Legenda Kesuksesan The Musketeer di Yamaha (Part 2 of 3)


Masa Perjuangan Sukses JB Musketeer

Saat boyongan ke Yamaha akhir 2003… JB membawa seluruh catatan dan pengalamannya mensetting dan mengembangkan RCV211, dan perlu diingat, bahwa yamaha 2004 adl yamaha yg “mungkin” 90% baru ala ducati GP12 Phoenix…

Kalau ada yg mendengung2an kalau sasis yamaha adl yg paling hebat 2003, buat JB adl sasis sampah… mesin sampah dan benar2 dimasukkan dalam sampah oleh yamaha Furusawa. Yamaha Furusawa benar2 mendengarkan apa kata JB dalam mebuat motor M-1 990cc.

Mesin berkatub 4 crosplane adl mesin jenis baru bagi yamaha (sebelumnya pakai mesin 5 katub)… dan Sasis yamaha 2004 adl sasis jenis baru… sasis M-1 2003 seperti tempat gantungan mesin kata JB, diganti sasis M-1 2004 yg memeluk mesin dgn hangat, alias mesin dan sasis seperti satu kesatuan. Hasilnya luar biasa… motor M-1 990cc 2004 yg bermesin 4 Inline berkarakter seperti mesin V-4 yg lebih bertenaga (kira2 85% power V-4). Dengan keseimbangan sasis dan deliveri tenaga motor yg smooth… M-1 dgn lincah menaklukkan tikungan2 nyaris diseluruh sirkuit yg ada… kasarnya walau tenaga hanya 85% dr V-4, tapi seluruh tenaga bisa dimanfaatkan utk menjadi juara… dan pemakai mesin V-4 Suzuki walau tenaga 100% tapi yg bisa terpakai hanya 75% karena kurang seimbang… jadilah Suzuki kalah jauh, honda sudah hebat karena juga hasil oprekan JB.

Kong JB berhasil merubah total yamaha, mesin I-4 Crossplane baru dan Sasis Merangkul mesin baru, berhasil diciptakan dan sudah terbukti berpotensi saat Test di Welkom Afsel… dan Juga terbukti Juara Pertama di Sirkuit Welkom (seri Pertama).

Karakter Lemot I-4 Crossplane dirubah menjadi lebih garang dgn Timing Pengapian ala Bigbang Honda. Pelan2 tapi pasti, M-1 menjadi lebih kencang di 2004, dan makin mudah mengalahkan Honda di 2005. Karena motor Honda makin kalah dgn M-1, dan pembalap2 kelas dua yamaha (Edward) bisa bersaing dgn rider honda (posisi 4 klasemen akhir 2005), membuat honda memikirkan strategi mengalahkan Yamaha.

Masa King Rossi sombong & Takluk 2 tahun

Kebetulan Honda punya anak emas di 250cc, Dani Pedrosa, yg akan masuk motoGP mulai tahun 2006. Jadilah kasak-kusuk ke Dorna agar menurunkan kapasitas motor menjadi 800cc mulai 2007… terbukti saat tahun 2006 pun Pedrosa sudah memakai motor paling imut dari semua peserta motoGP.

Karena ada regulasi baru, yamaha “tentunya” harus menyiapkan motor 2007 juga, sayangnya rossi lagi ogah2an megang motor dan lebih fokus kepada WRC atau F-1… inilah salah satu kesombongan Rossi yg jadi malapetaka selama 2 Tahun selanjutnya.

Menganggap remeh lawan dgn terlalu percaya diri tanpa latihan keras seperti sebelum2nya adl sumber Kehancuran !! Dgn sangat terpaksa JB dan Musketeer harus melayani wakil Raja, Patih Colin Edward membuat motor 2006 dan 2007 sekaligus sejak awal 2006. King Rossi I cuma jajal-jajal doang versi M-1 2006… cuman komen M-1 2006 secara keseluruhan lebih bagus dari M-1 2005, masalah chatter mudah dihilangkan dgn setting celotehnya!! terus lanjut Nge-Rally lagi….

Cilakanya Lagi… Furusawa yg berhasil menjalankan Misi Utama, mengalahkan Honda… dua tahun berturut2 lagi… dinaikkan pangkat ke bagian marketing dgn gaji & bonus lebih bejibun… Indonesia saja penjualan yamaha naik lebih 500% (sampai 2010 penjualan Yamaha naik 750% dr saat Rossi bergabung 2004).

Jadilah JB Musketeer utak-atik dgn edward (pembalap pabrikan) yg menghasilkan motor bergetar2…. King Rossi yg balapan di seri Pertama kaget… wah kok kagak bisa disetting nich… akhirnya harus puas dgn posisi ke-14 ??? Syukurin Loe….

Dan seri kedua Chatter sedikit hilang (dipikir beneran kelar) karena Qatar adl track lurus tanpa tikungan lambat, dan rossi berhasil juara satu. Saat ke Turki ternyata M-1 masih getar… Rossi ke-4, & Musketeer benar2 stress saat China & Lemans (dua seri berurut) Rossi DNF aka kagak finish !!

Mulailah Rossi bekerja keras lebih serius dg Musketeernya… Obrak abrik sasis dan mesin yg saat itu blm ada pembatasan.. ditemukan bahwa sasisnya kurang oke dan mesinnya terlalu maksain power… semuanya berhasil dituntaskan dgn cepat… karena Jendral JB dan para Musketeer-nya bekerja ekstra keras bin super serius dgn bimbingan Raja Asli, si sombong King #46.

2 seri selanjutnya langsung juara I lagi… sayang Hayden yg pakai RCV211 sangat stabil dan main aman… hanya podium tujuan utamanya!! walhasil rossi harus bekerja ekstra keras mengejar point sambil mengharapkan hayden jatuh.. dan Hadiah buah kesombongan Rossi adl jatuh di Valencia dan harus rela runner up dgn hanya selisih 5 point dr hayden.

Satu lagi, JB Musketeer melupakan pengembangan motor 800cc karena konsentrasi merombak 990cc, padahal Ducati sudah mulai test GP7 bulan mei 2006 oleh Capirex. Tapi berkat kehebatan Kong JB dan Musketeer-nya, M-1 800cc siap menghadapi tahun 2007. Walau akhirnya kalah telak dari Stoner diatas GP7 full TC Robotik buatan Capirex, M-1 menunjukkan sebagai motor juara yg hanya kalah di BAN SAJA. Saat itu tdk ada yg percaya komentar JB bahwa Rossi hanya kalah di Ban Saja, walau power M-1 juga tertinggal jauh saat track lurus, tapi kehabisan ban si laps2 terakhir yg membuat rossi berhenti berjuang melawan Rocket Stoner.

Sumber Cerita :

     

Masa Pembuktian ke-dua di Yamaha

Seakan ingin membuktikan omongan2nya… JB Musketeer yg dibawah desingan hinaan (karena minta pindah ban Bridgestone), hanya butuh 4 seri (Shanghai) utk menaklukkan GP8 Stoner. Dan JB lah yg merancang strategi Psy War menjelang Laguna Seca 2008, strategi yg benar2 menghancurkan mental stoner sekaligus dendam hingga skrg. Berkat tangan dingin JB Musketeer, M-1 800 menjadi motor terbaik era 800cc dgn gelar Triple Crown Champion (2 rossi 1 jolor). Bahkan tahun 2011 kemarin, Jolor & Spies bisa juara seri “hanya” karena menggunakan settingan JB di tahun2 sebelumnya, dan hasil pengembangan yamaha selama 2011 malah menjadi kemunduran !!!

Satu bukti lain kehebatan kong Jendral JB adl tangan dinginnya dalam mendidik Mekanik2 Yamaha… Trio Italiano yg akhirnya dibajak Honda (Zugna, Luzzi, & Battaglia) adl murid langsung JB yg diambil dr eks. Biaggi dan Melandri selama di Yamaha.

Saking percayanya dgn Trio Murid JB, Honda sampai membuat 5 tipe sasis dan settingan elektronik 1/2 musim terakhir 2010, yg membuat motor pedrosa hebat mulai pertengahan 2010. Bayangkan 5 jenis sasis dikembangkan berbarengan, bandingkan dgn ducati yg icrit2 pengembangan ??? dan saya yakin, berkat trio italiano-lah.. paket Gearbox sangat mahal Honda bisa disetting dgn sempurna di 800cc.

Terbukti 2006-2010 Honda tidak bisa mengembangkan motor Juara (2006 honda sdh nyiapin 800cc), dan hanya berkat kedatangan Trio italiano-lah honda bisa bikin motor bagus di tengah tahun 2010. Mau dikata apa… kehebatan Trio Italiano adl hasil dari tangan dingin JB.

Foto Trio Italiano :

Masa Penghianatan di Yamaha

Setelah Yamaha merekrut Jolor 2008, yg sebenarnya ditolak mentah2 oleh Rossi, tetapi tetap dipertahankan oleh yamaha dg alasan akan memisahkan paddock, sebenarnya yamaha sedang menyiapkan pengganti Rossi yg mulai “dianggap” Uzur & Gaji Mahal.

Kru yg biasanya ikut JB, 3 orang eks. Biaggi Melandri diserahkan pada Jolor, sehingga tersisa Matteo Flamigni. Karena sudah terbiasa dgn JB, trio italiano sering main ke paddock rossi dan terus mendapat update setting rossi. Dan memang itulah rencana terselubung yamaha, sejak 2009 memberikan 100% setting rossi pada Jolor… dan jolor hanya menyesuaikan posisi tempat duduk saja.. timing pengapian dan setting suspensi sampai baut2nya dibuat identik ala sama persis !!

Walau Rossi bisa juara 2009… tapi harus bersusah payah dan perasaan dongkol karena settingannya ditiru jiplak copycat habis2an… Tentu saja JB Juga sangat dongkol. Bahkan saat Jolor bilang bahwa Rossi-lah (Otomatis Mekaniknya yg melakukan) yg menjiplak settingan Jolor… JB Sendirilah yg menjawab!! Kami memiliki pembalap yg jago setting, sementara disebelah hanya ada pembalap jago nyemplak saja… dan ini diperkuat oleh Furusawa bahwa ilmu setting Jolor “NYARIS” 0 BESAR !!!

Sejak JB bilang begitu… tdk ada satupun kata balasan yg keluar dari jolor, karena malu2in saja… udah dititipin trio italiano eh malah sok2an komen sampah !!

Walau bisa menang di Qatar 2010, Rossi kalah oleh Jolor di 2 seri selanjutnya. berbekal dendam dan rasa dongkol akhirnya rossi memotong rambut ala mohawk (pembala sial rossi) dan geber habis2an saat sesi test mugello, hasilnya rossi malah jatuh dan patah kaki. Jolor yg makin sombong “mungkin” menghina2 rossi di paddock, sehingga Trio italiano yg aslinya team Rossi bengah dan cabut sekalian ke honda !! musnahlah orang italia dari kubu jolor… dan inilah yg jadi tema Jurdu Jolor 2010.

Mario Luigi Game Over = Game Over Italia…. Game over orang2 italia… Rossi dan trio italiano… Enyah Kalian Pecundang… Italia.. habis Tandes gue Taklukin !!!

Dan hasilnya Jolor benar2 gak bisa juara seri di 2011 tanpa settingan yg dikembangkan orang2 itali bernama ROSSI !!!

Dimasa cidera tersebut sekali lagi, JB lah sebenarnya yg memimpin delegasi ketemu dgn Pihak Ducati. Pilih King Rossi dgn Semua Musketeernya atau Mekanik2 asli ducati… Akhirnya dengan terpaksa (dan mungkin dendam ala mafioso Italia) Ducati menerima persyaratan Masuknya JB Rossi ke Ducati….

Bersambung (Part 3 of 3) …

Posted on 11 February 2012, in JAMU SRONDOL. Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Wahaha baru tau gw ky sinetron begitu….

  2. pasti dong bro…ini bukan fantasi, tapi fakta dan realita perjuangan panjang tokoh legendaris JB Rossi and team. bisa jadi nanti ada film khusus ttg kong JB Rossi and the gang, bukan sinteron lagi bro.. he.he.he…

  3. jadi inget lagunya SlanK “ORKES SAKIT HATI”

    semua yang kau ingin kan slalu kuberi, kulakukan semua sampai mati….

    “JANGAN INGKARI JANJI”

    namun pada ahirnya yamaha mengingkari janjinya………….

    Go VALE…………………………

  4. I like this website because so much utile material on here : D.

  1. Pingback: Jeremy Burgess The Legendary Crew Chief (Part 1 of 3) « Fans Newbie Ducati JB-Rossi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: