Ban, Faktor Krusial yang Menguntungkan Rossi


SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Sebenarnya sudah ada Brotherhood yg membahas sebelumnya (Forum :red), tapi inilah sebenarnya Rahasia besar yang menguntungkan Rossi dengan gaya balapnya yang benar2 tahu dgn performa ban dari jaman dahulu, sehingga saat lap-lap terakhir bisa tetap fight dgn kecepatan yg sama saat ban masih bagus.

Inilah rahasia kenapa JB Rossi selalu menggunakan Mesin BIGBANG yg karakternya bisa merasakan derita ban dibanding SCREAMER yg tdk bisa merasakan keausan ban… tahu2 ban jadi licin dan gampang jatuh, seperti yg dialami Stoner saat duel dgn Rossi tahun 2008-2009. Tidak banyak pembalap yang mampu mempertahankan kompon ban selama balapan.

Pedrosa termasuk yg sering kehabisan grip ban di beberapa laps terakhir. Stoner juga sering kehabisan kompon ban jika bertarung di lap-lap awal, itulah sebabnya Stoner lebih sering ngacir duluan di depan… Hanya Jolor yg cukup mampu me-manage kompon ban selama balapan, walau belum sehebat Rossi diatas Yamaha/ Honda.

Apa yg diungkapkan Jolor “tentang Ban” berikut akan menjadi Kunci Balapan Sepanjang musim 2012 :

Lorenzo reckons he will start his 2012 MotoGP campaign in better shape than ever before
http://www.autosport.com/news/report.php/id/98424

The crucial factor now is tyre degradation,” said Lorenzo. “They wear very quickly, you can feel the difference after some 10 laps already, and I think the final part of the races will be very difficult. The difference will be there. But I think unpredictable ends to the races will be a good thing for the show too.”

[“Faktor krusial saat ini adalah degradasi ban,” kata Lorenzo. Ban sangat cepat aus, kamu bisa merasakan perbedaan setelah 10 laps, dan saya pikir bagian akhir balap akan sangat sulit. perbedaan akan ada disana. Tapi saya pikir hasil akhir balap adalah sesuatu yang bagus untuk pertunjukan juga“]

—————————————–

Apakah Rossi belum mengetahui hal ini? Ternyata malah sudah tahu sebelum test Sepang I dilangsungkan!! Apa ada yg menyadari hal ini?? Lupakah dgn kemampuan Rossi Pindah Ban tahun 2008?? yg akhirnya malah diikuti dgn regulasi ban tunggal di 2009… Kalau Puzzle2 digabungkan, maka Podium Qatar satu minggu lagi bukanlah sebuah Keajaiban.

Atau masih ingat kisah 2008 (QAT5, SPA2, POR3, CHN1, FRA1, ITA1)… ya Rossi di qatar posisi 5 dan baru di China bisa menang (seri ke-4). Ini karena kejeniusan JB Rossi dalam menilai kemampuan ban Bridgestone, padahal saat itu dicela habis2an sebagai “DALIH” kegagalan 2 tahun berurut (2006-2007) jadi juara dunia.

Dan apakah GP12 Phoenix dibuat sembarangan atau disesuaikan dgn Sifat Ban?

Silahkan baca pernyataan Rossi menjelang Test Sepang I, berikut :

Rossi : mesin Ducati 2012 “indah sekali”
http://indonews.org/rossi-mesin-duca…-indah-sekali/

Dengan kata lain, Bridgestone hanya menyediakan ban yang paling sesuai dengan mayoritas mesin yang cocok dengan lintasan, dan mayoritas mesin menggunakan sasis mesim alumunium twin-spar.

Salah satu faktor paling penting untuk menambah kecepatan adalah kecocokan ban dengan mesin, kami sudah bekerja keras dengan mesin motor untuk memperbaiki performa,” kata Rossi, yang menjadi korban akibat sasis serat karbon Desmosedici yang membuatnya sulit untuk merasakan grid di ban depan. “Kita akan melihat apakah kita telah berhasil“.

Rossi : Realistis, Belum Menargetkan Juara
http://www.gp-mania.com/rossi-realis…argetkan-juara

Salah satu hal paling penting adalah membuat ban cepat bekerja seperti yang seharusnya, sehingga bersama-sama dengan Filippo, kita sudah mencoba untuk datang dengan motor yang akan membiarkannya melakukannya sebaik mungkin. Kami akan melihat apakah kita sudah berhasil untuk hal itu. Semoga Bridgestone juga akan bekerja dengan kami dalam arah ini. Kita tidak perlu perubahan besar dari ban, hanya modifikasi kecil akan membantu untuk pembalap.

Motor ini (GP12 Phoenix) sangat kuat, dan mesin yang lebih besar lebih menarik untuk dinaiki dan memungkinkan untuk beberapa sliding, jadi saya pikir itu perbaikan. Saya juga berharap mesin yg lebih kuat membantu pembalap (berbadan) lebih besar seperti saya & Hayden, krn kami kehilangan terlalu banyak dari pembalap yg lebih ringan pada era 800.”

—————————————–

Ternyata GP12 Phoenix memang dibuat berdasarkan Sifat Ban Bridgestone yg Baru… Inilah yg kadang2 tdk dipedulikan atau diperhatikan pihak lawan, bahwa Phoenix dibuat berdasarkan Ban… bukan ban yg menyesuaikan Phoenix. Yamaha M-1 2008 disempurnakan berdasarkan karakter ban Bridgestone, dan baru podium di seri ke-dua, dan juara seri di China.

Dan bagaimana Performa Phoenix terhadap Ban Baru?

Valentino Rossi still far from the ‘front’
http://www.crash.net/motogp/news/177…the_front.html

We found a more promising setting toward the end and I was able to repeat my fast time with a tyre that was very used, but it was already 5:30 and the temperature had dropped, so we decided to start working on it again tomorrow because we think there’s a margin.”

[“Kami menemukan sebuah setting yang menjanjikan akhirnya dan saya bisa mengulang catatan waktu terbaik saya dgn ban yg sudah sangat aus, tapi waktu sudah menunjukkan pukul 5:30 dan suhu udara sudah turun/ lebih dingin, jadi kami memutuskan untuk kembali bekerja di jalur (settingan) ini besok, karena kami berpikir ada margin keuntungan (waktu) disitu“]

—————————————–

Saya bisa mengulang catatan waktu terbaik saya dgn ban yg sudah sangat Aus… Artinya Rossi sudah mendapatkan settingan balap GP12 Phoenix saat ban benar2 sudah Aus, artinya balapan akan menarik saat ban Aus seperti yg diucapkan Jolor. Rossi menemukan settingan “BAN AUS” di Jerez yg benar2 butuh motor seimbang karena tikungan2 yg sangat banyak. Mungkin saat Sepang yg track cepat, Rossi masih ragu kehandalan Phoenix saat di track belok, tapi saat sudah mencoba Jerez & hanya tertinggal 0.9s dr Stoner yg pakai ban soft, itu adalah tanda2 yg sangat bagus… Kata2 di atas dibuktikan Rossi dihari ketiga yg bisa memotong dr 1.7s jadi 0.9s… walau iseng2 rossi bilang sebaliknya saat sudah sukses dihari ke-3 bahwa ban aus understeer kembali? hehehe… dasar Rossi!! hasil membaik, komen memburuk?? aneh…

Berikut adl perbandingan Race Simulasi Jolor dan Pedrosa, dimana waktu terbaik simulasi adl 1’40 kecil yg artinya masih sama saja dgn mesin 800cc (malah menurun), padahal simulasi dilakukan tanpa tekanan pembalap lain, sehingga catatan waktu bisa stabil. Rossi memang hanya sedikit melakukan simulasi balap, tapi ban yg dipakai adl selalu ban balap, sehingga sampai kehabisan stock ban “balap”. Rossi selalu mementingkan settingan balap dari jaman Honda, dan sering kalah saat test dr rekan se-tim, tapi saat balap? baru ketahuan aslinya!!

Catatan Rossi 1’39.733 hari ketiga Jerez = Catatan tercepat Rossi saat balap jerez 2010 dg M-1 800cc. Artinya GP12 Phoenix sudah bisa seimbang di tikungan2 Jerez yg sangat pendek dan sempit (Stoner malah khawatir pakai 1000cc di Jerez). Dan jangan lupa, Rossi blm pakai jurus balap 125% kemampuan seperti saat di Yamaha. Karena kalau dipakai di Test, maka settingan balap tidak akan ketemu2… tapi dgn mengatakan bahwa Rasa Front end sudah enak… siap2 saja menikmati balapan Qatar dgn kemampuan balap 125% Rossi!!!!

Foto2 yg sudah ditampilkan bro ewindoedoel46 (Forum :red), sudah menunjukkan bahwa Rossi sudah memakai super TiTo di Jerez. Cermati Kata2 Ini :

Rossi : Realistis, Belum Menargetkan Juara
http://www.gp-mania.com/rossi-realis…argetkan-juara

Saya juga berharap mesin yg lebih kuat membantu pembalap (berbadan) lebih besar seperti saya & Hayden, krn kami kehilangan terlalu banyak dari pembalap yg lebih ringan pada era 800.”

Hehehehe…. Jika Stoner bisa enak menggelendot di RCV2-12 800cc dan keberatan motor di RCV2-13, maka Rossi-lah yg beruntung bisa menggelendot di GP12 1000cc Phoenix….

Are You Ready Brother???

Posted on 29 March 2012, in JAMU SRONDOL. Bookmark the permalink. 19 Comments.

  1. yea I’m ready brother ! katanya Rossi ga yakin bisa bikin keajaiban kaya Alonso yg naik podium pertama di Sepang,tp sebenarnya Rossi punya kemampuan dari skill,mental,motor,ban dan tim untuk juara di Qatar,dan bahkan juara dunia

  2. Alexander Paijo

    Suegeeerr jamunya mbah, mangstaaab.

    Hallo FBR, Rossi pancen okeh. lnsya Allah jurdu 2012, 2013, 2014 Amiin.

  3. Sumiati semox montox bahenol mentul mentul

    Ahai

  4. Berarti dibutuhin skill lebih untuk menyamai kecepatan Honda & yamaha….Ayooo buktikan pak tua masih bisa bersaing dengan yang muda…minimal podium 3 lah..itu sudah cukup

    Setelah dapet update komponen race ke 4 langsung mengejutkan dunia persilatan..eh salah..dunia balapan..hahhaa

  5. Mantaaaap…abis ulasannya

  6. FBI = fans berat iwak peyek

    ducati diakuisisi oleh audi.
    bakal ada pengaruhnya ga ya buat tim ducati motogp nya.
    khusus nya pengembangan.

    • kayaknya malah semakin maju deh..cos dg menggandeng Rossi, Audy semakin pede bikin iklan2 produknya…

      • Sumiati semox montox bahenol mentul mentul

        Audi pun pengen ngrasain manisnya pnya tkng pelet macam rossi. honda, yamaha, fiat dan ducati uda ngrasain larisnya penjualan produk mereka

  7. penggemar ninja

    klo untuk juara th ini susah, masih harus bersaing ketat dengan jLO, yg juga jago dalam memanage ban ..karena gaya balapnya mirip rossi

    klo podium mungkin bisa..

    tapi mungkin ada ” keajaiban” sapa tau..:D

    Piss

  8. vixidenkatiden

    Yang ane liat seh Bridgestone melakukan development buat taon ini untuk 2 major item.

    1.New specification front tire

    Mengakomodasi perubahan dari 800cc ke 1 liter yang akan membutuhkan daya pengereman yang lebih besar untuk memasuki tikungan.
    Semakin telat pembalap mengerem maka ban akan menerima beban beberapa kali lipat dari kondisi normal. Pada saat yang sama panas yang terjadi didalam ban akan meningkat secara significant yang akan memaksa semua material di ban tersebut akan mencapai kemampuan maksimalnya dan memicu kerusakan ban.
    Nah pembalap yang bisa membaca kemampuan dari banlah yang akan bisa memaksimalkan potensi performa bannya, pada ingetkan Vale versus JL di Catalunya???Kalo ga bisa membaca performa ban, Vale di jamin pasti nyusruk di gravel dan bareng JL.
    Semoga front tire yang di develop sekarang bisa membuat Vale melakukan manuver sampai batas aman terakhir dari ban.

    2. Delivering improved warm-up performance

    Wah, kalo ini ane rasa sebagai feed back dari kejadian Sepang 2011…..hik..masih inget banget detilnya…
    Performa ban akan maksimal jika seluruh material dalam ban mencapai temperature kerjanya.
    Ane berharap banyak dengan improved warm-up performance, khususnya pada awal-awal lap dimana semua pembalap berebut posisi dan ban bisa bekerja dengan maksimal (padahal pas nikung yang napak ke aspal cuma seleban koin).

    Kalo untuk Bridgestone wet tire kita semua udah ngeliatkan gimana performanya bagi Ducati team pada saat test Sepang dan Jerez.

    Sekarang katanya JL kurang suka dengan performa Bridgestone 2012, kalo bagi ane ini seh tergantung kepada masing-masing pembalapnya , toh pada faktanya Vale pake used tire aja masih enak buat gas pol.

  9. Biarpun badai menghadang
    Pantang menyerah
    Suatu hal yg orang suka dari VR
    Semangat juang
    Masih tanya kenapa?

  10. Ane minta link tetangga sebelah dong gan…pengen liat isinya bermutu apa g ?
    #ForzaRossi

  11. penontonMOTOGP

    kalu artikel masalah teknik gini FBS kog g ada yg muncul ya,,,
    Nyimak mah mbah lagi belajar MOTOGP fans baru

    • Sumiati semox montox bahenol mentul mentul

      kalo debat masalah teknik mah kagak bakal nyambung 0m ama mereka. Mereka taunya ngacir, muntah2 ama nyungsep doank

  12. Rossi berkata: “Kalau mau hebat ya pindah ke tim yang masih belum kompetitif dong, masih ada Suzuki dan BMW tuh…”
    Si-tongos menjawab: “Ga mau ah, nyang ada nanti saya malah kamu abisin teyus kayak di laguna seca 2008 lalu,”
    Rossi: “ah kamu, beraninya ke tim yang udah top, saya pengen tahu nih kemampuan kamu membuat motor, bukan menunggangi motor, ayo dong pleaseee…”
    Si-tongos: “Sekali gak mau tetap gak mauuu.. titik… kan saya juga pengen bisa jadi legenda kayak kamu”
    Rossi: “ah.. biasa aja kok, saya menang udah biasa tapi saya ndak nyombong…”
    Si-Tongos: “Iya sih memang, kalo saya menang teyus gitu saya pasti sombong… di jamin duehh..”

    (guyonan hlo… jangan di bikin ati)

  13. Para fbs mana berani nongol.pinternya cm menghina..

  14. komen singkat ajah:

    menang dengan motor yg cepat (rc213v) biasa aja,
    malah kl sdh pakai motor yg cepat ga bisa menang malu2 in deh hahaha, tau kan siapa yg gw maksut
    tapi kalau bisa menang yg motor “underdog” adalah LUARRR BIASA

    m1 2004 rossi vs rc211v yg sangat superior(saking PD nya HRC bilang pambalap sapa aja kl pakai mesin honda bisa juara )
    m1 2008 rossi vs gp8 stoner (m1 pas itu secara kasat mata kelihatan kalau kalah akselerasi, kalah power, kalah top speed)

  15. rossi still numero uno!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: