Fans VR46 vs Media : Reaksi Hasil Tes Sepang


Original post by : Bontot46

Tes Sepang 2 udah selesai……
Sontak media ngeberitain hasil wawancara Rossi terkait penilaiannya atas GP12 Desmosedici yang baru saja ia tes di Sirkuit Sepang. Kalo idola udah ngomong di media, biasanya para penggemar berat langsung ngikutin pemberitaan. Ujung-ujungnya pasti ada reaksi penggemar mengenai komentar Rossi tersebut. Ada banyak jenis reaksi dari seluruh fans Rossi, dari mulai yang normal, lebay, sampe nyang ekstrem. Misalnya :

Sedih
Jyaaaaaahhhh……..kesian banget ngeliat fans Rossi nyang bereaksi kaya gini. Matanya pada bekaca-kaca, tandanya sedih. Pesimis kaga, optimis kaga. Nyang terbayang dalam pikirannya adalah bahwa gambaran kelabu Rossi musim 2011 bersama Ducati..kesian deh …..

Pesimis
Wahhh……..kalo nyang bereaksi kaya gini, biasanya udah kemakan isi berita plus bumbu tambahan rumor-rumor yang simpang-siur. Karena kaga berusaha mencari tau kebenaran info dibalik pernyataan Rossi di media, maka nyang terbayang adalah kegagalan kedua kalinya bagi Rossi di Ducati, walaupun tetep punya harapan yang tinggal sedikit banget…..ckckckckckckck….

Stress
Nah….kalo nyang bereaksi kaya gini, lebih ribet dibanding nyang sedih dan pesimis. Mondar….mandir….mondar…..mandir, sering narik napas…, ngerokok teruuuus (maklum stok lagi banyak)…, keringetan, kaya lagi nungguin bini melahirkan. Nyang terbayang adalah kegagalan dan kegagalan Rossi di musim 2012. Ini termasuk reaksi lebay..he.he.he..

Gila
Busyeeeeeett….., fans Rossi nyang bereaksi kaya gini punya motto : “Harapan kaga sesuai kenyataan”. Pertama stress dulu, ketika keyakinan kaga tumbuh-tumbuh, ya jadi gila dah. Ini termasuk reaksi ekstrem. Cengar-cengir di pinggir jalan sambil teriak-teriak “Hallo FBR? Rossi okeh!!”. Mirip salam komen si murtad. Wakakakakak…..Naudzubillah min dzalik. Jangan sampe ye gile kaya begitu.…

Optimis, Logis, dan Realistis
Nahhhh, ini baru reaksi normal positif yang dilandasi keingintahuan apa benar GP12 fakta yang sebenarnya seperti digambarkan oleh media-media? Keyakinan tetep kuat karena sudah mengantongi informasi sebelumnya yang justru makin menguatkan dugaan bahwa komentar Rossi di media adalah sebuah upaya Rossi untuk mengecoh pemikiran para kompetitornya.
Tetep Logis dengan analisa2nya…(inilah yang ngebedain sama fans2 rider lainnya, yang biasanya cuma sekedar optimis karena cuma berpegang pada faktor rasa “fansnya” itu sendiri tanpa bisa menjabarkan analisa2 yg berbobot). Tetap Realistis dengan fakta yang terjadi di lapangan, syukur2 jika semua analisa2 yg telah dijabarkan selogis mungkin itu terbukti di lapangan, tp klo nggak terjadi, kembali lagi sifat awal yaitu tetap Optimis mendukung idolanya..(thanks to Bro Freakezt83)

Ane coba memahami komentar Rossi soal GP12 belum menggembirakan dari sisi yang agak berbeda dibandingkan dengan pendapat bro-bro semua. Ane memahami bukan berdasarkan analisis isi komentarnya. Alat bantu pemahaman ane adalah Autobiografi Rossi. Ayo tong kita telaah sedikit isi Autobiografi Rossi khususnya tentang wartawan/pers …..

Pada Autobiografi “What If I Had Never Tried It”, di bagian Capitolo Sedici alias Bab 16 mulai halaman 363 dan seterusnya, Rossi bicara soal pers, wartawan. Rossi mengakui bahwa wartawan seringkali memanfaatkan dirinya dan juga melakukan pemutarbalikkan fakta. Rossi mengatakan (versi cuplikan bebas ya, kalo mo lengkapnya, baca aja dah di bukunya) :
“jika suatu saat kamu menjadi public figure, kamu mesti berpikir kalau apapun yang kamu sampaikan akan “dimanfaatkan”, parahnya “disalahgunakan”. Yang sering mereka lakukan (maksudnya wartawan) adalah menuliskan apa yang mereka ingin aku katakan, bukan apa yang benar-benar aku katakan. Mereka berharap muncul kata-kata dan kalimat yang mereka harapkan sehingga mereka bisa menuliskan apa yang mereka inginkan demi kepentingan headline mereka. Aku mulai tahu kalau ada banyak hal yang mencemari sebuah berita. Mulai adanya antipati atau simpati pribadi terhadap pembalap tertentu. Koran-koran sekarang telah teracuni kepentingan bisnis. Itulah sebabnya mereka jarang sekali mengungkapkan kebenaran”.

Rossi juga mengatakan :
“Masalah mendasar yang kuhadapi adalah manipulasi. Apapun yang kukatakan selalu dianalisis, diartikan, dinilai, dan seringkali dimanfaatkan oleh orang lain”.

Nah…, menyimak ungkapan Rossi dalam berhubungan dengan pers tersebut, menurut ane sepertinya Rossi sudah belajar banyak tentang perilaku dunia pers dan wartawan yang meliput pemberitaan tentang dirinya. Rossi sudah yakin benar bahwa komentar yang keluar dari mulutnya ketika diwawancara pasti langsung dibungkus menjadi berita. Lalu kenapa pasca Tes Sepang 2 Rossi berkomentar dengan nada mengeluh soal performa GP12? Apa tidak khawatir itu akan menjadi berita miring bagi Rossi dan Ducati? Kok mau membuka kelemahan GP12? Tentu saja komentar tidak menggembirakan soal GP12 yang keluar dari mulut Rossi itu menjadi santapan pemberitaan. Pantas dijadikan headline. Dan benar, reaksi serta analisa macam-macam atas penuturan Rossi mengenai GP12 pun bermunculan.

Apakah Rossi sudah menyadari sebelumnya bahwa akan ada reaksi dan penilaian miring dari pengamat, penggemar, kompetitornya di motogp akibat komentarnya tersebut? Apakah Rossi tidak menyadari bahwa pers punya kepentingan? Apakah Rossi termasuk jenis orang yang mau membuka informasi kelemahan motornya sendiri di saat ekspektasi atau harapan pencinta Rossi dan Ducati sedang tinggi akibat kesuksesan Tes Sepang 1 untuk sebuah motor yang baru 3 bulan dibuat? Jelas dong Rossi menyadari dan tahu akibat dari komentarnya tersebut. Kalau dulu pemberitaan dan fakta tentang Rossi sering diputarbalikkan oleh wartawan/pers, kenapa sekarang tidak gantian saja Rossi yang memutarbalikkan fakta? Kini Rossi yang bermain peran dalam berhadapan dengan pers, sekaligus membingungkan peta kekuatan sebenarnya di motogp.

Mungkin saat ini Rossi sedang menikmati perannya di panggung teater motogp, memainkan peran bukan cuma sebagai pembalap yang pernah jaya di masa sebelum bergabung dengan Ducati dan terpuruk ketika bersama Ducati (taon 2011 ajah, 2012 okeh lancar jaya), tapi juga berperan sebagai legenda hidup motogp yang masyhur. Dengan latar pemikiran seperti ini, kita bisa memahami mengapa ia pindah ke Ducati di saat Yamaha sedang berjaya, mengapa ia ngotot memaksa Ducati untuk mengikuti apa yang ia dan Burgess inginkan, bagaimana perasaan ia dalam insiden yang menewaskan sahabatnya Simoncelli, mengapa komentar-komentarnya berlawanan dengan orang-orang di belakang Ducati (soal performa GP12 tadi), mengapa ada psywar kontroversial kepada para rider-rider saingan beratnya (Stoner, Lorenzo di era sekarang). Akan dibawa kemana penggalan-penggalan cerita tersebut? Terkubur begitu saja dan hilang oleh pamor rider-rider generasi baru? Tentu tidak.

Dokumentasi audio visual akan dengan senang hati menampungnya, misalnya dalam film Fastest seri berikutnya. Autobiografi dan biografi Valentino Rossi berikutnya akan sangat mungkin juga memuat semua kisah-kisah tersebut. Very smart legend………

So.., reaksi kita-kita orang atas pemberitaan “seakan-akan GP12 Rossi belom kompetitisi…sory..kompetitit…sory lagi..kompetitif” yaaa….nyantai dan optimis ajah…sip dah pokoknya. Kalo FBS nanya, GP12 lelet kan? jawabnya GP12 MANTEP NGEBUT ABIS, CRT213V NYUNGSEP….!!!!

Posted on 14 March 2012, in API NGEPET. Bookmark the permalink. 81 Comments.

  1. Pertamax !!!

    ” Cengar-cengir di pinggir jalan sambil teriak-teriak “Hallo FBR? Rossi okeh!!”. Mirip salam komen si murtad ”

    wekekekekeekkkkk … tragisss amaaaaatttttt

  2. Diesel dext

  3. shell=podium 3

  4. ora opo2,,,
    2012 pak doctor juara lagi!!!
    go 46 go
    salam kirik2 boy

  5. Adiknya bang Rossi

    Dorna : ” Anda yang ingin buat sejarah di motogp musim 2012 ???…duel-lah dg Valee..

  6. @brosis FBR: biar nambah ilmu… jawaban Om bemo tentang TeCa TeCe si atip yg sok tahu! wakakakaa

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11538697&page=379

    kesian si atip, di detik dibantai mbah srondol, ngabur kekandang kirik2 boy, eh di babat sama om bemo… wakakakaa…. masak atip lebih ngarti dari Vermeulen? wakakaka… vermeulen bilang 990cc minim TC, atip ngotot? wakakaka…. apalagi si victor2000 alias pikiran kotor karena dengkulnya lupa di helemin.. wakakaka

  7. super fic (fikri)

    kekuatan ducati tahun ini gak kan terbendung, tpi bukan berarti rossi bisa kabur gtu aja… doi pasti main2 dlu ama pemblap lain… mudah2an stoner gak muntah2 lagi… hehe..

  8. Rossi is the MotoGP 2012 World Champion,any question?

  9. Moga aja gp11 nya rossi blm laku,
    Ane pengen bgt ma tu motor, & ane udh k ADIRA mw ngeridit hahahahahaahaha
    #ngimpi

  10. Ambrela Gel Sekseh

    hai cowo2,
    salam kenal ya
    temen kuliah aku ngasih tau blog ini.
    katanya kalo mo tau motogp disini
    boleh gabung ga?
    fbr, fbs, fby itu apa sih?
    aku belum punya pembalap idola
    yg hebat siapa sih
    makasih

    • FBS murtad jadi FBR

      eet dah, ada cewe payung motogp..
      halo neng, ikut FBR (Fans Berat Rossi) ajah kaya sayah…jadi pinter soal motogp
      wah…..nama guwa kesebut-sebut??
      lha kok dipinggir jalan? disitu guwa gila ya?
      wakakakakakakak……
      fans rossi sejatih…sejatih emang bikin banggah…
      hahay…..
      Hallo FBR? Rossi okeh

    • 2011 Champ FBR kebanyakan ngimpi

      Wow ada perawan nih… loe mau tau dunia motogp dari sini aja? wah salah kamar loe… disini mah blog pemujaan rossi dan pelecehan pembalap lain bro/sist… kalo mau tau tentang dunia motogp lebih baik cari blog yg lebih obyektif aja…. tp itu kalo loe mau seh, gue gak maksa loh…..

      referensi blog dunia motogp yang lebih obyektif:

      http://www.ngobrolmotor.wordpress.com

      • Ambrela Gel Sekseh

        mas 2011 Champ FBR kebanyakan ngimpi,
        td aku udah buka ngobrolmotor.com nya.
        temen kuliah aku yg cewe suka banget motogp.
        dia suka sama yg namanya pedrosa, ganteng katanya.
        pedrosa pembalap suzuki atau apa mas? krn temen aku pakai matic suzuki.
        kok ga ada fotonya?

      • @Ambrela Gel Sekseh: Pedrosa itu rider Repsol Honda bro/sist, suzuki musim ini gak ikutan dgn alasan gak pny dana… tp musim depan diperkirakan bakalan ikut motogp lagi… soal pembalap yg ganteng itu relatif, buat FBR yg cewe dan maho pasti bilang rossi ganteng, buat FBP yg cewe dan maho pasti bilang Pedrosalah yg paling ganteng, dsb… di motogp faktor ganteng gak mempengaruhi dapat enggaknya gelar juara dunia, tp poin per serilah yg menentukannya….

      • Ambrela Gel Sekseh

        aku itu cuma bingung aja, krn klo kuliah temen2 cewe ada yg pakai t-shirt pembalap motogp. kemarin dipinjemin majalah soal motogp sama temen. tapi yg dibahas kebanyakan cuma pembalap valentino rossi dari desmodesidi aja. grup apa aku ga tau. dia pernah juara 1 ya? males bacanya, jadi cuma liat foto2nya aja. hebat dia apa pedrosa mas? temen aku yg 2 org idolain pedrosa, 1 lagi kalo ga salah jorge. aku mau tau yg pantes aku idolain yg mana. secara, gengsi diledekin terus di kampus.
        maaf ya mas nanya terus.

      • @Ambrela Gel Sekseh: Desmosedici itu bkn nama grup tp nama motor… utk musim ini Rossi pake Ducati Desmosedici GP12, Pedrosa pake Honda RC213V, Jorge Lorenzo pake Yamaha YZR-M1, dsb… siapakah yg paling hebat antara Rossi dan Pedrosa? jelas Rossi lah, dia itu legenda hidup…. tp utk mengidolakan rider motogp itu masalah pilihan aja, siapa yg menurut kita cocok ya silahkan dipilih… mau Rossi kek, Stoner kek, Pedrosa kek, Lorenzo kek, dll…. tp yg penting kita sbg fans gak usah saling menjatuhkan/menghina rider lain dgn alasan apapun… rider idola kita itu tetap manusia biasa yg pny kelebihan dan kekurangan…. so fans yg baik adalah fans yg saling menghargai…. peace.

      • Ambrela Gel Sekseh

        mas 2011 Champ,
        makasih ya atas infonya. aku tadi liat daftar pembalap motogp 2012.
        oh jadi 1 tim ada 2 pembalap ya?
        aku kok tambah bingung deh…
        temen aku kok ga pilih rossi? kata mas champ 2011, dia legenda hidup. kok ga dijagoin temen aku gitu? malah pilih pedrosa?
        aku liat-liat dulu deh mas…aku baca dulu ya.
        barusan temen bbm, suruh liat di motogprace.com.
        makasih ya

    • Sumiati semox feat jeng ngatno

      Pilih Rider yg cakep ama yg dewasa aja mbak. Jgn pilih yg antik, ntar kalo kamar mbak ditempelin poster tuh rider, bisa bikin ponakan mbak jerit2 kyk kesurupan

      • Ambrela Gel Sekseh

        eh ini ada cewe juga ya?
        kalo mbak sumiati pembalap idolanya siapa mbak? aku sih maunya yg ganteng tapi suka menang terus. aku ga ngerti yg antik itu maksudnya apa ya mbak?

  11. Tolong dijawab dengan jujur!!!.

    Kalo nanti stoner mogok ditengah race karena kehabisan bensin karena ngejar2 Rossi gak nyampe2,Stoner bakal gimana yah???

    • Sumiati semox feat jeng ngatno

      Kan ada fbs yg sukarela dorong motornya smpai finis om. Lmyn dpt nasi bungkus ama dorayakinya nakamoto wkwkwkwk

      • Saya jg pny pertanyaan, kalo 2012 rossi gagal lg kira2 alasan’a apa ya…?!

      • @mbahbared: maklum mbah kirik joni lagi stressberat, jadi ditanya malah balik nanya! wakakaka… helm kirik joni lupa dipake didengkul mbah. wakakakaka

    • Ambrela Gel Sekseh

      mas..salam kenal.
      stoner itu pembalap mana dan motornya merk apa?
      aku baru belajar motogp
      dikampus sering dikatain norak ga tau motogp.
      wajarlah, namanya jg cewe.
      klo motor desmosedici itu punya honda atau yamaha?
      makasih

  12. Ambrela Gel Sekseh

    di blog lain kok susah ya mau komen ?
    disini gampang…
    aku ikut liat komen cowo2 disini aja dulu deh
    nanti aku baru pilih pembalap yg aku jagoin.
    tapi kok disini ga ada daftar pembalap di motogp?
    aku search dulu deh di google foto2 pembalapnya..
    asik bsk aku ga ada kuliah.

    • @Ambrela Gel Sekseh: daripada susah2 lebih baik ke website motogp aja:

      http://www.motogp.com

      Disana lengkap tuh tentang pembalap, team, jadwal, dsb….
      Ato kalo msh krg jelas kita bisa ngobrol2 secara privat hahahaha…. yuk mari…

  13. Sumiati semox feat jeng ngatno

    Stoner pake motor merk VR46 mbak, kalo desmosedici merknya suzuki yg dipake pedrosa

    • Ambrela Gel Sekseh

      ihh mbak salah..
      tadi mas champ udh jelasin ke aku kok klo desmodesidi itu nama motor. suzuki ga ikut balapan thn ini katanya. kalo pedrosa pakai honda.
      VR46 itu merk motor juga? kok bukan merk yamaha, honda, atau suzuki sih mbak?
      tadi aku liat di motogprace.com ga ada nama motor VR46. mungkin mbak sumiati salah liat. maaf ya mbak

      • kalo VR46 itu singkatan sist dari Valetino rossi 46
        kalo dani pedrosa disingkat DP26
        Jorge lorenzo 99 jadi JL99

  14. Sumiati semox feat jeng ngatno

    Ada yg tanya andai rossi gagal kira2 rossi bikin alasan apalagi??

    Skrng ane juga tanya, kalo stoner besok amburadul kira2 fbs pada ngumpet kayak thun 2008-2010 lagi apa gak????

  15. Sumiati semox feat jeng ngatno

    Dj ampuuuuuttdt gk iso ripley rek

  16. Kemaren dah meeting sama dorna buat minta lapak wat jualan bensin di pinggir lintasan.Ya…h,walau bensin mau naek,apa boleh buat.Tetep maksain jualan juga.
    Kasihan lah kalau kalau nanti ada yang dorong motor rame2 karna kehabisan bensin.

    • FBS murtad jadi FBR

      kalo di laut ada jales pepa jaya mahe (di laut kita jaya). nah kalo di motogp ada “di pinggir trek tukang bensin eceran lebih jaya”….buat suplay CRT213V yg keabisan bensin.
      wakakakakakakakakak……….
      Hallo FBR? rossi okeh

  17. rc213 hmmmmmm, 13 itu angka keramat ….. ANGKA SIAL

  18. Keramat arti’a kemuliaan, diharapkan m’bawa keberuntungan.

  19. Ambrela Gel Sekseh

    hai cowo2..
    aku skrg udah tau sedikit soal motogp
    aku udah pilih pembalap idola
    itu juga hasil masukan dari anak2 cowo di kampus
    aku ikut fans valentino rossi aja deh
    selain udah juara bbrp kali, dia juga kan udah putus sama cewenya
    hidup vale

  20. Sumiati semox mental mentul aduhai

    Gak rugi jadi fans vale. Uda humoris, skill mantep, doyan senyum tp gak nyengir, prestasi no 2 rider hebat sepanjang masa setelah agostini

  21. S4S0N9K0 27 4L4Y

    4n3 t0b4t d3h, p3n93n 946un9 jd1 fbr, b073h g4x y4cch

    • FBS murtad jadi FBR

      tentu aja boleh dong…. mari bergabung bersama Murtad Style Family …
      selamat yah..

      Hallo FBR? Rossi okeh

      • S4S0N9K0 46 4L4Y

        M4k4s1h 0m. N1ck n4m3 an3 ud4h d!94nt1 d4r1 s4s0n9k0 27 j4d! S4s0n9k0 46,

        h4l0 fbr, h0r33333

    • Ambrela Gel Sekseh

      ragu2 neh…? ah cuek ajah, ngapain dipikirin?? yg penting FBR nambah…
      he.he.he…
      Hallo FBR? Rossi okeh teruuuuuuuuusss

      • Sumiati semox ragu mencintai lelaki

        Pilihan ente bener mbak, pilih yg prestasinya uda diakui media, pakar telematika, rider senior maupun junior

    • FBS murtad jadi FBR

      wah kok kaya guwa neh gaya salamnya neh?
      wah…ada yg niru-niru neh….
      woy, cowo ape cewe ?
      Hallo FBR? Rossi okeh

  22. Rossifumi Ganbatte

    wah..ada FBR baru nech, cewe lagi,, ayo bro2 FBR sekalian.. bimbing and ajarin family baru kita,,,

  23. Bukan niru2, emg itu elu pke pura2.

    • Ambrela Gel Sekseh

      halo..salam kenal
      iihh mas sasongko, kok nuduh sih?
      aku kan lagi belajar ikut jadi fans rossi
      sejak 2 hari kemarin aku liat2 blog ini lho..
      siapa lagi yg pura2?
      memangnya niru kalimatnya si fbs murtad itu ga boleh ya?
      aku kan baru jadi penggemar rossi
      jadi wajarlah niru-niru
      maaf ya mas fbs murtad…
      kalo mas sasongko juga fans rossi ya?

  24. salam semangat 46….

    dalam situasi apapun saya tetap mendukungmu….
    kalah tetap kita dukung
    menang… apalagi….

    dari fans mu yang sakit mental dan tukang ngimpi……
    ttd/tcap jempol

  25. Haii sy baru ni…pngn bljr motogp jg…
    Kenapa y disini klo saling blz comment slalu saling hina?? ?

  26. Sumiati semox mental mentul

    Belajar motogp disini aja mbak. Blog lain cuma adanya berita doank. Disini lengkap, ada masalah sasis, gaya balap, tc dan lain2

    • Makasii infonya y .. setelah liat dr segi penampilan dan style balap sy lbh sreg ma valentino rossi.. dr cara memperlakukan motor ampe cara balapnya yg agresif. Sy yakin musim ini pasti juara dunia.

  27. Sumiati semox mental mentul

    Test

  28. hallo fbr, rossi wokeeeeh.

  29. Sasongko itu mules mules karna kontrakan FBS lagi nunggak…
    Hallo FBR ? Rossi okeh…hahahaaa

  30. penggemar nyasar

    SELAMAT MENIKMATI SESION F1 2012 DENGAN 6 JUARA DUNIA
    1. SEBASTIAN VETTEL
    2. JENSON BUTTON
    3. LEWIS HAMILTON
    4. MICHAEL SCHUMACHER
    5. FERNANDO ALONSO
    6. KIMI RAIKONNEN

  31. penggemar nyasar

    Kalender balapan F1
    F1 tahun 2012 ini dibagi menjadi 20 sirkuit di berbagai negara.

    1. MELBOURNE
    Race Date: 18 Mar 2012
    Global TV: 13.00 WIB
    Circuit Name: Albert Park
    Number of Laps: 58
    Circuit Length: 5.303 km
    Race Distance: 307.574 km
    Lap Record: 1:24.125 – M Schumacher (2004)

    2. KUALA LUMPUR
    Race Date: 25 Mar 2012
    Circuit Name: Sepang International Circuit
    Number of Laps: 56
    Circuit Length: 5.543 km
    Race Distance: 310.408 km
    Lap Record: 1:34.223 – JP Montoya (2004)

    3. SHANGHAI
    Race Date: 15 Apr 2012
    GLOBAL TV: 13.30 WIB\
    Circuit Name: Shanghai International Circuit
    Number of Laps: 56
    Circuit Length: 5.451 km
    Race Distance: 305.066 km
    Lap Record: 1:32.238 – M Schumacher (2004)

    4. SAKHIR
    Race Date: 22 Apr 2012
    GLOBAL TV: 19.00 WIB
    Circuit Name: Bahrain International Circuit
    Number of Laps: 57
    Circuit Length: 5.412 km
    Race Distance: 308.238 km
    Lap Record: 1:30.252 – M Schumacher (2004)

    5. CATALUNYA
    Race Date: 13 May 2012
    GLOBAL TV: 19.00 WIB
    Circuit Name: Circuit de Catalunya
    Number of Laps: 66
    Circuit Length: 4.655 km
    Race Distance: 307.104 km
    Lap Record: 1:21.670 – K Raikkonen (2008)

  32. penggemar nyasar

    6. MONTE CARLO
    Race Date: 27 May 2012
    GLOBAL TV: 19.00 WIB
    Circuit Name: Circuit de Monaco
    Number of Laps: 78
    Circuit Length: 3.340 km
    Race Distance: 260.520 km
    Lap Record: 1:14.439 – M Schumacher (2004)

    7. MONTREAL
    Race Date: 10 Jun 2012
    GLOBAL TV: 23.30 WIB
    Circuit Name: Circuit Gilles-Villeneuve
    Number of Laps: 70
    Circuit Length: 4.361 km
    Race Distance: 305.270 km
    Lap Record: 1:13.622 – R Barrichello (2004)

    8. VALENCIA
    Race Date: 24 Jun 2012
    GLOBAL TV: 19.00 WIB
    Circuit Name: Valencia Street Circuit
    Number of Laps: 57
    Circuit Length: 5.419 km
    Race Distance: 308.883 km
    Lap Record: 1:38.683 – T Glock (2009)

    9. SILVERSTONE
    Race Date: 08 Jul 2012
    GLOBAL TV: 19.00 WIB
    Number of Laps: 52
    Circuit Length: 5.891 km
    Race Distance: 306.198 km
    Lap Record: 1:30.874 – F Alonso (2010)

    10. HOCKENHEIM
    Race Date: 22 Jul 2012
    GLOBAL TV: 19.00 WIB
    Circuit Name: Hockenheimring
    Number of Laps: 67
    Circuit Length: 4.574 km
    Race Distance: 306.458 km
    Lap Record: 1:13.780 – K Raikkonen (2004)

  33. penggemar nyasar

    11. BUDAPEST
    Race Date: 29 Jul 2012
    GLOBAL TV: 19.00 WIB
    Circuit Name: Hungaroring
    Number of Laps: 70
    Circuit Length: 4.381 km
    Race Distance: 306.630 km
    Lap Record: 1:19.071 – M Schumacher (2004)

    12. SPA-FRANCORCHAMPS
    Race Date: 02 Sep 2012
    GLOBAL TV: 19.00 WIB
    Circuit Name: Circuit de Spa-Francorchamps
    Number of Laps: 44
    Circuit Length: 7.004 km
    Race Distance: 308.052 km
    Lap Record: 1:45.108 – K Raikkonen (2004)

    13. MONZA
    Race Date: 09 Sep 2012
    GLOBAL TV: 19.00 WIB
    Circuit Name: Autodromo di Monza
    Number of Laps: 53
    Circuit Length: 5.793 km
    Race Distance: 306.720 km
    Lap Record: 1:21.046 – R Barrichello (2004)

    14. SINGAPORE
    Race Date: 23 Sep 2012
    GLOBAL TV: 19.00 WIB
    Circuit Name: Marina Bay Street Circuit
    Number of Laps: 61
    Circuit Length: 5.073 km
    Race Distance: 309.316 km
    Lap Record: 1:45.599 – K Raikkonen (2008)

    15. SUZUKA
    Race Date: 07 Oct 2012
    GLOBAL TV: 13.00 WIB
    Number of Laps: 53
    Circuit Length: 5.807 km
    Race Distance: 307.471 km
    Lap Record: 1:31.540 – K. Raikkonen (2005)

  34. penggemar nyasar

    16. YEONGAM
    Race Date: 14 Oct 2012
    GLOBAL TV: 13.00
    Circuit Name: Korea International Circuit
    Number of Laps: 55
    Circuit Length: 5.615 km
    Race Distance: 308.630 km
    Lap Record: 1:39.605 – S Vettel (2011)

    17. NEW DELHI
    Race Date: 28 Oct 2012
    GLOBAL TV: 16.30 WIB
    Circuit Name: Buddh International Circuit
    Number of Laps: 60
    Circuit Length: 5.125 km
    Race Distance: 307.249 km
    Lap Record: 1:27.249 – S Vettel (2011)

    18. YAS MARINA
    Race Date: 04 Nov 2012
    GLOBAL TV: 16.30 WIB
    Number of Laps: 55
    Circuit Length: 5.554 km
    Race Distance: 305.355 km
    Lap Record: 1:40.279 – S Vettel (2009)

    19. AUSTIN
    Race Date: 18 Nov 2012
    GLOBAL TV: 20.00 WIB
    Circuit Name: Circuit of The Americas
    Number of Laps: 56
    Circuit Length: 5.516 km
    Race Distance: 308.896 km

    20. SAO PAULO
    Race Date: 25 Nov 2012
    GLOBAL TV: 23.00 WIB
    Circuit Name: Autodromo Jose Carlos Pace
    Number of Laps: 71
    Circuit Length: 4.309 km
    Race Distance: 305.909 km
    Lap Record: 1:11.473 – JP Montoya (2004)

  35. FBS murtad jadi FBR

    @penggemar nyasar..
    selamat datang di blog ini…
    silahkan beberin info soal F1 nya…kaga nape dah…
    maklum, namanya juga nyasar…

    Hallo FBR? Rossi okeh

  36. Kasih ulasan baru dong om. Tukang ngarit kemana nih? Sepi bgt. Sekali2 sapinya ditinggal nggak papa lah!?

    Bravo FBR! Sumiati tetep semox.

  37. Pada lihat live launching Ducati GP12 di fb kan
    Nih Gambar kiriman ETIM ke Fb ku

    tanya kenapa?

  38. Kenapa ne blog kok jd macet berita????

  39. mn nih artikel barunya…….????????

  40. FBS murtad jadi FBR

    sabar…..sabar…..artikel lagi disusun…..
    artikelnya kan kudu menarik dan bisa dipertanggungwabkan, jadi ya harus perlu data
    pasti admin disini segera posting artikel terbaru…he.he.he.

    Hallo FBR? Rossi okeh teruuuuuuuusss

  41. S4S0N9K0 W!70Y0

    T’nyata g smua motor honda mengalami mslh chatter, krn dg suspensi showa, Alvaro Bautista tdk merasakan chatter d RC21-3V tunggangan’a. (otomotifnet.com)Merupakan bahaya latin bg ducati/ymh kalo repsol honda b’hasil ngilangin chatter dg mengganti suspensi ohlins dg showa.
    Selamat menggigil ketakutan bwt dct/ymh, krn honda RC21-3V akan smakin

    Wuuuuusstt…

  42. 6 NILAI INTI JB-ROSSI

    1. TIM YANG SINERGIS
    2. BERTINDAK PENUH TANGGUNG JAWAB
    3. SIAP MENGHADAPI TANTANGAN DAN MEWUJUDKANNYA
    4. PERBAIKAN TERUS MENERUS
    5. MEMBERIKAN NILAI TAMBAH PADA SEMUA PIHAK YG TERKAIT
    6. FANS YG SELALU SETIA MENJAGA API NGEPET

    • Gue tambahin:

      7. FANS ALAY YG GAK MENGHARGAI PEMBALAP LAIN
      8. FANS ALAY YG SUKA MENGHINA PEMBALAP LAIN
      9. FANS ALAY YG EMOSIAN JIKA IDOLANYA DISENTIL DIKIT
      10. FANS ALAY YG CMN BISA MANGGUT-MANGGUT SAMA ARTIKEL NGAWUR
      11. PEACE😀

      • itu asumsi lo..dr omongan lo aja lo fans alay lebay jablai..

      • @Armandfumi…. asumsi.. bukannya itu kenyataan bro? fbr kan udh ngakuin klo mereka itu lebay2 kok malah dibilang cmn asumsi? tp gue maklumin deh mana ada maling ngaku.

  43. fbs mencari fakta

    kau bukan yang duluuuuuuu lagiiiiiiiii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: