Cara Lain Minimalisasi Traction Control (TC)


Original post by : Bontot46

Barusan saya ngobrol-ngobrol dengan para petinggi motogp dan Dorna melalui layar virtual soal cara meminimkan TC di ajang motogp. Dorna bilang sekarang masih agak sulit untuk membatasi kecanggihan TC Robotik. Karena Honda telah menyeret kita semua ke dalam aplikasi teknologi ini. Begitu kata Dorna. Paling mungkin mulai 2013 bisa dilaksanakan TC standar, tetapi upaya minimalisasi TC Robotik bisa dikampanyekan mulai dari sekarang.

“Kami masih mengumpulkan semua pendapat dan masukan bagaimana TC yang seharusnya ada pada motor balap di motogp” jelas Dorna. Memang TC ini seperti buah simalakama. Tidak dipakai, katanya bisa membahayakan para pembalap karena kecepatan motor yang sangat tinggi. Kalau dipakai, katanya menghilangkan skill asli para pembalap dan menggantikan skill itu dengan bantuan teknologi robot dalam memacu dan mengendalikan motor balap.

Dorna lagi pusing.., lalu bertanya kepada saya. “Apakah anda punya pendapat alternatif soal cara minimalisasi TC ini“, tanya Dorna. Saya bilang, “Begini Dor, saya mau tanya dulu. Ada ngga hubungan antara TC Robotik dengan kemiringan motor saat melibas tikungan?” tanya saya.

Oooh ada dong. TC Robotik akan bekerja dengan memotong kelebihan tenaga motor dan mengoreksi kesalahan putaran roda. Selain itu, pada kemiringan tertentu, misalnya ketentuannya sampai 30 derajat, TC membantu mencegah motor ndlosor mas. Kalo lebih dari 30 derajat, maka TC tidak bisa membantu. Contohnya Casey Stoner, dia jago karena ada bantuan TC Robotik. Kalo ga pakai TC Robotik, dia pasti nyungsep terus. Kira-kira begitu…“, kata Dorna beri penjelasan.

Nah…, kalo begitu, saya usulkan begini aja. Wearpack para pembalap motogp lebih baik diganti aja“, kata saya.
Lha hubungannya apa dengan TC?“, tanya Dorna.
Ada deh. Tapi kita praktekin di satu race aja dulu. Ga usah banyak-banyak. Ini solusi alternatif yang hemat, ramah lingkungan dan bikin tontonan motogp lain dari yang lain“, kata saya meyakinkan Dorna.
Coba jelaskan bagaimana?” Dorna penasaran.

Begini Dor, para pembalap balapan dengan wearpack jenis baru. Yaitu celana panjangnya kita potong sampai di atas dengkul. Ga usah pake pengaman dengkul dah. jadi karena celananya seperti itu, pasti motor kaga bakalan miring atau rebah pas di tikungan. Semua pembalap akan hati-hati kalo mau masuk tikungan, dan motor rata-rata akan tegak semua, kaga miring-miring banget gitu. Karena ga pake acara miring-miring alias kaga rebah, otomatis kan tegak-tegak aja tuh motor. Nah, pastilah TC tidak diperlukan lagi kalo motor tegak. Dengan demikian, program Dorna untuk minimalisasi TC Robotik akan tercapai dengan mudah“, papar saya dengan penuh semangat seperti semangatnya para fans lebay penjaga api ngepet Ducati JB Rossi. “Bagaimana usul saya ini Dor?“, tanya saya sambil berdiri benerin “sesuatu” di celana.

Ntar dulu. Sebentar..sebentar. Ini ide bagus nih. Bisa minim TC…., oke..oke…., tapi kok ada yang janggal ya?” tanya Dorna sambil heran-heran.
Mmmm…saudara Bontot46, usul anda lumayan.., tapi pertanyaannya adalah bagaimana….“. Dorna celingak-celinguk, seperti sedang mencari-cari.
Lha? kemana tuh orang?
Woy…!!! Sini luh!! Jangan lari lu!! Ngasih usul hemat biaya. Iya hemat sih hemat, tapi kalo dengkul pembalap pada robek bin somplak bijimane? Dasar usul fans lebay luh !!!” Dorna marah-marah sambil lempar sendal jepit ke orang yang udah kabur.
Kok gue guoblog amat ya dengerin penjelasan itu orang gila…??” tanya Dorna dengan nada melas.

Wakakakaakakakakak…kaboooooooooorrrrr…….

TC HANYALAH SEKEDAR ALAT BANTU. APA JADINYA KALAU PARA RIDER MENGGANTUNGKAN KESUKSESAN UNTUK MENJADI JUARA DUNIA MOTOGP LEBIH BANYAK PADA ALAT BANTU DIBANDINGKAN DENGAN SKILL ALAMINYA? ANY QUESTION? KALO ANY, YAAA…SILAHKAN BAHAS… TAPI YANG TENANG, JANGAN PADA RIBUT.

Posted on 28 February 2012, in INTERMEZO. Bookmark the permalink. 17 Comments.

  1. hmm,betul skali,kalo trus2an TC , jadi balapan robot bneran neh, bnr kata criville dl,motogp makin lama kyk maen video game,

  2. bener banget,gw sebenarnya lebih setuju kalo TC dihilangkan sama sekali,sekalipun berbahaya ya itulah resiko yg harus ditnggung pembalap kalo takut ya balapan becak aja sono! balapan ya balapan,yg dihadapi cuma gas,kopling,rem dan para pecundang dilintasan,kalahkan mereka tanpa bantuan,buktikan kalo pembalap MotoGP adalah pembalap berani mati! orang pembalap lain aja masih banyak yang berani balap di Isle of Man ko,masa MotoGP yg sirkuitnya masih enak masih nangis2 kalo TC robotik di copot

    • hmm,mencoba memahami dorna yg cari duit,pembalap yg cari tantangan dan penonton yg haus hiburan. pada intinya smua resah dengan minimnya hiburan dari sirkus motogp tahun2 trakhir ini.

      so, tc robotik antara dilema keselamatan rider vs hiburan penonton.
      sementara komitmen motogp menyuguhkan balap motor konsep teratas di dunia.

      khusus isle of man,seingatku rossi pernah bilang itu terlalu beresiko karena tnp keamanan yg memadai,pure nyali! gmna perjuangan pembalap2 dsna,bp yg sukses brp yg tewas.(coba liat film TT:Isle of Man :closer to the edge)

  3. FBS murtad jadi FBR

    bwahahahahaha…..
    biasanya ada komen Dorna dan petinggi motogp..
    emang kata guwa kaga perlu TC macem2, yang sewajarnya aja. jangan ambil alih porsi skill rider dong..
    hallo FBR? Rossi okeh.

  4. Bojone mbak prapti bakul sego pecel

    Pamer teknologi apa pamer skill

  5. Toex: bontot46
    Waah waah waah,,,
    Perbincangan kita kok sampek di share di mari sih??
    Kami DORNA & petinggi motoGP pan jadi malu2 meong,,

    • coba praktekin aja cara itu dor ,, hehehe

    • itu inspirasi boss namanya. terima kasih atas pemikiran @Dorna & petinggi motogp. CRT udah dilakonin Dorna, bentar lagi TC yg minim. ga tau dah tahun-tahun besok apaan yg mo diusulin. yg penting asal bikin balapan jadi seru dan adil..gitu boss.

  6. fbr emang mantap deh untuk cari alasan, setelah kemaren ribut carbon campreto, ribut frame sampah, sekarang ribut TC.
    emang rossi nga pake TC ya? sama aja dol, rossi jg pake TC, jadi nga usah ribut cari alesan TC ini lah TC itu lah. pake TC jg tetep aja pembalap bisa jatoh, emang dengan TC akan membuat pembalap nga akan jatoh?

    udah tua mah tua aja, nga usah ribut TC melulu, malu, mending gentle bilang pembalap sekarang bagus2 dari pada cari alesan kenapa rossi jeblug…

  7. Stoner belum pernah jurdun tanpa TC, tp thn ini kalau motogp tanpa TC mungkin stoner tetp akan jurdun, katanya stoner pemblp paling cept adaptasi, berani coba stone?

  8. Gitu AJA Ko Reprot

    sesuai lah dengan perkembangan power mesin yg semakin canggih
    dulu gk pakai TC ya sesuai dengan kekuatan mesin waktu itu.

  9. gak bahas hasil test terbaru nih …. gmn kbr si Phoenix ????

    • masih kalah sekitar 1 detik dari pembalap terdepan, nga usah di jelasin dong siapa yg terdepan, ntar katanya muja2 jurdu….

      kalo udah kalah 1 detik sih nga usah dibahas lah, tahun lalu jg ketinggalan 1 detik, artinya udah ganti sasis pun nga efek, masih aja lelet….

  10. waduh.. kasian ya para fans stunduh dan hohe hoheho cuma bisa ngomen disini. ga punya lapak ya? makanya inisiatif bikin blog sendiri. malu ya jagoan2 nya masih jd anak kemaren sore. ngaku juara tp blm konsisten. ditanya karya cuma bisa ngasilin piala.. mana hasil jerih payah para jagoan kalian? monokok mentok ontohod bobrok? . padahal kalian yg nonton motogp, blm tau itu siapa stunduh. siapa itu hohe hoheho? R.O.S.S.I akan tetap menjadi ikon. akui sajalah.. ga usah cari oposisi… hihi.. dari pada cape ngomen di Lapak orang, mendingan kalian cari bukti deh yang bisa ngeliatin kalo hohe sama stunduh emang bisa setting dan berkreasi. jgn cuma jadi tukang delman doang,,,,, sana ngajuin leasing bikin blog. malu2in.,,,,

  11. good bro!! komen mantep. lanjut terus. Bravo rossi!!

  12. semua pake TC, kenapa diributin? klo ga suka ya ga usah pake

  13. I am impressed with this web site , very I am a big fan .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: