Perang Kepentingan Pabrikan Mengenai Standard ECU & RPM


SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Seperti kita ketahui, bahwa ada tiga isi utama proposal yg dilayangkan Pabrikan (MSMA) kepada Dorna selaku Pemilik Sirkus MotoGP.. Ada pendapat menarik yg dilontarkan Shuhei Nakamoto tentang adanya regulasi ECU standard dan Pembatasan RPM.

3 isi proposal MSMA kepada Dorna/FIM :

1. Jangan ada regulasi perubahan Radikal, seperti rubah berat minimal mendadak –> Honda & Yamaha
2. Hapuskan wacana pembekuan Pengembangan –> Yamaha
3. Tidak Setuju Pembatasan RPM (Ducati) dan Pembatasan ECU (Honda)

Lihat dan perhatikan baik2 bagaimana Silat Lidah Shuhei Nakamoto untuk “Dengan Diktator” menolak Pembatasan ECU dan sangat mendua dengan Pembatasan Putaran Mesin!

Shuhei Nakamoto Interview : On CRT, Spec ECUs and Cost-Cutting in MotoGP
http://www.motomatters.com/interview…t_spec_ec.html

MotoMatters.com spoke to HRC Vice President Shuhei Nakamoto about how Honda views these proposals, and whether he believes they will cut costs. As the leading manufacturer in the MSMA, the association representing the factories in MotoGP, Honda has a powerful voice in the negotiations, and in the past has been instrumental in pushing through rule changes. Now that the MSMA appears to have lost its monopoly on writing the technical regulations for MotoGP, Nakamoto, along with the other factory bosses, is having to offer counterproposals to the suggestions put forward by Dorna boss Carmelo Ezpeleta.

[Motomatters.com berbicara pada Wakil presiden HRC, Shuhei Nakamoto tentang pandangannya terhadap proposal tsb, dan bagaimana kepercayaan mereka akan memotong biaya. Sebagai pemimpin pabrikan di MSMA, asosiasi yg mewakili pabrikan2 di motoGP, Honda memiliki suara yg terkuat dalam negosiasi, dan dimasa lalu sangat berpengaruh untuk memaksakan “kehendak” dalam merubah regulasi. Sekarang MSMA terlihat kehilangan monopolinya dalam menulis regulasi tehnik motoGP, Nakamoto, bersama dgn pimpinan pabrikan lain, memiliki proposal perlawanan bagi proposal Bos Dorna, Ezpelata sebelumnya]

— Proposal yg melawan keinginan Ezpelata adl yg 3 yg di atas. Disebut HRC yg dahulu suka memaksakan kehendak seakan2 kehilangan taring dan dominasinya dihadapan Ezpelata saat ini.

But the idea of having constructors build chassis and factories build engines, following the practice common in Formula One, would not work, Nakamoto warned. “This is impossible,” Nakamoto said. “In F1, 80% of the machine performance is decided by aerodynamics. Everyone focuses on having very good aerodynamics performance, not just downforce, but other aero characteristics as well. Once they have good aero performance machine, 80% of machine performance is decided,” the HRC boss explained. “But motorcycle is different. Aerodynamics is maybe less than 5% of machine performance. On a motorcycle, the most important thing is the chassis, the swingarm. To make a very good chassis, you need a lot of experience. For the constructor, they can make an average level of chassis, but I think it will be very difficult to make a competitive machine,” he added.

[Tapi ide konstruktor (sebutlah Team Satelit) membuat sasis dan pabrikan membuat mesin, seperti yg biasa terjadi di F-1, tidak akan bekerja, Nakamoto memperingatkan. “Ini tdk mungkin,” kata Shuhei. “Di F-1, 80% Performa mesin ditentukan oleh “Paket” aerodinamik. Semua orang fokus utk memiliki performa aerodinamik yg sangat bagus, bukan hanya downforce, tapi semua aspek karakteristik aero dinamik juga. Ketika mereka (team satelit F-1) bisa memiliki performa aerodinamik dr mesin, 80% dr performa “maksimal” mesin sudah ditangan,” Jelas Nakamoto. “Tapi di motor sangat berbeda. Aerodinamika motor mungkin kurang dari 5% dari performa mesin. Di sebuah motor “balap”, yang paling penting adl sasis dan swing arm. Utk membuat sasis yg sangat bagus, anda butuh banyak pengalaman. Untuk team satelit, mereka bisa membuat sasis dengan level rata2, tapi sangat sulit bin mustahil untuk membuat sebuah mesin yg kompetitif,” tambah shuhei]

So it would possible for a constructor to get to maybe 90% of the performance of a factory prototype, but the really difficult part, the final 10%, would only be possible for manufacturers?

[Jadi memungkinkan buat sebuah team satelit utk memperoleh mungkin 90% dari performa mesin prototipe pabrikan, tapi part yg benar2 sulit, sisa 10% nya, hanya mungkin dimiliki Pabrikan?]

Yes,” Nakamoto replied. “But even manufacturers are struggling to find the last 10%.”

[Ya, betul, jawab Nakamoto. Tapi bahkan Pabrikan jg kesulitan untuk menemukan 10% sisa “performa maksimal” tsb]

— Nakamoto yg memang pernah memegang BAR HONDA F-1, yakin bahwa performa F-1 (yg lebih mengutamakan paket aerodinamika utk memaksimalkan mesin) berbeda dgn motoGP yg lebih mengutamakan Sasis dan Mesin itu sendiri. Mesin disini juga termasuk segala Elektronik bin TC Robotik yg dibenamkan didalamnya.

Pendapat Tegas Nakamoto tentang Menolak ECU

Nakamoto was steadfast in his opposition to imposing standard electronics, repeating his opinion that without the ability to develop electronic strategies, the factories would lose interest in the MotoGP series. “My position on this has not changed,” Nakamoto emphasized, while pointing out that at the same time, they were sympathetic towards attempts to cut costs in the series. “Of course we understand Carmelo’s concerns about costs,” the HRC added.

[Nakamoto dengan tegas dan tekad bulat utk menolak regulasi ECU standard, mengulang opininya bahwa tanpa kemampuan strategis utk mengengambangkan TC Robotik, pabrikan akan kehilangan minat di seri motoGP. “Posisi saya terhadap ini (menolak ECU standard) tetap tidak berubah,” tegas Nakamoto, yg disaat bersamaan, menunjukkan simpati terhadap rencana pemotongan biaya balap. “Tentu saja kami mengerti konsen Ezpelata tentang biaya,” tambah Shuhei]

— Jelas sekali nakamoto menolak mentah2 rencana standard ECU yg dicanangkan, dan mengancam tidak ikutan motoGP jika hal ini diberlakukan. Hehehe.. bagaimana tdk menolak, andalah honda saat ini adl TC Asimo yg paling canggih, kalau gak dipakai ya sayang amat… lagian pembalap andalannya sangat bergantung pada TC Robotik ini. Dan dari pendapatnya seakan2 bersimpati pada Dorna utk mencari cara lain, POKOKE JANGAN ECU STANDARD, HARUS TC ROBOTIK!! TITIK!!

Pendapat Mendua Nakamoto Tentang Pembatasan RPM

A rev limit, on the other hand, was something that Honda would be perfectly happy to live with. “Something like a rev limit, we are happy with, because this we can police. Every machine has a data logger, and we can check, like in Moto2 now.” The solution to cutting costs in MotoGP was not merely to impose a rev limit and spec ECU, however, and it was up to the manufacturers to come up with proposals to help cut costs. “We have to think a little bit more,” Nakamoto said. “Just imposing only an ECU & only a rev limit will not make big cost savings.”

[Sebuah pembatasan RPM, disisi lain, adl sesuatu yg honda bisa sangat senang jika dilakukan. “Sesuatu seperti pembatasan RPM, kami akan sangat senang, karena hal ini bisa kita urus/ bicarakan. Setiap mesin mempunyai data logger, dan kami bisa mengecek, seperti di moto2 sekarang (pembatasan RPM mesin)“. Solusi utk memotong biaya di motoGP bukan hanya berdasarkan pada pembatasan RPM mesin dan Standard ECU, bagaimanapun, dan ini tergantung pada pabrikan utk datang “ke dorna” membawa proposal utk menolong pemotongan biaya. “Kami akan “membantu” berpikir lebih jauh,” kata nakamoto. “Hanya memaksakan standard ECU & pembatasan RPM mesin tidak akan membuat penghematan yg besar”]

— Hahaha… honda akan senang dan bisa hidup (terima) dgn pembatasan RPM, seperti yg terjadi di moto2. Tapi pura2 menunjukkan simpati pada Ducati dgn mengatakan pembatasan ECU & RPM tidak akan membuat penghematan besar. Jelaslah, honda hanya bisa 16300RPM karena boros BBM, Sementara ducati bisa 18000RPM. Cuma secara langsung honda mengatakan bahwa kalau RPM dibatasi HRC setuju2 saja!! asal jangan pembatasan ECU TC Robotik!!

GP12 Displacement
http://ducatiblog.net/ducati-corse/3…2-displacement

Honda cuma mentok 16300RPM desmo bisa 18000RPM….

The GP12 presented on facebook
http://www.gpone.com/index.php/en/20…-mondiale.html

I can also say that we are using the maximum displacement available, so our bike is a true 1000cc

[saya juga mengatakan bahwa kami menggunakan maksimal kapasitas yg diperbolehkan, jadi motor kami benar2 1000cc]

Bagaimana Rasanya beda 2000RPM? dan Juga unggul 90cc?

Berikut artikel saat ducati tahun 2007 unggul 2000RPM dibanding pabrikan jepang yg masih pakai Pegas, Dan kejadian itu berulang kembali di 2012 (Dejavu), dimana ducati kembali unggul 2000RPM dibanding motor Jepang yg takut ngak finish kalau pasang pneumatik di RPM >16300. Inilah puzle2 yg harus kita susun satupersatu utk mengetahui performa sesungguhnya ducati dan pabrikan2 Jepang… unggul >20dk dr 2000an RPM, pastilah akan dimanfaatkan oleh rossi, ala unggul jauh dgn RCV211… jangan heran gaya mengendara rossi sudah disesuaikan dgn Gaya Monyet MenGelendot utk memaksimalkan kelebihan tenaga… gaya Super TiTo yg legendaris nantinya!! apalagi hanya ducati yg dipastikan menggunakan kapasitas 1000cc karena iritnya desmodromic…

Hiduplah dengan mimpi… hakuna matata.. jangan khawatir karena Phoenix sudah enak rasa front-endnya!! Bacalah kisah kesuksesan stoner 2007 yg unggul 2000RPM (25 dayakuda), lihatlah kembali gaya super TiTo yg sudah dimiliki Rossi…. hakuna matata… Jgn khawatir, biarlah sisanya JB Rossi yg Membuktikan!

Posted on 22 March 2012, in JAMU SRONDOL. Bookmark the permalink. 121 Comments.

  1. Aib yg tak terlupakan

    udah FBR jangan abisin waktu lu buat nanggapin FBS yg otak nya 10cc

    blm ada ulasan tentang jerez kemarin yah, mas bro JBrossi di bahas donk biar nambah ilmu biar otak ga 10cc

    INGAT LAGUNA SECA 2008 AIB YG TIDAK BAKAL DI LUPAKAN SAMPAI KIAMAT !!!!

    • sumiati semox montox bahenol mentul mentul

      Kalo aib tak terlupakan versi ane itu waktu st0ner mewek diketiak bini, kena s0r0t kamera bikin geli2 merangsang wktu liat tayangan itu wkwkwkwkwkwkwkwk besok waktu race jgn pake baju race tp pake daster aja biar saingan ama ane wkwkwkwkwkwkwkwk

  2. masbro, ada analisa tentang mesin desmo yg udah di tangan rossi-jb gak,
    soalnya sejak datangnya rossi-jb, dikit bgt mengulas tentang mesin, seolah2 fokus pada sasis
    padahal th 2004 waktu rossi-jb gabung ke yamaha mereka fokus ke mesin yamaha yg bikin boros ban
    gw msh inget pas 1 kali rossi tes m1 komen dia: yamaha yg horse powernya lebih kecil dibanding rc211v, tapi pengendalian lebih sulit, lebih liar gitu

    yg jadi uneg2 gw, apa mungkin permasalahan desmo skrg BUKAN SASIS TAPI MESIN desmo yg terkenal liar

    dan kerisauan ane : preziozi gak mengijinkan rossi-jb untuk merombak habis mesin desmo kaya pas rossi-jb di yamaha, krn takut merubah karakter mesin desmo khas ducati.

    semoga kerisauan gw ga terjadi…

    • sumiati semox montox bahenol mentul mentul

      Kal0 mesin kayaknya tetep pake desmosedici big bang, tp gak tau lagi jer0annya dir0mbak apa gak, kalo ducati pake katub pneumatic jga gak mungkin hehehe, mngkin poros engkol yg diutak atik, mungkin loohh….

      Sudut mesin mngkin dir0mbak juga,

      Jeroan mesin jga rahasia perusahaan, gk bkalan diumbar ke media

      Analisa Salah jangan ditimpuk,
      ckup dicipox aja ya wkwkwkwkwk

  3. FBT(FANS BEGO TONGOS)

    PEMBALAP YG STRES SAMPAI MUNTAH”D HELM…AibMU yg tak akan terlupakan sepanjang masa.dan akan d sebut”sampe ke anak cucumu..

  4. Kesiaaaaan…prestasi hbt tp tercoreng oleh yg 1 ini….

  5. joni iskandar

    woi ribut mulu
    kaga pada demo BBM apa.
    ngeributin orang mulu, dr negara lain juga.

    mending ngomongin rio haryanto deh, kebanggan indonesia
    ini malah banggain rossi produk italy sama stoner produk australi

  6. Aib yg tak terlupakan

    denger2 jbrossi salah setting motor trus reset ulang settingan motornya balik lagi ke settingan test sepang 1. tapi sayang nya jerez hari ke 2 hujan klw tidak katanya gap bs di bawah 0.9XX dan motor yg di pakai rossi lain ama yg di pakai hayden masalah nya hayden tidak merasakan uder steer yg di rasakan rossi, atw lihat dr lap nya rossi stabil di 1.40 besar dan 1.41 kecil untuk possi 3 kebawah udah tercapai untuk posisi 3 keatas Kita hanya besabar dan tunggu tanggal main nya aja, gmn Mas jbrossi di ulas donk jerez nya

    INGAT LAGUNA SECA 2008 AIB YG TAK TERLUPAKAN KARENA DI TONTON OLEH CUCU CICIT KITA VIDEO NYA DI YOUTUBE SAMPAI KIAMAT SIAPA LOOSER YG SESUNGGUHNYA !!!

    • S4S0N9K0 W!70Y0

      @aib

      W ksh tau ea, kalo rezim rossi akan segera punah dr motogp, dan b’ganti jd rezim stoner.

      Wuuuuuusstt…

      • sumiati semox montox bahenol mentul mentul

        Bener 0m. Rezim st0ner bersinar dan gampang meredup kyak kenny r0bert jr.

      • stujah om,om rossi boleh diganti asal jgn rider yg muntah2 di helm trus gak peduliin sponsor seenaknya cabut cuti balap.enak bgt,lo kira pns bisa cuti2? mikir!

  7. S4S0N9K0 W!70Y0

    Dominasi rossi d motogp mulai t’gerus oleh kebintangan ‘pangeran’ motogp saat ini yaitu Casey Stoner.

    Wuuuuusstt…

  8. Maurizio Arrivabene:

    “Saya berharap Stoner di Estoril akan memiliki kesusilaan untuk meminta maaf kepada tim.”

    muntah di helm bikin GALAU…

    SAYA GA SUKA PAKAI TC ROBOT LOH….

    SURE CASEY??? L O L

  9. penggemar ninja

    Hayden : Ducati GP12 Is The Best!

    “Saya ingin dekat dengan barisan depan, dan kecepatan saya pun lebih baik – masih, ini adalah motor Ducati terbaik yang pernah saya kendarai – tambah Hayden. Mudah dikendarai, banyak umpan balik, dan feeling saya pun baik bersama motor ini”.

    Lpg12 kilo.mleduk…

  10. S4S0N9K0 B0C4H 4N90N

    @penggemar ninja

    Ente sbnr’a fans cp, d blog sebelah ente vote jolor jurdun 2012, dimari ente ndukung ducati tim yg notebene rossi n hayden. Jd g jelas…!

    • penggemar ninja

      ane penggemar nonton Motogp bro, klo balapan seru kan enak..

      sama enaknya baca2 komen2 disni..:D, jadi musti dipancing dulu..biar bakar2an

      wakakakak

  11. joni iskandar

    bos bos,
    ko ada yang aneh ya.
    saya baca kompas.com, otomotif, bola.net dan media2 lainnya.

    terlihat kalau optimisme justru ada di hayden, tp rossi kenapa pesimis terus ya?
    kaya bukan tipikal rossi.
    ada yang tau kenapa?

  12. ga ada yg mu reply komen ane??

  13. S4S0N9K0 B0C4H 4N90N

    @joni iskandar

    Soal tu w jg baca d kompas.com. Statemen rossi itu multi tafsir, kalo dia ngmg A bs bnr brrt A, bs jg B. Cerita’a mau ngelabui lawan biar lengah, tp sbg musuh bebuyutan’a rossi, stoner udh tau persis akal2an rossi.

    • emang stoner taunya kyk gimana seh?katanya musuhan, oya seh ,kan anaknya stoner ‘anaknya’ rossi juga,namanya valentina-adriana-uda-minum-antimo-biar-kagak-muntah2-lagi-kayak-sapa-ya?

  14. rossi meniru gaya stoner,
    ini linknya http://www.gp-mania.com/rossi-stoner-dalam-gaya-yang-sama
    tapi seperti biasa, fbr pasti tidak terima …………….

  15. S4S0N9K0 B0C4H 4N90N

    Betul bro lelet, akhr’a rossi ikut2an gaya balap stoner, secara udh t’bukti ampuh bwt naklukin ducati. Jolor niru2 rossi, sdgkn rossi niru2 stoner.

    Stoner pancen joz gandooozz…

    • meniru? Menurut fansnya cs kebanyakan gaya sleed cs top markotop rosi tua mana bisa niru katanya! Umur sdh tua jd tdk tahu dan kurang tenaga! Hore hore! Itu katanya? Lha diatas ada yg blang pangeran gp segala..wahwahwah

  16. Bukan pangeran gp tp pangeran tongos tukang mewek aka koboy cengeng…wkwkwkwkwk

  17. sejak kapan gaya monyet menggelandot gitu dibilang gaya stoner,
    sebelum stoner masuk motogp, toni elias sudah memakai gaya itu duluan,
    malah nggelandotnya lebih parah

    di wsbk luca scassa sudah memakai gaya itu sebelum toni elias, atau casey stoner

    di moto2 malah lebih banyak rider muda yg pakai gaya itu

    di wsbk leon haslam juga pakai gaya itu

    sekali lagi gaya stoner itu sudah ada sebelum dia memakainya !!!

    gaya kaya stoner, toni elias itu disebut “ROCKER STYLE”

    baru2 ini ada gaya yg lbh menarik, saat motor rebah, tdk hanya lutut yg menyentuh aspal,
    tapi bahkan sikut juga, sehingga sudut elevasi motor sangat miring

    • seperti ini ya bro, gaya yang loe bilang lebih menarik, bukan hanya lutut yang menyentuh aspal, bahkan sikut juga nyentuh aspal …………

  18. joni iskandar

    seseorang memiliki ide yang hebat yang malah mengacaukan segalanya.

    ADA YANG TAU YANG DIMAKSUD ROSSI SIAPA???

  19. hmmm,,,,nunggu hasil free practice…

  20. maksudnya rossi ya si pippo itu orgnya

    • biasalah rossi kan selalu seperti itu,
      mencoba mencari-cari alasan atas ketidakmampuannya,
      yang motornyalah,
      yang sasisnyalah,
      yang mesinlah,
      sekarang nyalahin pippo,
      tidak mau introspeksi diri,
      kayak dia itu manusia yg paling sempurna ………….

      • Sumiati semox montox bohay mentul mentul

        Maklum uda jurdun 9x jadi tau mana yg salah mana ya gak, rider sebelah blom smpai 5x jurdun jadi bisanya cuma ha ho ha ho doank.

        Mau pijet maasss

  21. joni iskandar

    ngeri …….liat komentar nya
    jadi kaya cold war

  22. @ masbro joni iskandar :
    sapa yg memiliki ide yang hebat yang malah mengacaukan segalanya ?
    tolong jelasin donk masbro, ane penasaran banget nih
    ide hebatnya gimana ?

  23. idenya itu ngetest bbrp part,jd gak fokus sama setup,,

    • Sumiati semox montox bohay mentul mentul

      ”seseorang” yang dimaksud rossi mngkin dia sendiri a.k.a salah perhitungan krna rossi jga manusia biasa, bisa juga burgess atau pippo, gak mungkin kan kalo ”seseorang” itu monyet?? Kecuali rossi bilangnya smbil nglirik garasi sebelah.

      Nb: garasi sebelah tidak dicantum nama ridernya, takut trsinggung

  24. joni iskandar

    bisa jadi ya “seseorang” yang dimaksud buat dirinya sendiri.
    yo wes , jangan kebanyakan setting ah, kembangin settingan yang sdh bagus saza.

    untungnya bukan “sesuatu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: