Masao Furusawa : “Rossi Adalah Seorang Jenius!”


Original post by : Bontot46

Siapa Masao Furusawa? Dia adalah seorang yang berjasa buat Yamaha. Bagi Rossi, Furasawa adalah orang nomor 1 yang berjasa membuat M-1 menjadi seperti sekarang. Berikut cuplikan interview Crash.net dengan Furasawa :

Q : Mr Furusawa, senang bertemu anda disini. Apakah Anda sudah memutuskan masa depan Anda?

Masao Furusawa : Saya masih ada waktu satu bulan setengah sebelum pensiun. Beberapa tahun terakhir ini kami telah banyak diskusi, salah satunya apakah saya berhenti? Dalam beberapa bulan lalu presiden Yamaha Motors meminta saya untuk memperpanjang pekerjaan saya. Dan aku berkata ‘tidak’.

Saya merasa sudah terlalu lama saya di MotoGP, karena saya benar-benar tidak mengharapkan untuk tetap berada di sini dalam waktu lama ketika saya pertama kali mulai di tahun 2003. Pada waktu itu Yamaha menderita, kami tidak memenangkan kejuaraan selama sepuluh tahun, kemudian saya ditugaskan untuk mengubah semuanya.

Q : Melihat sejarah M-1. Aku ingat versi pertama Karburator …

Masao Furusawa : Oh ya 2002, tahun 2003 saya menyarankan untuk mengganti dari karburator ke sistem injeksi dan crankshaft chain-driven.

Aku selalu mendekati masalah sebagai semacam orang luar, konsultan, mencari dan merekomendasikan ini, ini dan ini. Sungguh kejutan besar bagi saya ketika aku ditugaskan ke MotoGP pada tahun 2003. ‘Wow! Ini semua tanggung jawab saya‘. Dan tahun 2003 (hanya satu podium) sangat mengerikan, 2003 adalah neraka!

Saya pikir saat itu banyak hal yang salah, tapi aku baru mula terjun dunia balap, jadi itu hanya gagasan saya sendiri dari logika, analisis pemikiran dan pengalaman. Realitas ini belum tentu sama. Jadi beberapa orang skeptis terhadap saya, dan melihat saya dan berpikir ‘kita memahami apa yang Anda katakan, tetapi kenyataannya berbeda’.

Sangat sulit untuk meyakinkan orang-orang untuk pergi ke arah yang sama. Saya datang dengan ide yang cukup bagus “crossplane crankshaft” – (memanfaatkan teknologi big-bang). Begitu saya bergabung tahun 2003 saya memulai desain. Setengah tahun kemudian prototipe pertama sudah bisa ditest di arena balap dekat markas Yamaha.

Hal pertama test rider katakan adalah “motor ini terasa lambat”. Kemudian semua orang menatapku dan berpikir ‘Hmmm… Anda adalah orang yang memikirkan hal ini…‘ kemudian dia berkata “Tapi lap time begitu cepat, ini terasa lambat karena sangat, sangat halus dan stabil“.

Natal tahun 2003, Valentino Rossi datang ke Yamaha dan melaju untuk pertama kalinya di sini (di Sepang) pada bulan Januari 2004. Dia benar-benar jenius. Dia mencoba M-1 dengan crossplane hanya lima atau enam lap, dan kemudian kembali dan berkata “motor ini adalah yang terbaik”. Meskipun lambat, karena powernya tidak begitu besar.

Kemudian aku mencoba beberapa kombinasi untuk dia sistem Four-valve, five-valve, crossplane, single plane. Dan Rossi memilih crossplane crankshaft dengan four-valve sistem. Semua orang di Yamaha saat itu sangat ketakutan, karena Yamaha selama ini sukses dengan five valve. Akan tetapi saat itu saya berpikir kita harus merubah semuanya dan Rossi saat itu memilih Crossplane + four valve berarti desain mesin yang benar benar baru, karena itu power tidak besar.

Q : Apakah itu pelajaran yang Anda ingin orang-orang di Yamaha untuk mengingat, bahwa sesuatu yang mungkin tidak selalu menghasilkan angka terbaik pada simulasi desain, tetapi hal yang paling penting untuk diingat adalah hubungan manusia dengan mesin?

Masao Furusawa : Benar. Dan Anda harus ingat bahwa Valentino seperti seorang Raja. Kami semua berkerumun di sekitar dia ketika dia datang setelah mengendarai M-1 untuk mendengarkan apa yang dia katakan – Apakah dia akan memberikan ‘Jempol keatas’ atau ‘jempol ke bawah’ untuk ide-ide kita?

Jadi saya benar-benar berhutang banyak terima kasih kepada Valentino untuk membuat pilihan yang jelas dan benar. Saya telah menunjukkan beberapa hasil dan bukti dengan prototipe, tapi mungkin hanya 50 persen orang berpikir ‘ok saya akan mengikuti Anda’, 50 persen lain masih berpikir ‘tidak’.

Tapi setelah Valentino berkata ‘ya’, semua orang tahu itu adalah hal yang benar dan kami bisa mendapatkan banyak kekuatan dari orang-orang semua bekerja sebagai sebuah tim. Itulah salah satu alasan mengapa kita memiliki hasil yang baik seperti itu. Mungkin jika Valentino tidak datang ke Yamaha, aku akan (Menunjukan tangan ke lehernya seperti dipenggal).

Yang menarik Furasawa juga membandingkan Lorenzo dan Rossi , dia bercerita :

“Ada perbedaan usia yang besar antara Valentino (31) dan Jorge (23). Jorge masih muda dan ‘anak penasaran’. Dia masih tumbuh. Sejauh ini dia hampir tidak ada pengetahuan untuk mengembangkan motor, jujur, tapi aku masih ingin melihat dia untuk beberapa tahun mendatang. Dia banyak berubah.

Tahun pertama ia datang ke Yamaha (2008) dia jatuh begitu sering dan ia ingin mengubah motornya. Jadi saya berbicara dengan dia dan berkata, “Anda harus beradaptasi gaya Anda dengan motor!” Saya mengatakan hal yang persis sama dengan Valentino, dan Valentino mengubah gaya berkendara hanya dalam 10 detik. Jorge masih baru sehingga ia membutuhkan waktu lebih lama. Dan, berkat Valentino lagi, dia dan saya mengembangkan M-1 dan semua yang kita butuhkan dari sekarang hanya sedikit set-up dan modifikasi”

NAHHH… FURUSAWA AJA NGAKUIN BAHWA ROSSI ADALAH THE KING. KEMAMPUAN DAN KEPEKAAN ROSSI DALAM HAL MEMBERI INPUT SELAMA PROSES PENGEMBANGAN MOTOR TAK TERLUPAKAN OLEH FURUSAWA, MAKANYA DIA MERASA BERHUTANG KEPADA VR46.

2011 KOK JEBLOK? LHA ITU KAN GARA-GARA INPUT RIDER DUCATI SEBELOM ROSSI YG AKHIRNYA BIKIN GP11 ANCUR LEBUR. SEKARANG GP PHOENIX UDAH LAHIR DENGAN SENTUHAN JB-ROSSI… KEMENANGAN UDAH TERPAMPANG DI DEPAN MATA.

ANY QUESTION ???

Posted on 12 February 2012, in API NGEPET. Bookmark the permalink. 35 Comments.

  1. Pantes julukannya ”THE DOCTOR” saat ini dgn smgat berjuang membenahi pasien ”DUCATI” yang kena kanker stadium akut meski dihujat dan dicaci dia tetep bahwa ”DUCATI” memang perlu perawatan dan pengobatan. Gak kayak rider sebelah yg begitu pasien ”DUCATI” lemah terkapar malah kabur dan istilahnya kabur dalam peperangan. Itukah yg disebut lelaki bertanggung jawab??

    • Wajar furusawa blg gitu, org kata dia 10 taun yamaha g juara, begitu rossi dtg yamaha lgsg juara. Ibarat’a rossi tu ‘dewa penyelamat’ yamaha. Ditmbh yg nulis jg fans berat rossi, kata stoner any question…?!

      • Berarti inti blog ini bener kan
        ROSSI = JENIUS

        STONER = ???

        ada keluhan ???

      • kalo ane FBR nape bro? pasti FBR lah ane. tanya kenapa? (ikut gaya jamalmacho). Rossi penyelemat yamaha, ntar juga penyelamat ducati. he.he.he..

      • STONER TONGOS IDIOT

        Hey anjing TUK4N9||B4TU.
        Km jangan comment disini.Minggat sana!!!
        Ow..sy baru inget.ternyata FBR g punya blog ato perkumpulan y..
        maklum,para FBR org2 idiot yg g bisa menganalisa kemampuan jagoannya.

        Sudah, sana minggat!!semoga idolamu jg cepet minggat dari motoGP.Karena stonggos Goblok bloon idiot membuat motoGP jadi membosankan

  2. ariexp, lu org satu tp nama’a mcm2 kek teroriz z. Stoner lbh jenius, krn bs menyesuaikan gaya balap’a dg tunggangan’a, skill stoner itu alami. Itulah sdkt kelebihan stoner dbanding rossi.

    • Rossi d honda g dianggap, krn sblm rossi dtg honda dh jadi motor juara, rossi hny meneruskan tradisi juara honda.

      • ente paham ga kalo DOCTOR itu S3? di motogp yang punya S3 ya Rossi The Doctor. Stoner mah baru D3 dah….
        aje gile, lha yg ngembangin RC211V buat season 2002 siape bro? Rossi dan Burgess. dari mane ente blg cuma nerusin tradisi juara honda? makanya kalo mo nambah wawasan, liat juga film faster motogp. kalo mo donlot neh ane kasih linknya :http://forum.detik.com/fansnewbie-ducati-jb-rossi-t257688p410.html.

      • dasar sempak bacod aje lu,tukang batu aje belagu. klo gak tau sejarah motogp jangan coment naaapa?? batu lu tu urus…, ntar gak ada yang beli lagi…tukang batu sehh otaknya y kaya batu..bacod asal ceplos aje

    • lha ente aje ngakuin “Itulah sdkt kelebihan stoner dbanding rossi”. cuma sedikit bro, lebih banyak kelebihan rossi daripada stoner. kalo kekurangan stoner sih banyak banget… masa’ indikator jenius pembalap cuma gaya balap doang? kalo stoner jadi konsultan honda utk motor massal, siap-siap aje konsumen pada ndlosor kaya melandri, hayden, capirosi, dll di jalan raya. he.he.he.he…..

    • STONER TONGOS IDIOT

      Y tp jangan lupa,KELEBIHAN GIGINYA itu lho bikin g tahan..
      bikin tampang stonngos tambah keliatan idiot sama seperti anda!!!

  3. @TUKAN9 BATU, STONER PUNYA BAKAT ALAMI DAN HASIL YG D DAPATNYA SLMA 6THN DI MOTOGP PUN ALAMI, ALAMI KEKALAHAN JIKA MOTORNYA G BISA D KEMBNGKAN LG, ALAMI KETERPURUKAN KRN SPONSOR G MAU MODALIN PENGEMBNGAN, ALAMI KBUR KE HONDA UNTK BISA JAWARA LG STLH TIGA TAHUN ALAMI KEKALAHAN, ALAMI27XT…,

  4. TUKAN9 BATU, DL ADA UNGKAPAN “JIKA INGIN MENANG PAKAI HONDA” MAKANYA VALE PINDAH KE YMAHA, TP APAKAH 2004, 2005 HONDA BISA MENANG? Pdahal motor juara! Kemenangan nicky pun g lebih daripada faktor kbrntngn smata, vale jatoh pada race valencia di awal27x lap, point pun hanya beda 5 doank dr nicky 252 vale 247, g berlaku lg ungkpn tsbt bg honda, untngnya stoner punya rws tc robotik no 1, cb g pakai tc robotik lg, maka stoner akan bernasib spt 2006, ndlosor trus…..mana pernah stoner juara tanpa tc robotik, ngimpi loe!

    • TP APAKAH 2004, 2005 HONDA BISA MENANG? 2007, 2008, 2009, 2010 pakah honda juga bisa menang……. jawabannya oooooo tentu tidaaaaaakkkkkk

  5. gua setuju sama sujarwo,Rossi bukan pembalap pengecut manja yg perlu motor sempurna buat juara,motor seadanya pun nda masalah asalkan benar2 sesuai dgn gaya balapnya yaitu motor yg stabil,akselerasinya lembut,biar bukan motor yg power paling gede dn kencang jg ga masalah Vale masih mampu menang

    Fakta yg harus di ingat semua orang,Rossi menang karna skillnya pembalap lain menang karna motornya

    • Weleh weleh…
      Satu org fbs dkeroyok bejibun fbr. Batang2 tua akan dgantikan oleh tunas2 muda, itulah hukum alam, tk s’orgpun mampu melawan. Rossi hebat, tp tu dulu, skrg rossi hrs legowo utk dlengserkan oleh yg muda2. Bravo stoner, sang fenomena.

      • tunas muda bermunculan tapi the legend yg tetap dikenang

        Paling nasip stoner sama kayak kenny roberts jr

      • emang bener hukum alam itu bro, ga bisa dipungkiri… tp untuk kondisi sekarang rossi kan masih pembalap aktif di motogp, jd wajarkan sebagai fans untuk selalu mendukungnya…. dan walopun nantinya “ntah itu kapan” rossi pensiun kita tetep sebagai fans sejati….

        selama masih membalap saya pribadi tetep mendukung valentino rossi untuk mengalahkan pembalap2 muda baik yg skill nya 10/10, sang fenomena, ahli TC robotik, ahli rws kek…. sobodoting…. Gooo VR|46

      • STONER TONGOS IDIOT

        Eh sundal..bangsat.kalo g mau d keroyok minggat sana.
        Kamu goblok ya?g bisa buat blog sendiri

  6. tukang batu khbisan akal…dan tdak mau mengakui khbatan anakku,,,

  7. weeeetttsss… rossi akan dilengserkan setelah dia pensiun… selama dia masih di MOTOGP dia masih sanggup untuk JUARA DUNIA….!!!

  8. Suatu saat tentunya Rossi akan pensiun di MotoGP karena faktor usia …

    Sebagai Fans Rossi, baik fans berat maupun fans newbie, saya yakin pasti akan merasa kehilangan!

    Dengan pensiunnya Rossi kelak, sudah barang tentu para Fans Rossi pun pada akhirnya akan mengidolakan pembalap lain (kalo masih mau nonton MotoGP!)

    Tapi saya yakin Stoner dan Lorenzo bukan pilihan, kenapa? Tidak ada yang BISA KAMI BANGGAKAN pada mereka berdua!

    Lorenzo awalnya cukup mendapat tempat di hati … Sayangnya, sikap dan perbuatannya telah mencoretkan luka di hati kami!

    Pembalap MotoGP sama halnya dengan selebritis, sebagai publik figur tentu harus bisa menjaga sikap … Tengok Pedrosa, adakah Fans Rossi yang menghujat berlebihan?

    Kami mengidolakan pembalap yang bisa menghibur di lintasan, apalagi jika punya keahlian lebih sebagaimana halnya Rossi, saya yakin pasti menjadi idola berikutnya selepas Rossi pensiun …

    Duka yang dalam atas kematian Simoncelli, sosok yang “sebenarnya” sangat kami idamkan menjadi pengganti Rossi …

  9. Mantaap. komen yang menyejukkan hati.. Luca Marini siap-siap kita sambut om untuk jadi pengganti Rossi..

    • sip om, ane akan berusaha jd kek abang ane.
      #moga ane kecipratan ilmunya

      • Valentino Rossi

        tenang aja dik, ntar kalo abang udah pensiun dari MotoGP, semua ilmu abang akan ane kasihkan buat adik…dirimu harus menjadi the next legend MotoGP…

  10. TONGGHOST RIDER

    ane penasaran ama ianone…walopun ga konsisten, tp ‘gilanya’ ada
    klo ga ‘gila’ ga bakalan bisa jd pengganti rossi…imho

  11. YOOO kita DUKung Slalu the DOCTORR … pastii bisaaa MOTO GP ga AD rossi GA seruuuu ….. euy

  12. gooo rossi goo

  13. Enjoyed examining this, very good stuff, regards . “If it was an overnight success, it was one long, hard, sleepless night.” by Dicky Barrett.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: