Komparasi Mentalitas Pembalap The Aliens


Original post by : Bontot46

Membandingkan para pembalap papan atas di kancah MotoGP era sekarang berdasarkan aspek teknik dan skill yang dimiliki masing-masing pembalap sudah biasa. Bagaimana jika komparasi dilakukan berdasarkan aspek mentalitas pembalap? Siapa yang lebih unggul?

Berbicara pembalap MotoGP top saat ini, pasti kita sudah sering mendengar istilah “The Aliens”. Ya, itulah julukan yang pertama kali dilontarkan oleh Marco Melandri kepada empat rider yakni Casey Stoner, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Valentino Rossi atas dominasi mereka dalam perebutan gelar juara dunia di MotoGP. Colin Edward ketika meraih posisi kelima pada GP Valencia 2009 juga melontarkan julukan yang sama terhadap keempat pembalap tersebut.

Mari kita lihat perbandingan mentalitas The Aliens…

Dani Pedrosa

Sejak bergabung di kelas motogp tahun 2006 dengan HRC, Pedrosa sudah digadang-gadang sebagai anak emas Honda. Perlakuan istimewa Honda mulai dari membangun motor yang sesuai dengan ukuran tubuh Pedrosa sampai penekanan perubahan regulasi dari 990 cc ke 800 cc dilakukan Honda demi mengembalikan kejayaan Honda sepeninggal Rossi. Dari segi skill dan teknik, sebenarnya Pedrosa tidak bisa dianggap enteng. Sebelum bergabung di kelas motogp, Pedrosa adalah juara dunia kelas 250 tahun 2004-2005. Performa Pedrosa makin terlihat saat ia menjadi runer up motogp 2007 di bawah Casey Stoner.

Sayang sekali, reputasi Pedrosa sebagai pembalap yang rentan cedera lebih menonjol dibandingkan harapan besar Honda yang harus ia pikul. Mulai 2008 cedera tangan di Sachsenring, kecelakaan pra musim 2009, kecelakaan selama latihan untuk Grand Prix Jepang tahun 2010 yang menyebabkan tulang selangkanya retak, serta terakhir tabrakan kontroversial dengan almarhum Marco Simoncelli di Le Mans 2011 yang membuatnya patah tulang leher.

Pedrosa dipandang sebagai pembalap Honda yang tidak pernah neko-neko. Lebih banyak menampilkan pribadi kalem, santun, dan jarang terlihat di media masa keluhan-keluhan Pedrosa terhadap kualitas motor tunggangannya. Tipe pekerja, karena pengembangan motor RC213V ditengarai lebih banyak andil input Pedrosa dibanding Casey Stoner. Tapi ada fakta mentalitas Pedrosa yang pernah ramai diberitakan di media yaitu saat Pedrosa menolak jabat tangan dengan Simoncelli. Pedrosa tampaknya tidak berkenan memaafkan Simoncelli karena faktor rasa sakit hati yang belum hilang. Saat konferensi pers jelang MotoGP Mugello, sebuah stasiun TV berhasil mendapatkan gambar kejadian di belakang panggung sebelum acara tersebut.

Saya pergi dari sini dengan patah tulang leher dan dia dengan ride through penalty, baik untuk dia! Namun sekali lagi saya keluar lebih buruk. Kami baru saja sembuh dari mimpi buruk operasi terakhir dan sekarang aku sakit hati lagi. Ini sangat tidak adil, saya tidak layak mendapatkannya”. (http://www.motogp-mania.com/pedrosa-ini-tidak-adil).

Bagaimana jika seorang juara dunia motogp bermental tidak mudah memaafkan kesalahan orang lain? Ketika Simoncelli tewas, barulah Pedrosa merenungi kembali apa yang telah ia lakukan kepada almarhum.

Jorge Lorenzo

Lorenzo juara dunia motogp kelas 250 cc tahun 2006-2007 dan kelas motogp 2010. Pada empat seri awal di kelas motogp tahun 2008, Lorenzo sudah menduduki pole position secara berturut-turut. Ia makin diperhitungkan karena memiliki skill dan teknik membalap yang oke serta gayanya yang agresif. Agresivitasnya dalam membesut YZR-M1 tersebut acapkali membuat ia mengalami kecelakaan hebat. Di seri Catalunya 2009 , Lorenzo menunjukkan bukti bahwa ia adalah calon pewaris rider utama Yamaha sepeninggal Valentino Rossi kelak. Walaupun pada GP Catalunya tersebut akhirnya ia takluk kepada sang legenda motogp Valentino Rossi dalam duel sengit yang sangat rapat dan mendebarkan hingga lap terakhir.

Mental memburu gelar juara dunia Lorenzo di tahun 2010 justru terkesan lebih banyak dilatarbelakangi oleh target pribadi mengalahkan Rossi. Istilah “game over”, menduduki kursi warna kebesaran Rossi yaitu kuning sudah mengindikasikan “api dalam sekam” di tubuh Yamaha. Sayang sekali, Yamaha lebih memilih Lorenzo ketimbang mempertahankan Rossi, sehingga Rossi hengkang dan pindah ke Ducati.

Mental plagiat juga melekat pada diri Lorenzo. Meniru apa yang rossi lakukan dan kenakan. Mulai dari helm “angel – devil”, celana balap belang sebelah, gaya selebrasi yang kadangkal dilakukan untuk menertawakan Rossi, gaya balap, sampai setingan motor yang ingin sama dengan Rossi.

Sikap emosi Lorenzo terlihat dalam beberapa kejadian. Mulai dari adu mulut dengan Simoncelli di GP Portugal 2011 soal riding style Simoncelli yang dianggapnya membahayakan rider lain sampai perlakuan Lorenzo terhadap motor tunggangannya pada saat crash. Bukan berusaha membangunkan dan membelai motornya, tetapi malah menendang motor. Ealaaaaahhh…. Dimana mentalitas Lorenzo dalam menghargai motor yang telah mengantarkannya tampil sebagai juara dunia?

Casey Stoner

Pada awal turun di kelas motogp tahun 2006 yang minim TC, Stoner lebih dikenal dengan nama Rolling Stoner atau Crashing Stoner, karena terlalu sering ndlosor pada saat race. Ketika 2007 pindah ke Ducati dan GP07 dipersenjatai TC canggih pada masa itu, perilaku ndlosor Stoner langsung berubah total. Ia mulus melibas tikungan dan sangat cepat di lintasan lurus. Dominasi Ducati di 2007 mengantarkan Stoner juara dunia motogp untuk pertama kalinya bagi Ducati.

Tahun 2008-2010, Stoner tak lagi bisa mendominasi. Ducati takluk kepada Yamaha lewat Rossi dan Lorenzo. Disinyalir, sejak juara dunia 2007, motor Desmosedici tidak mengalami pengembangan yang signifikan serta tertinggal jauh dari kompetitor lain. Kemampuan Stoner menjadi dipertanyakan banyak pihak. Tahun 2009 bahkan ia cuti balap selama 2 bulan karena terkena penyakit cepat lelah dan intoleransi laktosa. Kejadian muntah di helm di seri Catalunya yang mengakibatkan ia menangis pasca race didokumentasikan dalam film Fastest. Jelas benar terlihat tekanan yang sulit untuk dipikul oleh mentalnya yang dipandang sangat rapuh pada saat itu. Majalah Australian MOTOR CYCLE news menyampaikan sebagai berikut :

But the new motoGP documentary feature film FASTEST, by hollywood director Mark Neale, again questions stoner’s racing mentality.
Fastest is the sequel to Neale’s previous work FASTER and is narrated by actor and bike nut Ewan McGregor.
In part, FASTEST deals with stoner’s absence during the 2009 season due to illness and shows exclusive video of just how physically distressed and ill stoner was following his third place in the 2009 barcelona grand prix.
Stoner vomited in his helmet during the race and, fearing for his health and safety of fellow riders, he later took sick leave to treat a severe case of lactose intolerance.
In the film motoGP writer Michael Scott says: “The thing you have to question is stoner’s mental strength.

Dalam film Fastest, terkait dengan profil Stoner, justru yang diangkat bukan melulu prestasi dan dominasi Ducati pada era Stoner. Yang menonjol untuk diangkat malah soal kekuatan mental Stoner. Pada kasus lain, Stoner juga memperlihatkan perilaku emosional yang terekam oleh kamera dan fotografer. Stoner menonjok bahu kiri Randy De Puniet saat sesi pemanasan di Le Mans 2011. Stoner nyaris saja menabrak bagian belakang De Puniet yang berjalan lambat di track lurus. Pembalap Repsol Honda itu kemudian meninju bahu De Puniet dengan bahasa tubuh yang mempertanyakan apa maksudnya berjalan lambat di jalur berbahaya seperti itu. Meski Stoner beralasan De Puniet melakukan hal membahayakan, petugas balapan menilai aksi Stoner yang memperlihatkan emosi lebih layak dihukum. Casey Stoner didenda sebesar 5000 Euro (Rp60,4 juta).

Pada GP Jerez 2011, Stoner terlibat tabrakan dengan Valentino Rossi. Stoner merasa diperlakukan tidak adil karena ketika kedua motor terjatuh, hanya motor Rossi yang ditolong para petugas race sehingga Rossi bisa melanjutkan balapan dan finis diurutan kelima. Sementara Stoner gagal melanjutkan lomba. Kekesalan Stoner kemudian diekspresikannya dalam bentuk bertepuk tangan dari pinggir trek saat Rossi melewati dirinya. Walaupun permintaan maaf sudah dilakukan Rossi pasca race, tetapi Stoner terkesan belum sepenuh hati memaafkan aksi Rossi tersebut.

Valentino Rossi

Berbicara soal motogp sejak akhir era kelas 500 cc sampai kelas 1000 cc saat ini, rasanya tidak akan lengkap tanpa membicarakan Valentino Rossi. Segudang label dialamatkan kepada Rossi atas sepak terjangnya selama berkarir di kancah motogp. Juara dunia 9 kali di kelas berbeda (1 kali 125 cc, 1 kali 250 cc, 1 kali 500 cc, dan 6 kali kelas motogp) ini menjelma sebagai ikon motogp yang masyhur. Ia terkenal bukan karena semata-mata prestasi juara dunianya yang 9 kali itu, tetapi karena didukung oleh kekuatan kharisma dan mentalitas yang sudah ia tunjukkan kepada sesama rider, pabrikan, tim, sponsor, penggemar fanatiknya, media massa, serta para mantan pembalap motogp.

Teknik dan skill balapnya di atas rata-rata, serta kemampuan mengembangkan motor balapnya sudah dirasakan oleh beberapa pabrikan di kelas motogp, yaitu Honda, Yamaha, dan Ducati (dalam proses pembuktian). Bersama Jeremy Burgess dan timnya, Rossi bahkan dianggap sebagai pembalap yang jenius di mata Furusawa “God Father”nya YZR-M1.

Kekuatan mental Rossi bisa dilihat dari cara ia bertahan terhadap banyaknya tekanan seperti yang ia alami di musim 2011 bersama Ducati. Gagal sukses tidak membuatnya putus asa mengembangkan motor baru bagi Ducati, motor baru yang lebih “friendly” dengan delivery power yang merata, smooth, tetapi tetap powerfull. Hasil tes Sepang 2 memang terlihat tidak bagus dari segi fastest lap, karena tujuan tes sejak awal adalah bukan untuk mencapai hal tersebut. Tes Sepang 2 ditujukan untuk tes terhadap hal-hal meragukan yang ditemukan pada tes Sepang 1. Pada tes Jerez nanti, situasi mungkin akan berbeda, karena hal-hal yang meragukan tersebut sudah ditemukan solusinya.

Kharisma Rossi juga menarik sponsor untuk berada dibelakang penampilannya. Terbukti walaupun Ducati babak-belur di musim 2011, sponsor tidak meninggalkan Ducati. Malah memberikan support yang luar biasa bagi pengembangan motor baru, yaitu GP12. Sikap familiar dan egaliternya menonjol. Hal tersebut terlihat dalam komunikasinya dengan para penggemar fanatiknya di seluruh dunia. Menyapa dengan hangat.

Ada fenomena spesial dari mentalitas Valentino Rossi. Ia kerap melakukan “psy war” terhadap lawan-lawannya. Kalimat wawancara yang Rossi lontarkan seringkali memicu emosi pesaing-pesaingnya. Max Biagi, Gibernau, Stoner, dan Lorenzo pernah merasakan termakan umpan psywar Rossi. Paling tidak, kita bisa menilai bahwa Rossi memiliki pemahaman psikologi yang cukup baik mengenai para pesaingnya. Seandainya ada tindakan kurang sportif Rossi, mungkin itu terjadi pada masa persaingan sengit dengan Biagi yang menimbulkan perkelahian diantara keduanya. Untungnya, tidak ada bukti foto dan kamera video yang meliput kejadian tersebut.

Di film Fastest, Rossi tetap menjadi tokoh sentral film dokumenter motogp tersebut. Dalam Fastest, kekuatan mental Rossi ditunjukkan saat GP Laguna Seca 2008 saat mempecundangi Stoner yang saat itu sangat dominan mulai dari free practice sampai kualifikasi. Tetapi saat race, mental Stoner langsung rontok karena tidak menyangka bahwa Rossi akan membalap dengan cara yang ekstrem demi menggapai podium satu. Di GP Catalunya 2009, lagi-lagi kekuatan mental Rossi menopang skill dan teknik balapnya dalam menaklukan Lorenzo yang diunggulkan penonton tuan rumah.

Sikap Rossi yang sekaligus sebagai unjuk kekuatan mental “gentle” pernah dilakukan Rossi saat memohon maaf setelah terjadi tabrakan yang mengakibatkan Stoner gagal melanjutkan lomba. Dari percakapan singkat diantara keduanya, kita bisa menilai sikap mental masing-masing. Berikut percakapannya :

Stoner (tersenyum) : “Bagaimana dengan bahumu? Apakah baik-baik saja?
Rossi (masih mengenakan helm) : “Saya sangat menyesal.”
Stoner : “Tak apalah. Anda memiliki masalah dengan bahumu?
Rossi : “Saya melakukan sebuah kesalahan.
Stoner : “Ya. Tentu saja ambisimu mengalahkan bakatmu.
Rossi : “Eh?
Stoner : “Ambisi lebih dari bakat.”
Rossi : “Saya sangat menyesal.”
Stoner : “Tidak masalah

Terakhir, penghargaan dan cinta yang ditunjukkan Valentino Rossi kepada motor sangat berbeda dengan pembalap lain. Di Sirkuit Phakisa Welkom 2004, kemenangannya ia bagi dua dengan M1 di pinggir trek. Di GP valencia 2010, Rossi mengucapkan perpisahan dengan M1 yang dicintainya, lagi-lagi di pinggir trek ia mencium sang motor dengan sepenuh hati. Adakah pembalap yang memperlakukan motor tunggangannya seperti yang Rossi lakukan?

BRAVO ROSSI !!!

Sumber tulisan : internet dkk, inspirasi Bro Bared

Posted on 6 March 2012, in API NGEPET. Bookmark the permalink. 63 Comments.

  1. smg rossi bs juara tahun ini!!!

  2. Hommm….bole bole bole bahasannya……

  3. pertamax-kah?
    atau solar dext…

  4. sumiati semox

    Bener om

  5. ikan asin bin gereh

    siapapun juara thn 2012 tdk akn semudah thn 2007,2010,2011(krn pd thn itu rosi brmasalah) mnrt sy rosi akn alon2 waton kelakon/dpt point,jika motor sdh ok barulah brsha podium 1(smga)

  6. Inilah yang menjadikan Rossi dipuja dan digandrungi

  7. Waah gw trharu baca “di gp valencia 2010 rossi mencium motornya & mngucapkan selamat tinggal bwt M-1”😥 ​​​.◦°◦Ήιķs:'(◦°◦Ήιķs:(◦°◦Ήιķs:'(◦,,😥 ​​​.◦°◦Ήιķs:'(◦°◦Ήιķs:(◦°◦Ήιķs:'(◦

  8. Adiknya bang Rossi

    wah..kalo aku jadi rossi rasanya ngk tega mo ngelawan M1 yg pernah jadi pasangan hidup beberapa tahun di motogp..hehe

    • sumiati semox

      Bener om. Masak motor yg punya andil bawa juara dunia malah ditendang. motor ngambek dilempar ke gravel tau rasa loe

      Halo fbr !!
      Rossi okeh,
      Sumiati tetep yang paling semox !!

  9. Gw jd terharu denger cerita ttng Rossi..!!!Moga tahun 2012 Rossi juara dunia lg.

  10. boleh gabung jadi follower om? ulasane manteb!

  11. Ngga rela Lorenzo di pojokin…sekarang Lorenzo lebih dewasa…

  12. VRust4si6ogon

    hahha makan tu setingan 80 detik sook bener jeremy bleber ma paklentin rossidin wkwkwkkk, kena karma tu kykna

  13. VRust4si6ogon

    hahah mental paan tu masa minta maaf masih gunakan helm kalo gw stoner gw ludahin tu si engkong

  14. Jh0ny Kumbara

    Yg nulis bisaan, alien lain baik buruknya dikupas abis, smntr rossi didominasi dg kisah2 baik. Pdh ada mentalitas negatif rossi yg sngt menonjol yaitu EGOIS tp kgk disebut. Rossi g mau t’saingi oleh tim matenya, dlm karir rossi baru jolor yg bs menyaingi rossi sbg tim mate, dan imbasnya rossi memilih hengkang. Penolakan rossi thd stoner utk dg ymh diakhr 2006 jg bntuk nyata keegoisan rossi. Oleh krn tu, rossi lbh seneng pny tim mate yg biasa2 z kek edward n hayden.
    Salam CS27…

    • sumiati semox

      rivalitas dalam tim lebih mengerikan daripada dngan tim lawan. Coba aja 2012-2013 st0ner dan pedrosa bakal saling sikut2an karna mark marques udah ngincar kursi repsol. Hehehe kayaknya kasus rossi jilid 2 bakal terjadi di repsol

      • Adiknya bang Rossi

        kalo ngk meledak duluan motornya…xixixixi

      • sumiati semox

        Bener om. Motor onda k0mplit banget. Ada menu vibrator biar agak geli2 dikit, ada tabung elpiji. Ada tas kresek buat jaga2 kalo muntah waktu race

        HALO FBS #FANS BERAT SUMIATI

        ROSSI OKEH TAPI TETEP SUMIATI YANG PALING SEMOX

    • @Jhony Kumbara,
      Anda benar dalam hal keegoisan Rossi di kasus Yamaha dan Jolor. tapi keegoisan itu lantaran Jolor lebih memposisikan diri sebagai pencuri licik atas segala hasil pengembangan M1 oleh Rossi, makanya dibuat pembatas dalam 1 paddock. Dalam kasus Stoner ke Yamaha, Rossi memang keberatan karena tidak ingin tersaingi, mungkin karena sudah terbiasa sebagai rider tunggal sejak masa GP 500cc. Di HRC bersanding dengan Tohru Ukawa juga karena tekanan regulasi yag mengharuskan 1 pabrikan dengan 2 rider, walaupun awalnya Rossi tidak bersedia. thanks atas masukannya.
      Enny Arrowtion?
      Hallo FBR? Rossi okeh, dan FBS murtad jadi FBR tidak melulu cerita ngimpi……..

    • Misalkan Sebagai Seorang Raja
      Apa loe mau berbagi permaisuri dan kerajaan sama anak baru ?
      Ada tuh anak baru ; Baru sikit sukses bilang Raja nyontek Senjata guwe.
      Gak Nyadar Atribut dia diperoleh dari Raja.

      Egois wajar lah, Raja Githu loh.

  15. Mbok sekali2 diulas kondisi burgess sekarang om. Terakhir kedengarannya dia kok agak apatis, kenapa ya?

    Rossi, emang selalu oke. Sumiati … masih tetep semok?

  16. VRust4si6ogon

    ooi shiiit

  17. VRust4si6ogon

    udah laaah mmg gk ada pembalap terhebat selain rossi pokokna gk bakal ada yg lebih hebat dari rossi sampai hari kiamatpun ….camkan itu hhhahaha huuueeekk…..

  18. VRust4si6ogon

    honda, yamaha, mah kecill sangant kecill sekali segede upil rossi dibandingkan nama besar rossi, gk ada rossi gk mungkin honda, yamaha juara itu paaaassstiiii dan sekarng ducati tahun depaaan pasttiiii juara dunia triple crownn lagi,,…camkan ituuu, hhahahhha huuueeeekkkk

    • sumiati semox

      Bener om. Tapi gak usah lebay lah. Yang terhebat masih tetep agostini koq. Kalo rekor agostini udah dilampaui baru bisa dikatakan rossi terhebat sepanjang masa.

  19. casey rajanya tega

    gw rasa kalo rossi ga pernah ketemu burgess, belum tentu juga dia jurdun 7 kali di kelas premier. jadi jangan ngesampingin burgess nya.

    nah mengenai ini :
    Teknik dan skill balapnya di atas rata-rata, serta kemampuan mengembangkan motor balapnya sudah dirasakan oleh beberapa pabrikan di kelas motogp, yaitu Honda, Yamaha, dan Ducati (dalam proses pembuktian)

    kalo tahun ini hancur lagi, berarti campur tangan burgess lah yang paling kuat.
    krn doi sudah berucap :
    namun saya tidak melibatkan diri terlalu banyak karena Ducati merupakan perusahaan dan orang-orang dari Italia, jadi lebih baik bertanya langsung kepada Valentino dan ‘grupnya’

    • sumiati semox

      Bener om. Udah takdir koq. Ane rasa juga andai stoner gak ditarik ducati juga gk mungkin bisa juara dunia

      • Adiknya bang Rossi

        pokoknya takdirnya…

        46 = 4 + 6 = 10
        27 = 2 + 7 = 9
        99 = 9 + 9 = 18 = 1 + 8 = 9
        26 = 2 + 6 = 8

        mudah2an 19 takdirnya bagus.. 1 + 9 = 10 .. hehe

  20. kalau ada yg protes mengapa di sini yang di tampilkan hanya tentang kedidgayaan rossi dan JB serta tentang optimisme terhadap VR46 jangan heran karena ini adalah tempat nongkrongnya pendukung setia Valentino Rossi & JB… jadi kalau anda protest tidak suka dengan keterangan2 di atas salah sendiri mengapa anda masuk ke kamar orang… Wakakakaka…. itu namanya “GATEL” atau karena di tempat idola anda ga punya ulasan ulasan tentang jagoan nya ya.. wkwk kasiaaannn yg di puja ga pernah ngasih bocoran, apa yg akan anda idolakan ?? atau cuma sorak sorai bergembira aja melihat orang masuk finis.. wkakaka.. mending dukung tukang ojek balapan.. hahahaha…

    Go Go Go VR46….

    • Betul om, fbs hobinya ngintip kamar orang. Soale emang rumput tetangga lebih seger … hehehe ….
      Rossi … ohh … ducatimu sesemox sumiati …. mudah2an ngacirnya juga bikin merinding lawan2nya, enggak geal-geol kayak gw

  21. Pasukan jablay

    Ini baru ane suka tulisan ny ,ga terlalu lebaayy

    • FBS murtad jadi FBR

      FBR di sini emang spesialis lebay. harusnya kudu lebih lebay kalo bikin artikel. tapi, mengingat kasian sama FBS, yaa sekali-sekali boleh dah serius dan ilmiah dikit. tapi ane bukan melulu tukang cerita ngimpi. jadi, artikel berdasarkan fakta, data, dan content analisis dari media, insya Allah bisa kok dibikin.kenapa ngga?
      Enny Arrowtion?
      Hallo FBR? Rossi okeh

  22. FBS boleh aja protest ke dorna (itupun kalau di dengerin ama dorna… wkwkwkkw), logika ane bisa saja ducati di prioritaskan pada balapan musim kali ini oleh dorna, dari segi bisnis bisa dilihat pada tahun 2011 dimana pada musim 2011 ada yg mengatakan bahwa ini adalah musim yg membosankan, Judulnya balapan tapi isinya tak lebih dengan pawai 17 agustus.. sehingga dapat mengakibatkan berkurangnya minat sponsor terhadap olah raga ini.

    hal ini disebabkan karena yg mendominasi pada 2011 adalah orang-orang yg tidak mempunyai jiwa entertain sedikitpun, Ga ada seninya… ga ada hiburannya.. apa yang mau di lihat… ???? silahkan anda simak balapan pada 2011, terjadi fight yg di gembor2kan cuma sekali waktu race valencia, dan seri2 sebelumnya nol besar… ga ada hiburannya, karena yg juaranya ngacir duluan seperti team leader mobil kebakaran.. wkwkkw…

    untuk meningkatkan omset di 2012 maka dorna menggunakan taktik ini agar semuanya bisa mendominasi…. dan sang icon motogp bisa bermain-main kembali. ga ada yg perlu anda protest kan.. karena ini juga bisnis serta hiburan dan bukan sekedar olahraga, cukuplah 2011 motogp tanpa hiburan dan membosankan dan yang pastinya sponsor akan lebih banyak serta omset lebih tinggi…🙂

    disamping itu dengan adanya penambahan berat dadakan ini bertujuan untuk mengejutkan para pabrikan (dimana setiap pabrikan yg ada sekarang telah pernah di set oleh rossi dan JB) untuk menghindari copi paste settingan makanya mendadak dorna menaikkan berat minimum motor yg akhirnya pabrikan selain ducati mencak – mencak karena harus membuat setingan baru sendiri… Nah pada bingung mau buka kitab yg mana ???? karena panik makanya mereka protest guling2 koar2 ga karuan… wkwkkwkk

    SIAPAPUN TIDAK AKAN BISA MEMUNGKIRI JIKA DIA ADALAH SEORANG PENGGEMAR MOTOGP ATAU BALAPAN BAHKAN DUNIA OLAHRAGA “VALENTINO ROSSI” adalah sebuah ICON motogp dan tanpa dia motogp tidak akan seramai sekarang ini… Jangan bohongi hati nurani mu… !!!

    GO GO GO Rossi #46, sekarang ada sarkiem yg lebih montox…

  23. Mengucapkeun terimakasih buat FBH,FBS,dan FBY yang telah sudi mampir kesini.

    Jangan lupa,ajak yang lain yah.Semoga aja kalian jadi terinspirasi dan putar haluan jadi Fans Berat Jb_Rossi.

    Karena,di blog inilah yang paling lengkap dan faktual dalam mengupas dunia motoGP.

    Kunjungan kalian sangat ditunggu.Hehehehe.

    Go go go go Valentino Rossi!!!

  24. Sebelum sepang II, om srondol nulis ini:
    “Semoga di sepang II phoenix mampu membuat gentar lawan2nya.”

    hasilnya jeblok, ditulis kayak gini:
    “Hasil tes Sepang 2 memang terlihat tidak bagus dari segi fastest lap, karena tujuan tes sejak awal adalah bukan untuk mencapai hal tersebut. Tes Sepang 2 ditujukan untuk tes terhadap hal-hal meragukan yang ditemukan pada tes Sepang 1.”

    terus sekarang, nulis ini lagi:
    “Pada tes Jerez nanti, situasi mungkin akan berbeda, karena hal-hal yang meragukan tersebut sudah ditemukan solusinya.”

    kalo hasil test jerez jeblok lagi, kira2 apa lagi yg ditulis???

    • idnya sesuai dengan mental orangnya serta sesuai dengan mental idolanya… satu partai semua… wkkwwk KERUPUK… !!! jadi no bacot ya mas.. kalalu ga suka liat aja..

      Go go go #46

    • FBS murtad jadi FBR

      @krupuk alot,
      kalo hasil tes jerez jeblok, apa yg mo ditulis?
      gampang, ya tulis ttg GP12 blm oke. susah amat. kalo 2012 Rossi terpuruk sama persis dg 2011, berarti terbukti Rossi tidak bisa klop dg Ducati. tapi kalo Rossi bisa podium 1,2,3 beberapa kali walaupun tidak jurdun 2012, itu artinya Rossi sukses membuktikan bahwa bukan cuma stoner yg bisa taklukan ducati. apalagi kalo tim satelit ducati sukses juga. makin terbukti GP12 yg dikembangkan Rossi dan JB bersama ducati menuai hasil yg sangat positif. Gitu tong….

      Elu sih, rata2 FBS pada gitu, kalo ngomong taunya hasil doang. yg dijadikan patokan hasil akhir terus. ga pernah mo tengok proses ke arah hasil akhir itu. kaya anak SD, kalo diajarin matematika maunya hasil akhir berapa. kaga mau denger cara jalannya bgm…
      Belajar berpikir “by process” dong…..
      Halo FBR? Rossi okeh

    • @krupukkirik: pengennya ane sih mbah srondol nulis, mana blognya FBS? kok ngak ada ya? apa karena dengkulnya kirik2 boy di kasih helm jd kagak bisa bikin? wakakaaka
      kirik mana bisa bikin analisa…. mental krupuk wakakaak udah mental krupuk, kirik pulak! wakakaka

  25. jiaaah… Ceritanya mau maen fakta nih bro.. Ente baca nya kurang teliti tuh… Yg om srondol bilang itu harapan dan prediksi karna ada kata SEMOGA dan kata MUNGKIN… Coba ente baca lagi pelan2.. Oia bro! Cuma mao kasih tau, prediksi itu ga harus tepat dgn kenyataan loh.. Kalo tepat yah syukur, kalo melenceng jg yah namanya prediksi…

    • aneh banget sih oknum fbr nih. nimpalin fakta, eh yg keluar kata2 kotor/hinaan (liat tuh si phoenix46) apakah memang ini yg dbilang fans pinter???
      inget bro, walaupun ekeh nge-flame, ekeh agak sopan nyampeinnya.

      buat si bangor, ekeh tidak mempermasalahkan prediksi fbr jika tidak merendahkan pabrikan atau pembalap lain. dari analisa2nya, terkesan merendahkan dan menjulangkan ke langit ducati kembangan rossi. Lah begitu tidak tepat prediksinya, tak pernah sekalipun mengakui kehebatan pabrikan dan pembalap lain.

  26. Pada akhirnya ini hanyalah opini penulis.. yang mungkin berpihak.

    setiap pembalap pasti memiliki kelemahan dan kelebihan. Tidak ada yg memiliki mental sempurna,. sekalipun itu Valentino Rossi
    nice🙂

  27. pertanyaan terakhir buat fbr:

    apakah jb-rossi tidak punya kelemahan???

    • @krupuk … kelemahan jelas punyalah. Liat aja tahun lalu, prestasinya ndlosor nggak karuan. Entah kelemahan pribadi, entah tim, entah dari pabrikannya. Penulis cuma mencoba menganalisanya. Kami FBR tetap mendukung JB-Rossi apapun hasilnya, karena kami tidak hanya menghormati hasilnya thok, tapi juga perjuangannya. Kalah menang enggak masalah. Namanya juga ngefans, selalu berharap agar idola kami terus lebih baik. Kalo ulasan di atas melebih2kan JB-Rossi, ya sah2 saja to, wong ini di blognya kaum FBR.

      Kalah menang tetep Rossi!!!! ….. Sumiatiiiiii, where are youuuuuu???

  28. oh somethink wrong dengan ucapan ku @krupuk alot merasa tersinggung ya ??? owh dipersori om kalau ane menyebutkan yg sebenarnya tentang mental ente… xixixixi… ga salah idola lo sama fans nya mentalnya sama… di flame dikit aja mencak2… giliran dia yg nge-flame (istilah ente) kalau istilah ane ngejunk ke rumah orang ente bilang itu sopan ??? aish…. yg penting kami disini mengidolakan perjuangan idola kami, bukan semata-mata mengidolakan dan bertepuk riang di garis finis… keh keh keh … seperti ente and gerombolan ente yg lainnya… xixixixi

    go go go VR#46 sumiati lagi jadi TKW ke hongkong.. hahahahaha

  29. Mental tukang jualan? gak akan pernah bilang barang dagangannya jelek meskipun sebenarnya byk yang busuk.

    • FBS murtad jadi FBR

      @Wewewe…,
      mental tukang jualan?
      kate bang Bontot46, “EMANGNYA GUWA PIKIRIN???”
      ada artikel ngimpi, FBS nyela. katanya kaga ilmiah, ngarang. eh dibikin artikel serius, FBS bilang busuk. Busuk gigilu???
      yg busuk itu pikiran elu tong!!… elu baru mikir aja udah bau busuk, apalagi lu ngomong?? minta ampun.
      ngomong sebakul berak sepengki lu!! ngomong aja mental tkg jualan, lha elu sendiri kan guwa tau, elu sering juga jualan celana dalem seken…wakakakakakak…
      Hallo FBR? Rossi okeh

      • @phoenix46: liat bro kayaknya mental FBR lah yg labil, disindir dikit aja udah mencak2 + maki2. Jadi pendapat loe soal FBS yg mencak2 kalo disentil itu salah besar. Liat aja kelakuan temen loe ini.

      • sumiati semox

        bener om. Ini kan kandang fbr so… Wajar ngebela rossi. Hasrat q pengen maen ke markas fbs. Ada yg punya linknya??? Jangan kasih link kaskus kuri2 boy ya. Gk ada anal isis nya disitu.

        HALO FBS # FANS BERAT SUMIATI

        ROSSI OKEH !!!
        TAPI TETEP SUMIATI YANG TERSEMOX

      • bener sum, kami ga suka rossi jadi wajar donk menghina rossi..

  30. I dugg some of you post as I thought they were very useful very beneficial

  31. MISI GAN, MAU IKUT JADI FANS ROSSI YG DIKATAIN SAKIT MENTAL HAHAHA
    gw seneng kok jadi fans sakit mentalnya kang ocy

    gw sdh ngefans rossi dr taon 2002 atau berapa itu yg 4 tak990cc 1 kali dipake,
    rossi pake rc211v, tandem sama tohru ukawa, emak biaggi pake marlboro yamaha.

    senang bgt liat rossi pake rc211v start dr grid blk membabat lawannya 1 per 1 sampai bisa juara ahahahah

  32. itulah yg membuat Rossi punya banyak fans di seluruh dunia,bahkan ketika Rossi terpurukpun fansnya tidak akan berkurang,hanya orang tolol yg tidak mengakui kehebatan Rossi

  33. Rossi + yamaha = bertarung untuk podium
    Rossi + ducati = bertarung dengan Karel Abraham, Randy de Puniet & tim2 CRT

    Stoner + ducati = bertarung untuk podium
    Stoner + honda = ngacir duluan di depan, ninggalin musuh2nya jauh di belakang

    Perbandingin dengan motor yg sama (frameless ducati 800cc)
    2010 Stoner: menang 3, podium 5, peringkat klasemen:
    2011 Rossi: menang 0, podium 1

    sangat memalukan sekali Rossi.

    Stoner –> penguasa era 800cc
    Kalo gak percaya liat aja data statistik menang & podiumnya Stoner vs Rossi, Stoner paling banyak.

    Rossi The man of steel, smooth, clean & fast.
    Stoner –> The real alien
    Marquez –> The baby alien.

    Pengen liat Stoner kalo karirnya start dari tahun 2000. Mungkin gelar Rossi gak bisa 7x lagi, tapi setengahnya diambil Stoner.

    nih liat cara Stoner ngendaliin ducati

    pake sliding coy!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: