JB-Rossi Ingin Keterlibatan & Dukungan Team Elektronik Demi GP12


SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Seperti yg sering dikatakan pihak Ducati JB-Rossi, bahwa pengembangan sasis akan dilakukan setelah menjalani balapan, dan pengembangan sasis ini juga sangat bergantung pada pengembangan elektronik.

Sedikit menyimpang ke Flow Chart dari start sampai finish… susunan pola alur algoritma dalam menyelesaikan masalah.

Artinya seorang perencana elektronik akan merancang suatu modul dimana langkah2nya benar2 jelas :
1. Saat mesin menyala apa saja yg harus menyala, tombol2 apa yg perlu diaktifkan.
2. Jika dalam kecepatan tinggi elektronik akan sedikit mengatur, begitu rem ditekan dan motor mulai miring, maka elektronik akan mengatur batasan2 RPM, permukaan ban yg menempel aspal yang diijinkan, dsb.
3. Bahkan sistem Screamer dan Sistem BigBang masih menggunakan jeroan yg sama persis, hanya timing pengapian saja yang berbeda antara masing2 silinder head… dan ini semua hanya diatur lewat elektronik/ECU Motor/TC Robotik. dst..

Bagaimana Rossi tidak marah2 karena sebagai kunci segala pengembangan, team elektronik bekerja semaunya sendiri, tidak mengikuti arahan JB Rossi… JB Rossi sudah meminta flowchart algoritma sesuai pengalaman di Honda & Yamaha, tapi team elektronik membuat algoritma yg berbeda… Begitu JB Rossi meminta setting elektronik tertentu, tidak bisa dijalankan, karena algoritma yg dibuat berbeda dari yg diarahkan JB Rossi. Bahkan Rossi teriak2, minta perubahan kecil aja hasilnya payah… Gimana enggak, orang algoritma dibikin semaunya sendiri… Mungkin lebih canggih tapi tidak bisa diaplikasikan secara sederhana… alias terjadi tubrukan perintah operasional.

Antara perintah utama dan sub perintah acak kadut, karena prinsip JB Rossi –> rider tetap sebagai pengendali utama (alias 2/3 rider 1/3 elektronik). Sementara mindset Ducati –> elektronik pengendali utama dan rider tinggal betot habis2an (3/4 elektronik 1/4 rider). Jadi waktu yg hanya sepersekian ratus detik sulit menggunakan tindakan reflek rider… eklektronik terlalu banyak bermain.

Padahal inilah kunci pengembangan JB Rossi :

  

Ya, membuat motor mudah dikendarai dan semakin mudah dikendarai adalah kunci utama sukses JB Rossi di Yamaha & Honda.

—————————————

Apakah Rossi tidak bisa membuat masukan mesin di Yamaha?
Tentu sangat bisa, membuat 4 inline jadi V-4 ala Honda dan merubah putaran mesin melawan jarum jam adalah hasil kerja JB Rossi.

  

—————————————

Dan apakah dalam elektronik JB Rossi tidak mampu? Bagaimana kesuksesan mereka merubah motor TC Minim, tertinggal 2 step dr Honda dan Ducati tahun 2007, bisa menang dan bahkan merajai 2009-2010. Ya pemakaian elektronik yg tepat guna, sinkronisasi antara kemampuan pembalap dan keefektifan elektronik motor-lah kuncinya!! Tidak paling canggih tapi hasilnya paling hebat, karena kendali tetap ditangan pembalap berperasaan seperti Rossi dan Jolor. Tapi keseimbangan motor adl syarat mutlak dari kehebatan bermanuver… Elektronik sebagai penyempurna, bukan aktor paling utama!!

     

—————————————

Nah inilah sebenarnya kenapa Rossi benar2 marah sama team Ducati Pippo ….
Jika kunci dari pengembangan motor berlaku semau2nya sendiri… maka pengembangan tidak akan maksimal, dan sebelum semuanya makin berjalan parah, Rossi sudah harus 2X ngamuk2.. pertama setelah test Sepang II dan saat pasca Qatar.

Elektronik via data telemetri-lah yg tahu bagaimana ayunan sasis saat melibas tikungan (saat suspensi sudah tidak bisa menolong lagi), sehingga dari data inilah dikembangkan ke desain kelenturan sasis. Dari timing pengapian yang diatur oleh elektronik-lah “sebenarnya saat ini” karakter mesin lebih mudah dirubah. Jaman 500cc 2 tak brutal dan 990cc sangar tanpa elektronik minim saja JB rossi sanggup menaklukkan karena didukung engineer2 Honda dan Yamaha, eh sekarang jaman super telemetri masak ngak bisa?????????????????? Penemuan putaran mesin terbalik Yamaha juga berkat JB Rossi!! Masak di Ducati yg canggih tidak bisa??? Asal flow chart algoritma penyelesaian masalah benar2 mengikuti arahan JB Rossi bukan semau2nya! Motor punya potensi super karena irit BBM dan sudah desmobox!! Yg kurang hanya kerjasama dr Pippo team saja! Rossi tahu hal ini, dan dipakailah strategi broken windows!! Ngamuk2 mode On!!

“Saya ingin punya boss seperti saya, yang mau bekerja demi team, walau saya bisa langsung masuk pit setelah didorong barbera, saya tetap membalap demi team! hati boleh panas tapi kepala tetap dingin! jadi ducati harus mencontoh saya mulai dari sekarang”

–Valentino Rossi–

Posted on 16 April 2012, in JAMU SRONDOL. Bookmark the permalink. 45 Comments.

  1. Ane bole nanya ga untuk statement
    “Sementara mindset Ducati –> elektronik pengendali utama dan rider tinggal betot habis2an (3/4 elektronik 1/4 rider)” kasi sourcenya dunk om???

  2. wah mantap om cin .. Ane jadi cemungut lagi,, 46 emang mantep

  3. penggemar ninja

    mudah2an jerez ada perubahan walaupun dikit..:D

  4. Rossi adlh panutan d motogp..semoga bs lbh kompetitif d jerez…cia yoo

  5. mohon ada penjelasan dari mbah srondol …. motor terdiri dari 3 aspek utama dalam race antara , mesin, chassis & elektronik ….chassis dah oke sesuai masukan JB Rossi, mesin sudah V90, tinggal elektronik x ya…. sebenarnya tugas Jeremy Burgess n the gank apaan sih? mekanik yg bagaimana, kok semua masih sangat tergantung dari kru ducati, termasuk setting elektronik jg, bukannya itu tugas JB jg ???? masihbingung.com

  6. sepertinya harus secara objektif dilihat.

    jb rossi memang pakar dalam tuning dan balap, tapi mereka bukan enginer, jadi pada saat mereka memberikan masukan bahwa motor ingin begini ingin begitu, enginer yg akan mendesign dan membuat berdasarkan dari masukan dan pengalaman yg enginer itu punya.

    sama saja saat seorang user program, user mau program bisa begini bisa begitu, tapi masukannya sebatas bagainama user mau program itu bisa dipakai, bukan masukan bagaimana programer dalam membuat program itu untuk menjadi seperti yg diinginkan user. jadi begitu programer dapat masukan dari user, programer yg akan mikir designnya, koneksi ke database nya, logik programnya dll dll.

    nah sama dalam hal ini. jb rossi akan kasih banyak masukan ke enginer, enginer yg akan buat. rossi sendiri bilang kalo rossi bukan enginer jadi rossi nga tau bagaimana atau apa yg harus dilakukan enginer.

    pokok permasalahannya adalah, enginer ducati bukan nga mau kasih apa yg rossi minta, enginer ducati kan pengalamannya selama ini bikin motor ducati, yg karakternya ya liar itu. begitu rossi minta motor senyaman motor jepang, enginer itu nga pernah bikin dan nga punya pengalaman, nah mau bikin apa enginer itu? ya pasti akan bikin berdasarkan pengetahuan dan pengalaman enginer tersebut. ducati disuruh bikin twinspar, ya ga bisa lah, selama ini nga pernah bikin twinspar kok.

    kalo ducati itu keras kepala dan berpegang teguh pada pendirian, twinspar nga akan dikasih tuh tetep akan dipaksa pake karbon, tapi buktinya ducati ngalah kan dengan memberikan twinspar. kalo sekarang rossi pengen engine yg bukan V90, ya ducati kan mesti riset lagi, selama ini ducati nga punya pengalaman lain selain bikin mesin V90, apa bisa riset dengan waktu yg begitu singkat. yamaha honda bahkan suzuki itu udah puluhan tahun malang melintang di motogp, ducati baru brapa tahun di motogp?

    jadi jangan terlalu menghujat ducati, bukan salah mereka kalo mereka nga bisa bikin apa yg rossi minta. Contohnya twinspar, lah selama ini kan rossi tau bahkan seisi dunia tau, ducati itu sasisnya tralis dan terakhir monokok, jadi jangan pada ribut menyalahkan ducati karena mereka nga bisa bikin twinspar.

    ibarat koki ahli bikin pizza disuruh bikin bakpao, ya nga karuan itu rasa bakpao nya.

    jadi, ducati dan rossi merupakan bintang, sama2 hebat, hanya bukan perpaduan yg sempurna.

    • maaf:) sblm rosi menuntut apakah seorang rosi tdk menyadari hal itu? Monggo sm2 dipikirkan:)

    • sippp,siap menanti racikan yg mantap,dari koki,yg sediain bahan, bersih2, yg nata meja, smua yg punya passion demi kejayaan jb-rossi-ducati team

  7. yang kurang dari ducati tuh ,mesin yg terlalu liar buat ducati dan elektroni yg berlebihan ..

  8. haha salah, buat rossi maksud nyong

  9. jadiii..intinya, insinyur di Ducati dan Di motor Jepang berbeda secara ke-ilmuan ??
    masak sih..???
    Mungkin semua ini sudah bagian dari sekenario team Ducati…, buktinya pada bikin film tuh??..hehe

    JUDULNYA : ” More than Fastest “..hahaha

    • ilmu matematika sama ilmu fisika beda nga?
      walau sama2 ngitung tapi beda kan antara kedua ilmu itu.

      kalo masalah skenario, semua mungkin aja, tapi masa iya ada skenario yg sengaja kalah sampe lama begitu. rossi dan ducati sama2 kepengen menang lah, nga ada yg mau sengaja kalah sampe full 1 musim, kalo sengaja kalah di start trus finis di p1 sih sangat mungkin…

  10. tetep semangat aja lah VR dengan DCT yg masih bandel dengan kemauannya sendiri
    Ini sudah terlihat saat JB mengatakan bahwa urusan mesin adalah urusan Orang Italia (VR n Presioni team)
    makanya jadi seperti ini
    harusnya buku Resep kuno furosawa dibaca sama DCT
    dengan dibelinya DCT oleh Audi
    diharapkan ferforma DCT semakin membaik, jangan Bandel lagi
    ngak usah
    tanya kenapa?

  11. @ jendol,
    mantabs masbro ulasannya jelas dan kumplit, paling masuk akal bagi gw
    mungkin saja benar engineer ducati blom bisa nerjemahin yg rossi-jb mau
    secara pengalaman, ducati memang blom begitu pengalaman bikin sasis twin spar

    ibaratnya lagi (hehe)….
    rossi minta dibikinin sushi sama koki pizza (ducati),
    koki pizza(ducati) sudah bikinin rossi sushi (model dan bentuknya persis),
    tetapi setelah diincipi rossi, rasanya tetap pizza
    wkkwkwkkkkkkkkk

  12. elektronik??
    kalo berdasarkan analisa motomatters.com, masalahnya ada di sudut mesin yg msh 90, shg tenaga mesin terlalu liar……
    bukan elektronik! (baca: setting elektronik tdk cukup utk mengatasi problem2 yg ada)
    CMIIW goreng nak rasane….

  13. theking of speed

    kasian kokinya kalo gitu… udah tau pengen makan susi, kenapa masuknya ke warung pizza???

  14. Furasawa kan uda memberi nasihat pd ducati
    “dengarkan apa kata rossi”

  15. seputar motogp

    baca artikel kompas berikut baik-baik
    sedih banget bos :
    http://olahraga.kompas.com/read/2012/04/19/17424910/Honda.dan.Yamaha.Tutup.Pintu.bagi.Rossi

    kalo gagal lagi 2012, emang blunder do’i pindah ke ducati.
    mending ikut rally aja dah.

    • Jh0ny Kumbara

      Bagus dah kalo honda and ymh nutup pintu utk rossi. Ini org terlalu egois, minta dinomersatukan tp setelah juara g mau pke no#1. Apa2an ini…?!!!

      • belum tentu juga Rossi minat balik lagi ke honda atau yamaha, ga usah kegeeran. Namanya manusia, pasti pengen jadi nomor satu, kerennya Rossi, dia selalu dianggap nomor 1 walaupun pake nomor 46 hehe piss

    • bentar lagi ada yg bunuh diri… karena ngak bisa juara sampai 2030??? wakakaka…. tangan encokan, punggung encokan… dasar kirik2 bisanya mengonggong… wakakaka

  16. seputar motogp

    gw tau kalo blog ini akan melindungi rossi (LAGI)
    dengan pernyataan bahwa ducati belum memenuhi semua permintaan do’i.
    twin spar dah diturutin,masih aja disalah salahin
    kesian juga ya ducati, dah pabrik kecil dipaksa ini itu.
    untung dah laku dibeli audi.

  17. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Valentino, saya tidak melihat ada alasan bagi kami untuk harus mengganti Casey Stoner atau Dani Pedrosa dengannya.
    — Livio Suppo —

  18. Saya pikir itu bukan pilihan, untuk mempertimbangkan memiliki Valentino dan Jorge secara bersamaan untuk masa depan tim Yamaha
    — Lin Jarvis —

  19. theking of speed

    Ada yg kurang dari artikel blog ini pasca race qatar. hmmmm… oiya, biasanya ada tulisan glory….glory…glory jb-rossi, terus ada icon angkat piala di akhir artikel…

    bertanya kenapa????

    • karena tanganya pegel2 arm pump apa gitu? besok encokan, gimana mau angkat piala? wakakaaka…. siap2 kirik2 boy ngumpet lagi….

  20. Saat ini Aprillia juga sedang melakukan riset motor Prototipe dengan menempatkan motor Aprillia 1000cc di tim CRT ART
    Tidak menutup kemungkinan bisa come back di 2013 dengan bantuan sponsor dari VR-JB
    Tanya kenapa?

  21. Jangan lupakan Kawasaki yg saat ini sedang mantaf di posisi 3 di WSBK 2013
    Mereka juga ingin come back tentunya dengan bantuan sponsor dari VR-JB
    Dengan adanya data dari CRT kawasaki musim ini akan memuluskan langkah come back Kawasaki 2013
    Coba
    Tanya kenapa?

  22. Suzuki telah selesai membangun motor prototipe 1000cc
    Dengan bantuan sponsor VRIJB Team
    Kemungkinan bisa came back 2013
    Masih
    Tanya kenapa?

  23. sepertinya ini jawaban dari posting diatas:

    Preziosi Identifikasi Masalah ‘Understeer’ di GP12 Valentino Rossi
    http://www.pikiran-rakyat.com/node/185420

    Berkenaan dengan keluhan motor GP12 Valentino Rossi yang mengalami ‘understeer’ yang kronis, Manajer Umum Ducati
    Corse Filippi Preziosi telah mengidentifikasi masalah tersebut dan saat ini tengah mengerjakan peranti elektronik terbaru.

    Menurut saya, tidak bisa melakukan permintaan rossi tidak sama dengan bekerja tidak mengikuti petunjuk.
    jadi arahan rossi tidak dilakukan team pippo, disuruh fokus di sini, malah yg dilakukan fokus disana.

    nah jawaban berita diatas, sepertinya Preziosi sudah mulai mengikuti arahan petunjuk rossi.

    • @sokteyu

      Lu dh brani nongol stlh ngumpet skian lama krn meratapi rossi finish pos 10. Udh g usah byk alasan, buktiin z kalo rossi dg ducati bs ngladenin stoner b’sama honda-a.

    • theking of speed

      Yipppiiii sokteyu pengecut muncul lagi… Terserah lu mau analisa omongan pippo kayak gimana lagi. Selama bacot doang yg gede kaga ada bukti, fbr terutama soktoy hanyalah pecundang yg mentalnya terganggu… Sekian dan saalam wwwuuuzzzzz…

    • sodaranye oceanitul

      ni orang paling banyak bacot sebelum musim 2012 dimulai,
      sembahan lu dah frustasi tong

  24. eh sebutin lapak lu ocenia,balakutak,sasongko semuanya pada gembleng gue main kesana kagak takut .

  25. orang pintar minum tolak angin

    kondisi motogp dan F1 mirip.
    kalo di motogp persaingan di awal seri : honda vs yamaha, kalo di F1 : mercedez vs renault.
    kalo di motogp ducati lagi terpuruk, di F1 ferarri lagi blangsak.
    padahal ducati punya vale rossi, ferrari punya fernando alonso.
    dua2 nya juga ngelawan pembalap2 muda hebat.
    kalo di motogp ada stoner, lorenzo, di F1 ada vettel, hamilton

  26. “We have been struggling on corner exit since the first test, although the front end is giving us more feedback than before – Hayden explained – The engine gives us good top speed, but we need a softer power delivery. Right now we are cutting too much power with the electronics, and you can’t solve every issue with algorithms alone.”

    Read more: http://www.gpone.com/index.php/en/201204266706/Ducati-e-Yamaha-gemelle-diverse.html#ixzz1tCZbvwJs

    • ada lanjutannya dari lorenzo
      “We have been struggling on corner exit since the first test, although the front end is giving us more feedback than before – Hayden explained – The engine gives us good top speed, but we need a softer power delivery. Right now we are cutting too much power with the electronics, and you can’t solve every issue with algorithms alone.”

      Strangely enough, the M1 faced a similar issue during its first test at Brno. “The first thing I noticed was the enormous torque, which made it easier to open the throttle sooner, in mid corner – Lorenzo revealed – But then the problems came under acceleration. With some changes to the electronics, we made it a lot more stable.”

      Lorenzo: some changes to electronics, made bike more stable….
      elektronik M-1 hasil pengembangan dasar rossi dan jb tahun 2008… sederhana tapi sangat efektif…
      elektronik GP12 terlalu canggih tapi malah ngurusin yg ngak begitu penting….
      semoga sekarang saatnya mengikuti arahan burgess dan rossi….

  27. @sekandang kirik pemakai helm didengkul:
    gue tantang loe semua yg ngaku pinter…

    http://forum.detik.com/esmilo-sokteyu-com-t395384.html

    buktikan bahwa kalian bukan pemakai helm didengkul!!
    dan gue jamin yakin pasti… sekandang kirik pemakai helm didengkul dalam kehidupan nyata!! buktikan bisa jawab.. jangan ngabur kek esmilo….

    mumpung gue ada di indonesia… dan agak sedikit longgar… senin gue musti nyibuk lagi….
    ayo kirik2 otak didengkul.. buktikan kalian bisa!! bisa juara sampai 2030??? wakakaaka….
    ayo dijawab.. dijawab…. otak didengkul mana bisa jawab??? wakaakkaaka….

  28. sokteyu.com

    @sekandang kirik pecundang dunia nyata:

    wakakaka puas.. puas.. guwa bisa buktikan sekandang kirik2 boy memang aslinya otaknya didengkul semua… wakakakaka…. satupun kirik otak didengkul ngak mampu jawab!!!!!

    gimana kalau gue kasih pertanyaan yg lebih susah level manajemen puncak???
    ternyata memang aslinya sekandang kirik2 boy ngak ada satupun yg pinter…. pecundang semua…. wakakakakaka… ngak ada satupun!!! wakakakaaka….

    jumlah pembaca nambah, yg jawab kagak ada yg mampu… wakakakaaka….

    http://forum.detik.com/esmilo-sokteyu-com-t395384.html

    juara dunia sampai 2030?? wakakaka…
    ayo sombong2an sekalian… ayo kirik2 otak didengkul… wakakaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: