diantara tim crt.
    hauhahahaha

  6. Kebencian yang membabi buta menghilangkan akal sehat untuk menimba ilmu, kesombongan yg dipelihara hanya akan menghilangkan kesempatan untuk berkembang. Dan kedatangan yang tak bergunalah yang mendatangkan kericuhan. Kami berbagi bukan untuk dicaci, kami memelihara api semangat untuk tetap berdiri…selama JBROSSI terus berkreasi kami tetap setia mendampingi…..dan bagi yang tdk suka mohon jangan iri….salam api ngepet JBROSSI!

  7. Jh0ny Kumbara

    Kedatangan kami tiada maksud utk mencaci, kalo kalian tdk memprovokasi dg tulisan2 yg merendahkan and meremehkan dg penuh kesombongan(artikel2 sblm race qatar).

    • kaga nyadar lu tong

      mau ngomong kaya gimana pun, lu tetep dianggap salah bro.
      rossi kan dewa mereka, parah kan

    • theking of speed

      Bro Jhony, untuk beberapa artikel belakangan ini, sepertinya fbr sudah introspeksi. Analisa ini-itu, merendahkan pabrikan – rider lain, hayalan tak berujung, dan kelebayan lainnya telah sirna.

      Salam wwuuuuzzzzsssss….

  8. Mudah2 bisa podiu di jerez
    tanya kenapa?

  9. tidak ada dewa, semua manusia biasa
    ingat kesombongan akan menghancurkan segalanya contoh FIRAUN
    mau tanya kenapa?

  10. S4S0N9K0 W!70Y0

    Betul mal, kesombongan akan m’hancurkan segala’a. Dan apa yg pernah dikatakan rossi thd stoner swktu d ducati, adl bentuk kesombongan jg.

    • theking of speed

      apakah rossi bernasib seperti firaun???

      firaun mengaku tuhan, jb-rossi mengaku sanggup benahin ducati 80 detik saja…

      • ud terbukti gan, kesombongan mereka yang menghancurkan mereka sendiri. :p
        jelas2 udah ribuan detik tapi masih nga beres2.

        sekarang nyalahin orang lain, biasa pola pikir picik nan sempit, biasa menunjuk orang lain dan nga introspeksi diri.

        ducati trus yg di tunjuk2 dan harus salah, jb rossi nga pernah mau adaptasi. harus ducati yg adaptasi mengikuti arahan jb rossi.

        kalo jb rossi bener2 jago, bikin motor sendiri, merek sendiri, ane mau liat. bisa kaga itu jb rossi bikin motor.

        kalo cuma ngemeng ini salah itu salah sih anak sd juga bisa…

    • kaga nyadar lu tong

      sudah begadang 24 jam, 7 hari non top masih aja disalah salahin.
      kesian banget ducati

    • kaga nyadar lu tong

      yang jelas stoner pernah jurdun pake ducati,
      troy bayliss pernah jadi raja wsbk pake ducati
      carlos checa taun kemaren jurdun pake ducati wsbk.
      motor berprestasi masih disalahin … bakal kualat lah mereka

  11. @kirik2 pemakai helm didengkul: siap2 ngumpet semua kirik… wakakaka… stongos yg katanye juara sampe 2030 tanpa henti??? itu iklan dikandang kirik2 boy khan? wakakaaka… emang itu rendah hati?? wakakaka… dasar kirik2 otak didengkul… bikin analisa kagak bisa.. tapi gue maklum… kemampuan cetek…

    gue tantang loe sekandang kirik buat adu kemampuan di kayak esmilo:

    http://forum.detik.com/esmilo-sokteyu-com-t395384.html

    jawab pertanyaan gue yg pertama dan kedua… kalau ada satu dari eloe para kirik2 boy bisa jawab, gue yg bakal pake helm didengkul….

    gue yakin seyakin2nya hanya fans rossi yg sukses di dunia nyata… sekandang kirik2 boy pemakai helm didengkul pasti ngak bisa jawab kayak esmilo…. terima tantangan tapi ngak bisa jawab.. eh ngilang…. wakakaka….

    bikin analisa aja ngak bisa??? apalagi jawab tantangan gue….
    buktikan!!! wakakaka… sekalian aja sombong… stoner sampai 2030 juara terus2an???? wakakaaka…. tahun ini aja bakal jadi pecundang… wakakaaka

    • Woi sokteyu,

      Elu mau ngalihin topik mslh y, pengecut luh…!

      Ga’ usah kemana2 dach, fokus k pertarungan rossi vs stoner. Buktiin kalo rossi dg ducati bs ngladenin stoner brsama honda, wlp stoner fisiknya lemah.

      • @sokteyu

        Elu selalu nyebut fbs dg kata2 kirik, tp elu sndr g nyadar kalo mulut elu mengandung virus rabies.
        Huekkk…

        Wkwkwkwkwk…

      • wakakaka otak didengkul tetap kirik otak didengkul….
        pantesan ngak punya analisa semua… ente contoh kirik otak didengkul sejati…. cetek wakakaka

      • johony ngak mampu jawab karena memang pemilik otak didengkul sejati… wakakaka

  12. Mau diatas, mau dibawah, mau disanjung, mau dilecehkan….Rossi tetap dihati.
    Rossi is the real legend.

  13. Jh0ny Kumbara

    Sokteyu, prtanyaan elu g pntg banget tau…!

    Yg jelas kata rossi I DON’T RIDE THIS BIKE

    Paham Loh…!!!

  14. Jh0ny Kumbara

    Sokteyu, slhkan elu bikin analisa yg panjaaaaaang bgt, tp te2p yg dliat adl fakta d sirkuit, and elu siap2lah nangis darah krn rossi g bs jurdun dg ducati.

    • @jhoni kirik pecundang sejati: wakakakaaka…..
      udah ketahuan di kehidupan nyata kirik pengais sampah aja belagunya minta ampyun…. wakakakaka…. pantesan kagak ada yg bisa analisa sama sekali satu kandang kirik2 boy…. isinya otak didengkul semua sih… wakakakaaka…
      gimane kagak hebat2 fans rossi dikehidupan nyata….
      bikin analisa pembalap yg kagak dikenal aja serius… gimana bikin analisa yg berhubungan sama kerjaannya sendiri… dijamin tok cer…

      sekandang kirik2 boy??? wakakakaka… kehidupan nyata otaknya didengkul, kagak ada kemampuan analisa sama sekali… wakakakaka…. kamu ketahuan… otak didengkul!! jhoni otak didengkul ketahuan oon..nya…. wakakakaka

      • Jh0ny Kumbara

        @Sokteyu

        Elu ngomong sebakul, berak sepengki.
        (murtad style)

        Hueck…

        Kagak ngaruh bwt w, yg pntg stoner bs ngalahin rossi…!!!

  15. @jhoni otak dengkul: buat ente ngak ngaruh lah pasti…. kirik pengais sampah apa juga doyan…. wakakaka… maklum deh… pemakai helm didengkul… wakakaka

    • Jh0ny Kumbara

      @sokteyu, w demen liat elu makin panas. Gpp w dkatain pengais sampah, org elu jg pemulung sm kek w ngumpulin botol bekas, kardus and besi2 tua trs dkiloin bwt d tuker beras.

      Wkwkwkwkwk…

  16. eh bro Jhony kumbara ente pecundang kemarin kan ente udah ane kalahin di debat .

    Gua tanya ama lu trus silahkan menilai dan di pahami :

    Rossi juara dunia 9 kali

    Stoner juara dunia 2 kali

    mana paling banyak ayo jawab bisa ngk ?

    • Jh0ny Kumbara

      Yeach hayden lg, ini mah kecil, koment dr kemarin itu2 ja.

      Itu pertanyaan bodoh, elu bukan level w tau…!!!

      • kaga nyadar lu tong

        sssssssssttttttt…. gw kasih bocoran bro Jh0ny
        itungnya pas casey stoner naek kelas motogp bro
        enak aja ngitung pas stoner belum naek kelas, dasar otak di dengkul.

      • Sumiati semox montox bahenol mentul mentul

        Biar bagaimanapun tetep rossi rider terbaik sepanjang masa. Kalo ngeyel brarti idiot wkwkwkwkwkwkwk

  17. theking of speed

    Kagak rider-nye kaga fanboy-nye emang udah kayak firaun… Tapi maklumlah, namanya juga menghibur diri yah…

    Hayden lumayan di grid 3, rosi di depan crt.

    Motor atau rider-nye yg oon nih???

    Hey ducati, jangan mau disalahin jbrosi. Si hayden buktinye bisa kompetitif…

    • valentino TUEK harus PENSIUN

      edan bro, RDP di depan Rossi
      dah gitu masih nyalahin ducati, hayden aja bisa ketiga
      46 become a looser.
      selamat menikmati tahun kedua sebagai pecundang

    • Sorry nih men
      Jangan lu samain semua orang seperti firaun
      Emang anda merasa lebih baik dari orang lain?
      Ingat kesombongan merusak dirimu sendiri
      Ngangap orang lain firaun tetati ternyata Anda ngak lebih baik Karun
      Karena kesombongan seluruh harta beserta dirinya ditenggelamkan ke dasar Bumi
      Ini hanya Nasehat
      Ngak perlu tanya kenapa?

  18. dulu,duluuuuu bgt ada penulis tabloid motor yg katanya pertama dan terbesar di indonesia,memberikan julukan Max Biaggi dgn sebutan Max Bego,guah yakin nh orang Fans Berat Rossi.Dan akhirnya julukan itu pindah ke jagoannya Valentino Bego.Dan guah yakin nh blog yg nulis sama orang nya yg nulis di tabloid sampah itu….

    • theking of speed

      Sampe sekarang, fbr itu paling pertama melesetin nama rider laen dgn maksud merendahkan. Emang dasar gayanye kayak firaun…

      • Sorry Elu dari tadi ngomong2 firaun
        Emang kelakuanmu udah benar?
        Jangan2 kamu seperti karun lagi
        Jangan tanya kenapa?

  19. hahaha, hebat jg rossi, sama crt aja kalah :p

    kebanyakan analisa dan alesan, mendingan bobo aja lah di rumah om ocy.

    buat soktektol, mau ngomong apa lagi luh, ducati dipegang hayden bisa qtt ke 3 tuh, jgn salahin motor mulu…

    • udah, lu mau komeng apapun pasti disahalin dah
      yakin gw, rossi tu dewa mereka
      ga bakal disalah salahin, yang ada ducati dicaci maki sama mereka.
      palagi sokteyu…agamanya rossi kali ye.
      hancur

  20. rossi bukan lah dewa buat fans tetapi rossi simbol semangat kenapa simbol semangat karena juara dunia 9X bukanlah sesuatu yang mudah dicapai…

    • Jh0ny Kumbara

      Betul bro @anonim

      Juara dunia 9X bukanlah sesuatu yg mudah dicapai, apalagi dia skrg pke ducati. Jgnkan juara dunia, utk podium ja susahnya minta ampyun.

      Betuuul…???!

      • Inilah saatnya VR diuji kesabarannya
        Apakah lulus atau tidak
        Kalau lulus jgn Sombong
        Kalau tidak ngak perlu stres apalagi frustasi
        Tetap semangat dan kerja pintar
        Tanya kenapa?

    • baguslah @anonim, ingetin tuh para fbr yang kelewat bates
      yang suka menghina, menghujat terlebih dahulu
      ga ada asap kalo ga ada api

      • Jangan saling menuduh
        Banyak juga Oknum FBS, FBR, FBH, FBY dll
        Lebih baik mulai dari diri sendiri dengan komen yg baik tidak menghina
        Tidak ada dewa semua manusia
        Ingat tidak ada tuhan selain Allah

  21. 80 detik saja

    wahai pemilik blog yg terhormat,apakah anda melihat dan menyimak dan menonton MotoGP Jerez,kaga seru kan,iyalah jagoan ente KALLLAAAHH….Ayo silahkan analisis lagi yg super detail.keluarin semua majalah usang mu tuk di jadikan bahan artikel.Atau dah males,yaudah caci maki tuh Ducati.Cuma itu kan yg kalian bisa.Klo menang jagoan ente di dewa2in motor mah no.2 (naik motor apa aja menang (ah masa???)),klo kalah,gampang….motor nya (Ducati) bobrok hasil pengembangan Stoner yg gak becus ngembangin motor.GAMPANG KAN?????…..

  22. banyak orang tau kalau rossi udah 9 kali jurdun, tapi gak usah disebut terus!!!
    adu argumen yang cerdas coyyyyyy,,
    mungkin akan lebih bermanfaat,,,

    • kan cuma itu yg selalu dijadikan alasan para fbr gan, selalu bilang rossi 9x jurdu.

      justru harusnya orang yg bisa ngalahin 9x jurdu itu yg jago.
      lah wong udah 9x jurdu kok kalah sama anak baru, malu harusnya..

      • bukan ngalahin jurdun 9 X jago tapi yang ngalahin siapa dulu kl sekelas Dohaan si ngk apa apa ini yg kalahin stoner,ngerti motor,muntah muntah di motor,ngk tau penyebab masalah chater itu ada di tikungan berapa pas race di qatar.harus kl pembalap pasti kan tau soalnya dia yang ngerasain ada di tikungan berapa chatter kerasa ini mah malah ngk kasih solusi.

        ini membuktikan bahwa stoner itu bukan pembalap sembarangan alias sembarang membuat motor jadi “BOBROK” dan itu kenyataan dan pipo sendiri mengakui dan sekarang motor stoner hanya jadi kiloan di tempat rongsokan.

        Makan FBS kalo pilih jagoan jangan seperti beli kucing dalam karung.milih jagoan aja ngk becus gimana fans nya pada alay aka ngk jelas.

  23. VR-DCT musti kerja Pintar
    Kerja sama
    Tetap semangat
    Tanya kenapa?

  24. Bukan hanya pola pikir, tapi saat balap juga sudah pakai gaya pabrikan Jepang
    Moga2 kompetitif tahun ini
    Tanya kenapa?

  25. kalo kalah stoner dengan 1000 alesan salahin chater ama oil pump kalo menang diem diem aja emang benar kata bos lu nakamoto kalo kalah mewek kl menang ketawa persis kaya anak kecil aja.

    anak FBS pada ngungsi karena kena banjir oil pump.

    FBS emang benar elu tu fans boy aka karbitan seperti jagoan mu sendiri stoner pembalap karbitan .

    • dasar pecun-d4n6
      ngaca dulu dong. liat aja kelakuan rossi dgn sejuta alasannya saat ini.

    • emang rossi sekarang kalah nga pake beribu alasan?
      itu tiap kali alasan melulu. minta twinspar lah, minta engin baru lah, minta elektrik baru lah. nga sekalian aja minta pabrik baru biar bisa bikin motor merek baru.
      bikin sana motor merek rosida atau yarosi, ane pengen liat rossi bikin motor kayak apa…

  26. mana analisa sok tau mu itu?
    mana prediksi honda-yamaha bakalan kehabisan bbm?
    mana gaya super tito mu yg bakal ngeladenin lorenzo? boro2 deh kebagian asap motor lorenzo aja enggak?
    mana? mana? mana?
    PECUN-d4n6

  27. mau ngasepin stoner gampang kasih aja ranjau paku habis itu kan ban nya bocor lalu di dorong dorong motor kaya habis BBM gitu padahal bannya betus trus di salip deh ama rossi.

    terus rossi juara dunia.

    • fans sakit mental

      Ini analisis seorang fbr ya? kok beda ama yg lain?
      suer gan analisis lu gak mutu bgt

      • eh bro ane ngk tau ente FBR atau FBS.tapi yang pasti kalo anak anak FBS bisa kasih jawaban yang mutu baru ane kasih jawaban yang mutu dan berkualitas.dia aja anak FBS di kasih komen mutu ngk bisa terima katanya bahasanya ketinggian trus di kasih bahasa yang ngk mutu baru mereka nyambung .jadi dari situ kita bisa menilai mereka anak FBS itu dari kalangan mana mereka berasal.

        Jadi kalo ente anak FBR pasti sudah tau.

      • fans sakit mental

        Ow begono
        Klo gitu jelasin pake analisa bermutu ttg honda-yamaha yg hingga saat ini blm bermasalah ama kehabisan bbm?
        Soalnya gue udh maen2 ke markas fans sakit mental di DF tapi kayaknya udah gak dibahas lagi?
        Thanks gan

      • fans sakit mental

        @hayden
        Kok blm dijawab pertanyaan gue? berarti deal ya kalo komen loe di atas itu emg gak mutu.

        Case closed.

  28. stoner anak kecil yang kemarin sore baru juara balap dan kelakuannya kaya anak kecil dapet pemen gitu juga fansnya anak alay semua ngk jelas tapi paling cocok untuk FBS itu di bilang fans karbitan itu kaya bener 100 % deh .

  29. Bicara tentang rivalitas dengan motor sejenis, dalam kesempatan yang sama Rossi juga menanggapi pernyataan Jorge Lorenzo. Mantan rekan satu tim serta rival terdekatnya saat di Yamaha itu mengaku akan menyambut Rossi jika ia kembali ke Yamaha.

    “Saya harus berterima kasih padanya untuk itu. Jorge selalu mengatakan ia suka memiliki saya sebagai rekan satu tim, dan bahwa ia belajar banyak. Tapi terlalu dini untuk membicarakan musim depan. Pertama saya sedang berkonsentrasi untuk membuat Ducati lebih cepat.”

    • Jh0ny Kumbara

      @hayden

      elu g usah byk bacotlah, buktiin ja kalo rossi bs nyamain rekor stoner d ducati, 4 taun 1X jurdun 23X pod 1. Baru w akuin kalo rossi lbh hebat dr stoner.

      • Eh lo Jhony kumbara, buktiin juga tu jagoan lo stoner bisa 1x juara 125cc, 1x Juara 250cc, 7 x Juara motogp, dan 139 podium 1 sampe pensiun dari motogp .Baru w melebihi pengakuan lo bahwa stoner tuh paling hebat dari semua legenda…..jangan bacot lo gede….

  30. Jh0ny Kumbara

    @forza

    Rossi skrg msh d ducati jd ada ksmptn utk jurdun. Udh g usah byk bacot, buktiin ja kalo rossi bs jurdun dg ducati, g usah pke byk2 pod 1 lah, soale berat.

    • forza vale 46

      @Jhony

      stoner msih mda skrang msih ad ksempatan Cba tu kejar record biar jadi Legend,dan ga usah bnyk alesan,buktiin aj bahwa jagoan lo tuh si stoner bsa lampauin tuh record,klo mau lewatin tuh record jangan sampe jagoan lo stoner tuh pensiun dini……..

      • Jh0ny Kumbara

        Lawan2 yg dhadapi stoner lbh berat dr lawan2 rossi tempo doeloe, sblm era 800cc.

        Paham tong…!

  31. theking of speed

    CS27 gak berambisi ngejar rekor. Begitu pun FBS, sangat realistis dengan pencapaian seorang atlet.

    Jurdun 9 x memang jadi hak paten bagi fbr buat sombong. Tapi dengan amat sangat tidak mengurangi rasa hormat, tolong dibuktikan dulu kalo rossi di ducati bisa ngasepin CS27.

    CS27 pake ducati, berpuluh kali ngalahin rossi dgn M1-nya.
    rossi pake ducati, berapa kali ngasepin CS27??? selamat menghitung…!

    Salam wwwwuuuzzzzz…

  32. ribut kaga ada abisnya

    elu elu pada balapan deh,
    di sentul kek, ato dimana
    ngeributin orang mulu

    • hahaha bener juga ente.
      sono pada balapan di sentul, trus diliat siapa yg paling banyak masuk gravel :p

  33. Vucklentino Rosshit 46

    rossi sudah menjadi pembalap medioker jadi buat apa dibanding2kan dgn stoner, lorenzo atau pedrosa??????
    kagak level tau.

    • Ah enga salah rossi pembalap medioker.rossi itu pembalap level atas yg seharusnya pembalap medioker ntu anak muda ngk jelas yang stoner suka bacot gede ngk ada arti malah dikatain orang pembalap yang cengeng,

      kalo gue di suruh pilih Stoner atau Pedorsa.yang gue pilih Pedrosa pembalap yang kalem ngk banyak cakap trus menghormati pembalap yang punya kemampuan yang luarbiasa seperti rossi.

      • Vucklentino Rossh1t 46

        Udh setahun lebih pake ducati tp cmn podium di papan tengah mulu bukannya termasuk pembalap medioker ya. dipikir dulu ya sblm ngebacot.
        Jelas lah lu bilang stoner bacot gede orang lu gak suka stoner.

        Emg rossi skrg msh pny kemampuan luar biasa. tp kok di papan tengah mulu ya.
        Wah tyt ada fbr yg minta rossi dihormatin nih :ngakak:
        Rossi gila hormat nih ye :ngakak guling2

  34. nah yang begini nih orang yang ngk ngerti motor maklum lah yang komen kan tukang sampah ngumpul plastik.jadi percuma juga ane ngejelasin masalah motor jagoan gue rossi.

    • Vucklentino Rossh1t 46

      Cieee yg jd sampahnya mulai panas nih.
      Ngejelasin? emg lu udh ngejelasin apa? yg mana penjelasan lu? gue gak liat tuh.

  35. dan juga helmnya di dengkul.

    Hahaha,,,,,,,emang enak gue ketawain ngakak di depan muke lu Vuck.

    • Vucklentino Rossh1t 46

      Yaelah bro.
      Gue gak rugi kali diketawain orang gak wara5 kayak lu.

      • Yah bro bro Vuck makanya udah tau ane sakit mental berarti ente juga sakit mental ngomong ame orang sakit mental.kalo gitu ente gabung aje ama FBR biar sakit mentalnya akut.kaya kite anak FBR murni.

        FBR selalu di hati dan Rossi juara dunia.

  36. sokteyu.com

    @sekandang kirik pecundang dunia nyata:

    wakakaka puas.. puas.. guwa bisa buktikan sekandang kirik2 boy memang aslinya otaknya didengkul semua… wakakakaka…. satupun kirik otak didengkul ngak mampu jawab!!!!!

    gimana kalau gue kasih pertanyaan yg lebih susah level manajemen puncak???
    ternyata memang aslinya sekandang kirik2 boy ngak ada satupun yg pinter…. pecundang semua…. wakakakakaka… ngak ada satupun!!! wakakakaaka….

    jumlah pembaca nambah, yg jawab kagak ada yg mampu… wakakakaaka….

    http://forum.detik.com/esmilo-sokteyu-com-t395384.html

    juara dunia sampai 2030?? wakakaka…
    ayo sombong2an sekalian… ayo kirik2 otak didengkul… wakakaka

  37. wong majang

    sebenarnya,yang menjadi trouble ntu ada di pembalapnya atau di motornya?

    kalo ane berpendapat setinggi apapun skill rider motoGP,,kalo motornya udah bobrok,kemungkinan kecil dia bisa jadi juara…..

    jadi ada perbedaan yang bisa dilihat kalo motornya rossi g sebagus motornya stoner….

    kalo disuruh adu skill antara rossi sama stoner mah,,udah kelihatan siapa yang punya pengalaman n skill yang top markotop…….

    (ini belum kejadian ye).rossi sama stoner head to head pake motor dengan settingan yang sama….pasti dah juaranya bisa dilihat…..

  38. @adriana otak didengkul: hehehe… akhirnya ente ngaku ngak punye otak hohohoho….

    ane juga salut karena ente dan sekandang kirik2 boy ngak mampu jawab and ngak ade otake… huhuhu…

    dengkul ente masih berdenyut2 tuh… bilang fbr ngak ada yg bisa jawab… ane FBR lho…

    Ngasih jawaban? wekekeeke…. tettep ane block lah… biar sekandang kirik2 boy penasaran..

    mana gugelnya? mana gugelnya? hohohoho… asal jeplak sekelas maling ayam sih… huhuhu…

    inget ye.. ANE FBR bukan Kawanan kirik2 boy FBS berhelem didengkul….
    ane FBR mampu jawab… ente and segerombolan kirik2 satupun ngak ade yg mampu.. hihihihi…

    mana gugelnya? mana? hohoho… dengkul ente berdenyut2 tuh… hihihi…
    http://forum.detik.com/showthread.php?p=17378207

  39. sokteyu@
    anda benar saya belum menemukannya di gugel dan saya jg tdk mencarinya hehe.. skrng saya yg giliran bertanya,, apakah kmu udh selevel vice president? klo iya buktikan! klo belum berarti kmu cuma membual alias omong kosong! gkgkgkgkkk…

  40. @adriana otak didengkul: hehehe…. sampah ngak punya otak kayak loe ngasih pertanyaan?? hohoho…. loe duplikasi jawaban gue aja ngak mampu? hihihi….

    loe aja udah terbukti berotak didengkul.. hehehe…. selevel maling ayam = kirik2 boy helm didengkul.. hehehe…

    ngak punya otak gimana nyari di gugel? blm jwb pertanyaan org dah ngasih pertanyaan… dengkulmu berdenyut2 ya? kikikiki…

  41. @adriana otak didengkul:
    perhatikan kalimat org ngak pake otak eh ngak punya otak…

    adriana: anda benar saya belum menemukannya di gugel dan saya jg tdk mencarinya hehe…..

    belum menemukan di gugel tapi tidak mencari??
    wekekeke… nulis sambil ding-kulen… dengkul berdenyut2… hehehe…

    ente tulis ulang jawaban ane tapi yg kumplit…. baru ane kasih alamat detail ane….
    ajak sekandang kawanan kirik2 boy… udah dikasih contekan masih ngak mampu??
    hohohohoho…. berarti semakin terbukti sekandang kirik2 boy selevel maling ayam semua… ngak ade otaknye… hihihihihi…

  42. dalem juga masbrow

  43. Sekarang gimana fbr masih jilat pantat preziosi….. Preziosi sampai berak dimuka lo semua masih anggap beraknya enak…
    Wkwkwkwkwkwk…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: