Gaya Balap “Super TiTo”


SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Seperti kita ketahui, gaya balap TiTo (Tight In Tight Out) ciptaan Rossi dan RWS TC Robotik Stoner (Rear Wheel Steering khusus TC Robotik), adl dua gaya yg bisa menekuk tikungan dgn paling kencang…. hanya bedanya, TiTo butuh keseimbangan motor karena “KUNCINYA” ada dipermainan setang yg butuh front end mantab…. sebaliknya RWS TC Robotik tidak butuh keseimbangan motor, asal motor kencang maka Stoner bisa memaksimalkan dgn setting yg sederhana bin minim (buat rider lain, mampus.com).

Sebaliknya dari sisi BBM & Ban, TiTo yg tidak memaksakan slide lebih hemat BBM & Ban, sementara RWS akan boros BBM & Ban.

Percaya atau tidak, kelebihan masing2 gaya ini akan digunakan oleh Rossi untuk menciptakan gaya balap baru, gaya balap Super TiTo… untuk merebut Jurdu ke-10 tahun 2012 ini.

Mungkin belum pernah ada yg memikirkan ini sebelumnya…. dan semoga thread Fans Newbie Lebay kita ini yg pertama kali mendengungkan apa yg sedang dipersiapkan Rossi !!!

Hal yg aneh dan sangat maksa banget… mungkin karena kepepet… rossi selalu latihan motor Cross / Dirt Bike, walau baru kelar operasi dan cuaca masih bersalju. Dan ini juga sudah berlangsung saat sebelum liburan Natal / Tahun baru yg lalu.
Biarlah kita dianggap lebay…. tapi itulah kelebihan thread kita… mengabarkan 5 hal yg belum ada, dan kelak 3 hal yg menjadi kenyataan… dan mudah2an ini hal yg akan menjadi kenyataan.

Gaya Balap Super TiTo

Gaya balap ini akan tercipta di tahun 2012, oleh Legenda Hidup Valentino Rossi… gaya balap yg mengabungkan TiTo & RWS sekaligus… dan ini harus dan hanya bisa dilakukan dengan TC Robotik saja!! Kalau 2013 pakai minim ECU maka tidak akan bisa digunakan lagi. Satu lagi… gaya Super TiTo hanya bisa dilakukan dgn menggunakan motor Ducati berkatub desmodromic yg irit bahan bakar & tidak bisa dilakukan dgn mesin Pneumatic… selama ada batasan BBM 21 liter.

Gaya balap Super TiTo adl gaya balap yg mengabungkan permainan setang dengan slide ala Rear Wheel Steering….

Jika kita melihat RWS ala Stoner, maka akan melihat roda belakang slide sementara setang depan agak miring dari racing line, persis seperti membalap dirt bike (roda depan agak miring utk menyeimbangkan gerakan roda belakang). Gaya RWS TC Robotik tdk memerlukan kontrol gas yg terlalu baik, lebih kepada kenekatan dan keahlian mengeserkan roda belakang. Tapi Stoner tidak bisa memakainya sepanjang lap, karena akan menghabiskan ban dan BBM, selain itu kalau kurang konsentrasi juga berbahaya. Lihatlah gaya2 RWS pembalap jaman dahulu, termasuk Rossi saat di Honda… Setiap melakukan RWS pasti roda akan berasap karena harus digeserkan ke Aspal dgn sangat keras… kalau dgn TC Robotik, tdk akan ada asap karena gesekan dibatasi oleh TC Robotik.

Jika melihat gaya balap TiTo Rossi yg asli, maka akan melihat rossi melibas racing line tikungan dgn roda depan & belakang yg mengikuti racing line tersebut. Lihatlah duel Rossi vs Jolor di Catalunya 2009 atau Motegi 2010… dua2nya menggunakan TiTo yg sangat sempurna. Dua2nya adalah ahli merunut tarikan gas yg sempurna (walaupun Jolor blm terbukti bisa pakai TiTo dgn M-1 minim TC). Dan sampai detik ini, hanya Rossi dan Jolor yg bisa TiTo…. dan itulah kenapa catatan waktu test rossi dan Jolor sangat stabil… karena sudah pasti motor dlm kondisi seimbang… tidak mungkin sekali seimbang selanjutnya Tidak! Sekali ber-TiTo pasti bisa berkali2 ber-Tito… hanya kecepatan nekat yg membatasi.

Bagaimana Itu Super TiTo?

Intinya tetap gaya TiTo, yaitu tetap permainan setang alias setang tetap berada di posisi lurus (tidak bengkok ala dirt bike), hanya seperti gaya TiTo yg terpeleset roda belakangnya. Jadi kejadian roda belakang ngesot bukan murni ngesot ala stoner, tapi lebih kepada TiTo yg terpeleset. Jika Stoner RWS 100% maka Super TiTo hanya 80% RWS saja.

Jika dahulu saat melakukan TiTo, Rossi takut terpeleset karena akan melebar atau ndlosor keseret (jatuh low sides), maka dgn Super TiTo, saking kencengnya motor ber-TiTo, Roda belakang akan sedikit terpeleset.

Intinya : Rossi akan melakukan TiTo dgn kencang sampai ban belakang seperti sliding2 ala RWS.

Kenapa Harus Pakai Super TiTo?

Pertama2 adalah karena Stoner jago RWS dan Jolor jago TiTo. Tapi yg akan dihadapi Rossi bukan Stoner, tapi Jolor !!

Tapi anggaplah stoner yg dihadapi… RWS Stoner tdk akan sanggup menghadapi TiTo Rossi terus menerus, dan kalaupun stoner melarikan diri dari lap2 awal, rossi bisa mengamuk dengan Super TiTo yg juga sladang sliding saking kencengnya melibas tikungan… jika stoner melakukan RWS dgn sangat disengaja utk melibas tikungan (teknik utama stoner utk ngabur), dan hanya bisa dilakukan maksimal 5 laps, karena mengerus ban dan memotong tenaga (boros BBM), maka Super TiTo bisa dilakukan sepanjang laps (sekuat konsentrasi Rossi) tanpa ketakutan kehabisan ban dan BBM (BBM terbantu iritnya Desmosedici).

RWS –> Mengeserkan ban dgn sengaja utk merubah arah, krn stang sampai ban depan miring, & baru diluruskan setelah berubah arah.

Super TiTo –> Ban terlihat mengeser tapi seakan2 tidak dipaksa (alias terpeleset), yg terjadi akibat kelebihan tenaga yg tidak direm (dihentikan) secara penuh, sehingga tdk akan menghabiskan ban. (sementara RWS “Nyaris” dihentikan utk merubah arah)

Super TiTo ini akan dipakai rossi utk menghadapi jolor yg sangat stabil catatan waktunya. Yamaha diluar dugaan berhasil membuat motor yg seimbang tanpa JB Rossi, mungkin hasil gabungan sasis M1-2005 dan Settingan Pneumatic ala JB Rossi. Diakui Nyontek atau tidak… jelas di 1000cc Yamaha jauh lebih sukses membuat motor daripada Honda. Dan hanya tanda tanya masalah BBM saja yg butuh jawaban di seri2 awal….

Jika kelak rossi akan berhadapan dgn Jolor, maka akan terjadi betot2an gas (walau terukur khas TiTo – tdk bisa asal2an), maka siapa membetot gas paling puoolll dialah yg menang… dan jika TiTo dilakukan dengan sangat kencang maka akan menimbulkan terpeleset. Nah efek terpelesetnya inilah yg “akan” dikendalikan oleh Rossi… maksudnya jika saking kencangnya ber TiTo, Rossi sudah siap utk mengendalikan keterpelesetan dgn slide slide ala RWS.

Kok Rossi Bisa RWS?

Walau tdk sehebat RWS TC Robotik ala Stoner, tapi rossi sudah pernah jadi Runner-up 500cc 2000 diatas NSR 2 tak Screamer Doohan, yg tentu saja butuh kemampuan RWS utk menaklukkannya… dan 1/2 tahun pertama 2001, rossi masih harus pakai RWS sebelum murni menggunakan gaya balap MiMo di 1/2 musim terakhir 2001, dan jadilah Jurdu GP500. Saat memakai RCV211 V-5 yg kencang… Rossi juga sangat sering menggunakan RWS sampai membakar ban (mengeluarkan asap) utk mendapatkan tepuk tangan penonton. Dan memang sejak era 2007, seakan2 gaya RWS Rossi menghilang…. mungkin karena power motor kurang & rossi kelebihan berat / tinggi badan.

Tapi gaya tersebut akan terlihat kembali di tahun 2012 dgn Slides ala Super TiTo. Latihan2 Rossi yg pakai motor Cross / dirt bike tanpa rem depan dilakukan sangat intensif akhir2 ini-lah yg mengindikasikan Rossi akan melahirkan gaya baru di motoGP.

Hebat Mana RWS Rossi dg Stoner?

Jika sama2 minim TC, RWS stoner tidak menghasilkan juara apa2 (2001-2006), tapi begitu era TC Robotik 800cc, RWS stoner-lah yg paling sempurna. Seperti saya bilang, Super Tito hanya pakai RWS ala Stoner kira2 80% nya saja. Jadi kalau dilihat miringnya pasti lebih miring Stoner… tapi kalau dilihat indahnya saat melibas satu laps penuh… RWS super TiTo terlihat jauh lebih indah… seperti tarian sladang sliding dgn roda depan tetap jadi guiden racing lines.

Bisakah Stoner Pakai TiTo?

Tdk akan pernah bisa!! Walau memakai motor paling seimbang-pun, hanya gaya RWS stoner yg bisa membuatnya ngacir, bukan TiTo.

Dan dgn motor seimbang, Stoner bisa lebih mudah ber- RWS saat ngacir. Tapi kali ini PR Chatter bin getar plus BBM irit masih jauh dari kata terselesaikan oleh Honda.

Bisakah Jolor pakai RWS?

Tdk akan bisa sehebat Stoner, karena Jolor terbiasa merunut gas ala gaya TiTo. Kelas 250cc pun ditaklukkan bukan dgn RWS tapi High Speed Cornering ala gaya Eropa, yg cikal bakal TiTo. hanya 500cc 2 tak yg mengharuskan punya gaya RWS… satu2nya NSR500cc yg enak diajak High Speed Cornering adl buatan JB Rossi (2001). Jadi seumur2 Jolor tdk pernah menyentuh teknik RWS di balapan, kecualis saat latihan motor Cross.

Siapkah GP12 Phoenix diajak ber-Super TiTo?

Test sepang I Rossi sudah mengeluarkan jurus TiTo-nya yg sedikit2 seperti sliding… artinya kemampuan akan kesetimbangan GP12 Phoenix sudah lebih dari cukup… kurang akselerasi… kalau akselerasi didapat, jadilah GP Phoenix motor super kencang yg pintar belok. Jadi… jangan heran kalau nanti sejak seri2 awal rossi terlihat melakukan tarian sladang sliding dgn indah, dgn front end tetap lurus melibas racing lines.

Kelamaan Dikungkung di terali besi… Singa Rossi ternyata mengasah kuku supernya ke besi penjara. Siap2 berperang menghadapi Singa2 Muda memperebutkan daerah kekuasaan!!

Berikut kumpulan video TiTo & RWS

Rossi Latihan dirt bike kagak pake rem depan :

Garry McCoy RWS :

Stoner melibas tikungan dgn roda depan tidak lurus (gaya dirt bike) :

Stoner RWS (memaksa ngesot utk bisa belok) :

Rossi RWS dgn RCV211 990cc :

Tarian dua dewa TiTo (Rossi Vs Jolor Catalunya) :

Mari… menyambut gaya Balap tertinggi yg pernah Ada !!

Diciptakan untuk Memaksimalkan GP12 Phoenix

Posted on 13 February 2012, in JAMU SRONDOL. Bookmark the permalink. 66 Comments.

  1. Pertamaxx om srondol….mantabs ulasannya!!! dengan skill rossi yang lebih lengkap dibandingkan para pesaingnya, juga di topang mental juara sejati, plus GP Phoenix, ane yakin 2012 kans podium demi podium terbuka lebar. Jurdun 2012 siap dalam genggaman…Bravo Rossi!!!!!

  2. TONGGHOST RIDER

    duel berdua lebih enak diliat daripada sendirian didepan walopun menang…ck ck ck ck
    sayang motegi 2010nya ga ikutan dimasukin

  3. 2011 RWS Stoner mengalahkan TiTo’a Jolor. T’bukti RWS stoner lbh ampuh.

  4. Sprt’a blog ini jd tempat belajar fbr, soale koment2 fbr d blog sebelah sama plek dg artikel2 yg d tulis dimari.

    • belajar mah penting tong. kalo kaga pernah belajar , yaa ntar kaya ente jadi tukang batu.. kaya komen ente kaga plek aje dengan blog sebelah? komen ente juga sama, diulang-ulang itu melulu. kalo FBR mah pinter2, kenapa? krn FBR yaa belajar itu tadi. jangan kebanyakan maen ya tong, ikutin FBR yg rajin belajar. ntar kaga lulus jadi FBS, nilai raport merah. kan malu?! he.he.he..

    • sayangnya ga ada pensnya sitonggos yang pinter yah..standarnya ya kayak gini aja..

  5. Tarik rooss….

  6. Yoi,jadi para fbr gak asal koment alay bin ngawur alias asbun.Tapi berdasarkan fakta.Gak kek FBH,FBS dan FBY.bisanya cuap2 doank.
    Yah,maklum lah fans karbitan

  7. Okelah, tp fbr jg harus siap kecewa, krn master stoner akan menjungkalkan analisa kalian.

  8. Sebagai fans Newbie ane gak sabar pengen liat aksi-aksi Rossi.
    Min, saran aje nih kalo bisa kumpulin semua video aksi Rossi dari awal karir sampe sekarang.
    Biar fans newbie kaya ane tau betapa serunya motogp era kajayaan The Doctor.

  9. selain FBR dilarang baca & komen di blog ini …bikin blog sendiri sana loh

  10. Ducatrok +Rossimin bisa podium 3 aja udah untung….

    Yang nulis artikel terlalu LEBAY fans Katrok….
    Ducatrok+Rossimin bakalan jadi bulan bulanan RC21-3V nya Stoner#1….

    • Tapi menurut gw opini yang disampaikan berdasarkan analisa dari berita/info yang ada dan nyata tidak ada salahnya, sah-sah saja …

      Dilihat dari tema blog ini adalah wadah bagi para FBR guna memelihara “API NGEPET” membela Rossi… So.. Why not?

      Opini tanpa dasar justru yang menyesatkan …

    • busyet, tong kadal!! ati2 kalo komen. emang ini artikel 1000% LEBAY, tapi pake fakta dan otak. kaga kaya elu yg bisanya cuma ngomong katrok. makanya jangan maen kadal mulu, ntar BURIK pantatlu. stoner jadi jurdun tapi sepi publikasi. rossi kalah, tetep aje media ngeliput dia. makanya FBH, FBS pada dongkol, sirik gitu. ini blognya FBR tong. masa’ ngomongin Sotoyner di marih? kesian ya lia FBH/FBS. sedih…dan prihatin aja gitu…he.he.he…

  11. pengen liat lagi tuch aksi kayak video terkhir tuch, seru bgt, telak ditikungan terakhir di hajar ama rossi

    mudah2an th ini bisa kyk gitu lagi, jd nontonnya seru..palagi klo digabung FB semua pasti lebih seru

    PIss

  12. Ane berharap tahun ini menjadi tahun duel…

  13. penggemar motogp

    ulasan nya fair

  14. Mungkin ada yg kontra dgn smua artikel di blog. Tp alangkah bijaknya bila yg k0ntra kasih link/ analisa lain buat mendukung bila blog ini dirasa salah, toh semua jga sama2 belajar dan yg penting jgn asal bacot bila gk setuju ama blog ini.

  15. theking of speed

    Sekalian dong tampilin ulasan lebayy para fans newbie di musim lalu. tiap race kan ada pertunjukkan ke-lebayyy-an kalian tuh. nah, biar FBS bisa liat hasil ulasan dibanding realitanya yang ternyata sangat berbanding terbalik๐Ÿ™‚

    • Ente ada ulasan tentang st0ner/h0nda apa gak ??

    • Kembali saya coba jelaskan dan ingatkan …

      Tujuan blog ini adalah untuk memelihara “API NGEPET” para pendukung Rossi agar tetap semangat …

      Bukan sekedar menghibur diri, tapi apa yang disampaikan selalu berdasarkan analisa yang mengacu kepada kondisi/fakta/informasi yang ada …

      Mau ulasannya tepat kek, meleset kek, bukan urusan anda …
      Yang pasti “API NGEPET” dalam mendukung dan membela Ducati JB-Rossi tetap berkibar..!!!

      Any questions?

      • Bener kak bro…baca2 blog ini ato yang pake blogspot bikin tambah semangat.
        Toh kita disini sama sekali tidak mencela pebalap laen terlebih fans-nya.
        Mbah srondol dkk emang marjuki (marai maju pikiran >> jawa mode : on )๐Ÿ˜€

  16. Berharap ulasan diatas akan benar2 terwujud, pengen liat Rossi berjaya lagi, juga angen ama aksi selebrasi yg udah lama ilang…

    Namun, gak mau jumawa dulu ah… Test baru sekali, kekuatan lawan pun masih tanda tanya… Race pertama 8 april mendatang barulah peta persaingan akan terlihat!!!

    Go The Doctor!!!

  17. rossi ngibrit gw seneng…
    Rossi saling overtake sm lawan gw salut geleng2 kepala…
    Rossi menang gw jingkrak2…
    Rossi kalah gw masih seneng…
    Rossi jatoh ndlosor aja gw demen…
    Kenapa?
    Krn dia melakukan semuanya dgn style… Dan gw ngefans sm dia..
    TRUS LO MAU NGOMONG APA? HAH..!
    Oia nick TUK4N9||B4TU ini jg rangkap tukang nyampah loh.. Di motogpracer udah sebantar gebang sampahnya..

  18. SALAM FANS DUCATI JB-ROSSI

    Ada beberapa fans Ducati JB Rossi yang mengusulkan untuk men-delete komentar-komentar para hater Rossi. Menurut hemat kami, hal tersebut tidak perlu dilakukan (untuk saat ini) mengingat kita sebagai Fans Ducati JB-Rossi selalu berjiwa besar dalam menerima cacian dan hinaan yang selalu mendera.

    Justru bagi kami, cacian dan hinaan tersebut malah menambah kecintaan kami kepada The Doctor Valentino Rossi..!!! Semakin dihina semakin dicinta, semakin dicaci semakin melekat di hati, anjing menggongong kafilah tetap berlalu.

    GO..GO..GO.. DUCATI JB-ROSSI…!!!

    • PREEEEEETTTTTTTT. ………!!!!!
      Mimpimu melebihi kemampuan idolamu…..!!!!

    • anda masuk n promo di blog yg netral,pengen tau ky gimana sh blognya para FBR,ternyata cuma mimpi masa lalu…..silahkan ente hapus koment para FBH,FBS,FBY jadikan blog ini sebagai sarang orang2 pengecut…

      • Ducati JB-Rossi

        “anda masuk n promo di blog yg netral” – maksudnya apa? siapa yang bilang ini blog netral? dari judulnya saja semestinya anda sudah bisa menyimpulkan bahwa ini adalah blog milik FBR.

        “silahkan ente hapus koment para FBH,FBS,FBY” – kami tidak “meminta” para FBH FBS FBY untuk berkomentar di blog ini dan kamipun tidak melarang! silahkan saja berkomentar. Maaf, keinginan anda agar komentar FBH FBS FBY dihapus tidak dapat kami kabulkan, karena anda hanya mewakili diri anda sendiri.

        Jika para FBR ada yang berkomentar pedas menjelek-jelekan rider idola anda di blog ini semestinya anda legowo, lha wong di rumahnya sendiri kok!

        Peace …

      • theking of speed

        bro ducati, yg dimaksud si mike, ada nickname bernama bared, dia itu promosi di blog motogpracer. nyuruh pembaca, termasuk FBS, melihat blog ini biar bisa belajar. Nah, begitu FBS liat kayak begini, terus kasih komen, kenapa ada usulan suruh ngapus??? Lah, yg nyuruh liat blog ini kan si bared fbr. Kenapa kita FBS komen terus disalahin. Begitu lho….๐Ÿ™‚

      • Ducati JB-Rossi

        Maaf jika saya salah menafsirkan.

        Tapi berhubung saudara M1KE me-reply komentar saya, bukan komentar saudara bared, saya rasa tidak salah jika saya mempertanyakan hal tersebut.

      • Kalo komen lu gw hapus, ntar FBR ga ada bukti ketololan komen para FBH, FBS pas Rossi jadi jurdun 2012. jadi biarin aje FBH, FBS, FBY, pada bebas berkomen. lu lu orang pada sumpah serapah aje gw malah tetep asoy..
        kalo gw hapus juga, kan ntar kaga bakal nangkring tuh nama-nama lu orang, secara lu kan pengen publikasi. gw sih baik, no problem bro komen lu kaya sampah juga. kalo udh tau blog ini kaga netral, ngapain lu komen juga. lha yg goblog itu kan lu para FBH/FBS!!

  19. tidak perlukan seorang Adrian Newey di motogp … kenapa ya sejauh ini semua motor2 motogp tidak ada yg memanfaatkan angin layaknya Adrian Newey di F1. Padahal klo bener2 dimanfatkan efeknya bisa luar biasa …
    – menikung dengan tanpa khawatir ndlosor (angin dimanfaatkan sebagai garis lurus menahan beban motor yg rebah miring , dg tetap dalam kecepatan tinggi)
    – trek lurus makin kenceng (beban motor bisa diangkat angin – angin bisa membantu merekatkan ban ke aspal)
    tapi harus berkorban dg body motor agak gede, karena memerlukan lubang2 udara dalam fairing.

    Maaf ini sekedar fantasi ane sebagai Sarjana Teknik Aerodinamika

    • Adrian newey di motoGP yaitu Engkong JB dan Preziosi Bro….
      walau saya tdk ngarti masalah beginian…. sepertinya hanya ducati Phoenix yg memakai lubang2 angin berbeda antara kanan dan kirinya…
      mungkin karena ada gearbox sebelah kiri dan knalpot sebelah kanan, jadi butuh keseimbangan yg berbeda… mungin bro desmo bisa bikin analisa lebay ala Oom Bared ama Agan Bontot46… dari sisi kenapa beda fairing dikanan dan dikiri?

      terima kasih sebelumnya Boss…

      • Tenang bro midas46, dulu di motor monokok karbon, Ducati memiliki sistem pendinginan airbox… Saat ini airbox dimodifikasi dan disembunyikan di bawah tangki… Dan keluaran hawa bisa dilihat di fairing yang memanjang di sebelah kanan dan 3 baris di kiri. Boleh saja orang bilang kok fairing/kedok Ducati asimetris/tidak seimbang (lobang kanan kiri berbeda)… Apa jangan-jangan mesin Ducati mirip Vespa (kanan kiri tidak seimbang) walaupun tidak sampai se-ektrem Vespa. Jadi saat diputar menjadi V90, letak knalpot juga tidak simetris antara kanan dan kiri… Apapun itu sudah pasti sistem pendinginan di sebelah kanan dan kiri Phoenix
        sedikit berbeda… Dan jangan khawatir… Karena sudah pasti telah dicoba di terowongan angin Borgo Panigale… Apa buktinya? Fairing seperti itu telah memberikan efek keseimbangan GP12 yang disukai Rossi!!!

  20. permisi saya pengen berak.tolong gantian dong dah kebelet nh…

    • Lu katanya minta dihapus komennya? kok masih demen ngendon di blog ini? brarti lu betah main disini. berarti juga lu gw anggap FBR. Gw admin di sini.

  21. Ducati JB-Rossi

    Bad comments, good comments, it is good for us, improve our blog rating ..
    Bwahahahaha …

  22. theking of speed

    saya pribadi tidak pernah berniat menjadi rossi hater. dari dulu saya respek walaupun tidak pernah mengidolakannya. dulu, saya lebih tertarik dengan biaggi, sete, atau criviile. masalahnya sekarang, para fbr ini tidak pernah mau mengakui bahwa kekuatan muda juga bisa melibas para seniornya. yang muncul hanya kata2, si jolor sombong dan tukang plagiat, stoner cuma beruntung, pake TC, serta tukang marah2, dan kebetulan mereka adalah para jurdun yg mampu ngalahin rossi.
    akan tetapi, stigma negatif tidak pernah terucap dari fbr buat pembalap yg belum berhasil jurdun di era rossi. apakah ini berarti tidak boleh ada yg jurdun selain rossi??? kenapa harus membenci pembalap muda bertalenta yg kebetulan selalu di-psywar oleh rossi???
    ingat bro, yang marah2 dengan rossi bukan hanya CS27. Sete dan BIaggi pun pernah. dan saya yakin itu cuma di sirkuit saja. Buktinya sekarang, rossi mengakui bahwa jolor dan CS27 membalap lebih baik dari rossi. Buat saya, pernyataan rossi ini sangat positif, meskipun fbr menganggapnya sebagai psywar (bukan malah mengikuti sang idola, yakni turut mengakui).

    • Meski mengakui apa harus jadi idolanya??
      Oh no !!! Kami fbr hanya punya idola yg berkarakter kuat. Meski lawan emang kuat atau karna rossi udah tua juga brarti kami mau pindah ke idola lain?? Apa karna lawan yg kuat kami harus jadi fbr?? Yg pasti kami punya pembelaan trhadap rider idola kami

    • Ducati JB-Rossi

      Setiap fans memang punya karakter yang berbeda-beda. Ada yang menggebu-gebu, ada yang cool, seperti anda, hehehehe..

      Pada prinsipnya, saya pribadi (saya yakin termasuk bro Srondol) termasuk FBR yang lain mengakui bahwa pembalap-pembalap muda sekarang sangat-sangat cepat! Hanya mungkin para FBR termasuk saya melihat ada suatu “kekurangan” yang “mengganjal” yang mengakibatkan beberapa FBR maniac tidak bisa menahan diri untuk memberikan komentar pedas.

      Tapi itu semua sah-sah saja menurut saya, selama kebebasan berekspresi belum dikekang di negeri ini. Mudah-mudahan tahun ini dan tahun-tahun mendatang MotoGP mempersembahkan tontonan yang menarik bagi para pecinta olahraga otomotif terutama balap motor.

      You are welcome in this blog bro…

    • kami mengikuti kang Oci tong… inget tahun 2008 sebelum laguna seca? ternyata ucapan rossi utk menghentikan stoner, yg bilang harus start 30 detik didepannya atau pakai nembakin peluru… kalau dipikir2 itu bentuk pujian yg luar biasa lho….

      eh kenyataannya… seperti ngumpan bola volley…. lambung keatas langsung di smash!! itulah kebiasaan psywar rossi… emeng kebiasaan muntah2 en cuti balap boss??

  23. @ban_cor,
    TUK4N9||B4TU g k’mana2, tp ada d’mana. Ambil hikmah’a z…!

    Note: g k’mana2 maksute te2p Stoner#27 he he he…

  24. ulasan yg sangat joss(cukup benar sesuai yg saya perhatikan),walau saya sbg fan rossi,saya adalah fans yg realistis,memang stau saya rossi hanya butuh motor yg seimbang,kurang kencang dikit ga pa2,ntar klo dah seimbang kan bisa di naikin performa mesinya,(sesuai yg saya baca di otobiogrf rossi waktu ngembangin m1),dan sekarang rossi dah mendapatkan gp12 yg di buat sangat mirip motor2 jepang dg rangka alumunium twin spar,tidak seperti gp11 yg monkok/mesin juga sebagai rangka,shg masalah frontend dah ilang,(stabil),rossi bia tito lagi,pertanyaan saya apakah mungkin klo kendala ducati gp12 saat ini cuma masalah kurang akselerasi aja,jdi klo itu terselesaikan rossi bisa ,mengangkangi semua pembalap lain?yg kedua apakah masalah yg ditakutkan stoner masalah bbm boros itu cuma terjadi di stoner(akibat gaya balapnya),/memang itu masalah honda(honda tidak bisa membuat motor irit?,setau sya honda tetap lebih unggul dalam hal teknologi,hnd dah bisa bikin injeksi sejak 1982 honda cx 500turbo dan sejak gp 500 th 93 honda dah pake sistem injeksi di motor mereka?),dan apakah itu tidak menghinggapi yamaha?(yamaha kan juga pake pnumatis klep,n setau saya secara teknologi yamaha lebih tertinggal,setauku pas taun 2003 yamaha baru pake sist injeksi,pas 2002 masih m1 karburator,n setauku rossi pas awal2 di yamaha juga pernah kehabisan bahan bakar memang sih setelah race dia ke podium naik skuter,walau menurutku itu wajar akibat m1 yg lemot di paksa rossi yg kencang).apakah benar sistem desmodromic klep pada ducati bisa lebih irit bahan bakar?(memang setau saya dengan sist desmodromic tidak akan ada masalah floating/klep telat menutup,akibat keterbatasan daya balik dr pembalik klep,karena klep mau ga mau dipaksa membuka menutup sesuai tarikan rocker arm yg langsung ke klep,memang susunanya lebih rumit),ok intinya semoga ukasan di atas bisa terbukti di balap yg sesungguhnya,amien,memang biar bgmnapun juga rossi masih pembalap yg terbaik,so pantas juga ia mendapat yg terbaik dari ducati,semoga taun ini dia bisa jurdun lagi,walu ga mendominasi ga pa2,(pertaruhan terbesar ducati n rossi menurutku).trimakasih.

  25. SAYA FBS = Fans Sebastian vettel,,,, n Sebastian loeb
    Saya FBR = Fans Radja Nainggolan

    ini ramalan saya tahun 2012, jangan pada protes
    – WRC : still Sebastian loeb
    – F1 : Sebastian vettel
    – euro 2012 : Germany
    – ISL : Persipura
    – EPL : Man.City, BBVA : Madrid, Seri A : Milan, Bundesliga : Muenchen
    – MOTO GP ; VALENTINO ROSSI with 15 1st podium.

    c u on 2013, terbukti kaga nih ramalan

  26. @agus gunawan: p’tanyaan bagus, smoga jwbn’a memuaskan.

  27. admin ayo bikin post yg lebay2 lagi …. update terus …. biar para FBS kepanasan …

  28. dunia mimpi ……………….

  29. kebanyakan analisa kebanyakan andai2…
    kalo udah lelet mah lelet aja….

    mau tito mau rws mau supertito, yg penting naik duc rossi jeblok…

  30. mayoritas hal2 hebat yang terjadi di dunia diawali dari mimpi…..mimpi+doa+kerja keras n pantang menyerah = sukses…GO VR|46

  31. Biar lebay tp ada faktanya..inilah yg d sukai fans46.bagi yg ga suka ngapain komen d blog ini.sana tuh bkin blog stoner sendiri.gt aja repot…salam bt fans rossi..

  32. Appreciate it for all your efforts that you have put in this. Very interesting info. “Wish not so much to live long as to live well.” by Benjamin Franklin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: