Hayden, Rider Wakil Amerika Yang Beruntung


SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Sebenarnya saya sendiri bukan fans Hayden 69, tapi berhubung permintaan brother Bared, saya coba bahas tentang Hayden berdasarkan apa yg ada di media. Dan bolehlah kita sedikit tahu tentang Kentucky Kid yg juga pernah jadi rekan Tim idola kita bersama Valentino Rossi di Honda Repsol 2003.

Nicky Hayden
http://id.wikipedia.org/wiki/Nicky_Hayden
Nicky Hayden
http://en.wikipedia.org/wiki/Nicky_Hayden
Fans Hayden
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5120216

Hayden Sang Utusan Amerika

Pembalap Veteran “Ganteng” yang lahir July 30, 1981 in Owensboro, Kentucky… berjuluk Kentucky Kid, adalah pembalap wakil Amerika yg didukung seluruh warga Amerika untuk terjun ke MotoGP sebagai penerus Kenny Junior yg mulai menua.

Setelah menjuarai AMA Superbike (American Motorsport Association) tahun 2002, Nicky bergabung bersama Valentino Rossi langsung di Tim Repsol Honda menggusur Tohru Ukawa, bisa dibayangkan Ukawa yg wakil Jepang bisa digeser dgn anak baru dari Amrik? Kalau tdk punya dukungan besar Repsol & Honda sendiri yg sedang gencar2nya masuk Amrik. Dan memang saat menjuarai AMA 2002, Hayden sudah berbaju Honda Pabrikan HRC.

Tidak banyak yg tahu, kalau sebenarnya Hayden juga dikejar2 pabrikan Yamaha untuk menggantikan Max Biaggi yg hengkang ke Honda Camel 2003, tapi akhirnya Hondalah yg mendapatkan Koboy Amrik idola wanita2 saat itu.

  

Singkat cerita, selama satu garasi dgn Legenda bernomor 46, Hayden seakan2 cuma jadi pelengkap saja. Tapi setelah ditinggal sang Maestro ke Yamaha, Hayden mulai menampilkan performa yg konsisten 5 besar/podium, puncaknya terjadi tahun 2006 dimana hanya bermodalkan 2X juara seri, itupun dikandang sendiri dan 1X beruntung karena Colin Edward jatuh ditikungan terakhir (pakai motor Rossi), akhirnya Si Kentucky Kid menjadi juara dunia motoGP 990cc terakhir hanya berbeda 5 points saja diatas Runner-up (Rossi) yg memenangkan 5 seri akibat motor goyang inul dan mogok2an…

Setelah Era 990cc berakhir, berstatus sebagai juara bertahan (Raja), Hayden hanya jadi ban serep karena Raja Muda Repsol Dani Pedrosa lebih diutamakan sebagai ujung tombak era 800cc. Motor pertama RCV212 benar2 dibuat kecil untuk semua pembalap, karena megikuti patokan Pedrosa Centris. Hayden komplain habis2an krn merasa dirinya seekor beruang yg naik motor, badan dan kakinya dihajar angin saat kecepatan tinggi krn fairing RCV212 800cc tdk mampu menutupinya.

Wal hasil sejak berubah ke kelas 800cc, Nicky tdk pernah sekalipun memenangkan seri balapan, bahkan sampai sekarang adl satu2nya pembalap yg pernah juara dunia tapi “hanya” pernah menang 3X seri selama karirnya (1X di Laguna 2005). Untuk itulah hanya Sirkuit Assen yg pernah dimenangkan Hayden diluar Laguna Seca.

          

Tahun 2008, Honda mulai menerapkan pengembangan paralel karena harus mengganti Katub Pegas menjadi Pneumatic utk bisa menyaingi Ducati yg sangat super power di tahun 2007. Tapi hasilnya tidaklah jauh berbeda, malah Honda jadi motor urutan ketiga dibawah yamaha dan ducati. Dan diakhir musim 2008 hayden diusir dari Repsol Honda dgn membawa perseteruan dgn Alberto Puig mentor Dani Pedrosa (mentor Stoner juga). Puig menuduh Hayden tidak bisa setting dan mengembangkan motor saat awal2 tahun 2008 karena Pedrosa sedang cidera… Saat itu banyak yg beranggapan kalau sebenarnya Puig mencari kambing hitam atas kegagalan Pedrosa meraih titel jurdu selama 3 tahun berturut-turut. Bahkan disaat HRC sudah memaksakan kehendak utk membuat regulasi 800cc yg dikhususkan utk Pedrosa.

Puig : “Hayden Is A Hypocrite, And Can’t Set Up A Bike”
http://motomatters.com/news/2008/10/…can_t_set.html

Nicky Hayden, Juara Dunia yang Terlupakan
http://www.motogp-mania.com/nicky-ha…ang-terlupakan

———————————-

Pindah Ke Ducati Akhir 2008

Lembaran bersejarah dgn Honda ditutup di akhir 2008, dan sejak musim 2009, Hayden yg ditampung oleh Rokok Legendaris Amrik, Marlboro utk berbaju merah Ducati. Hayden menggantikan Marco Melandri yg gagal total di Ducati, dan Nicky langsung diberi tugas membantu Stoner utk menyempurnakan GP9 berserat karbon bersama2 Mattia Passini dan Espargaro.

Di tahun pertamanya, Hayden terpuruk dgn bobroknya serat karbon dan hanya bertengger di posisi 13. Walaupun begitu
karena Hayden didukung Marlboro (laiknya Pedrosa didukung Repsol), maka Hayden tetap dipertahankan. Musim 2010, Ducati mulai mendengarkan pembalap lain yg gagal dgn Screamer ala Stoner, dan merubah ke identitas awal Ducati, pengapian twin pulse alias long bang aka bigbang. Karena rider2 pengembangnya tidak bisa memberi masukan yang super ala Rossi, maka ducati lanjut saja dgn serat karbon dgn masukan2 kecil dari ridernya, terutama Stoner.

Hengkangnya Livio Suppo ke HRC ternyata “akhirnya” membawa serta Casey Stoner & seluruh Kru Balapnya di bwh Gabbarini. Datangnya JB Rossi team ke Ducati akhir tahun 2010 membawa angin perubahan baru di paddock Ducati Team. Tapi perubahan besar2an baru terjadi setelah Hayden dan Rossi mengalami musim buruk di sepanjang 2011.

Ubahan2 kecil utk memperbaiki performa GP7 yg sudah tertinggal 4 tahun dari pesaing hanya jadi lelucon bagi Fans Hater, tapi malah jadi pertunjukan bagaimana kualitas mental dan spirit Ducati JB Rossi sebenar2nya, termasuk Hayden yg sangat sabar melaluinya.

Gaya Balap

Seperti layaknya rider2 Amerika, Hayden termasuk pemilik gaya Rear Wheel Steering (RWS) yg didapatnya saat belajar dirt bike di ranch2 kuda di Kentucky. Sayangya bakat Hayden tidak sebesar Stoner atau Doohan, malah saat ini Hayden lebih banyak memainkan gaya balap Eropa ketimbang RWS.

Posted on 26 February 2012, in JAMU SRONDOL. Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. Pertamax

  2. gas 3kg

  3. Bensin oplosan

  4. Wah baca2, ternyata benar2 rider beruntung ya nicky hayden. sepanjang hayat cuma menang 3 seri sudah punya koleksi juara dunia motoGP. buat saya sih yang penting hayden tidak macem2 sama kang Ocy, ngak nyolot kek lorenzo. udah nyontek nyolot kan bikin sebel. Semoga hayden juga bisa konsisten seperti dulu lagi, jadi kang Ocy ngak sendirian berjuang dibarisan depan.

    • Jadi berandai andai lagi kalo rossi gk jatuh diseri pemungkas pasti rossi bkal jurdun tahun 2007. Dan berandai andai kalo stoner di kelas 500cc pasti nasibnya kyk doohan, bkn prestasinya tp patah tulangnya wkwkwkwkwk

  5. eh sekarang 1 tim lagi ama rossi..ya paling gak,1 kandang 1 ayam jago akan lancar,karena alon rider a.k.a hayden bakal jadi backing/support dari samping kang rossi,krn kang rossi lah yg tetep jagonya

  6. Hello.This article was extremely fascinating, particularly because I was searching for thoughts on this matter last Monday.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: