Jeremy Burgess The Legendary Crew Chief (Part 1 of 3)


SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

JB adalah inisial Legenda Crew Chief Mekanik motoGP… Jeremy Burgess. Seorang yg memiliki sentuhan emas terhadap motor2 balap Honda, yamaha, dan Ducati. Sebelum melebay lebih jauh tentang JB, berikut adl Track record si Engkong Legendaris.

Jeremy Burgess : Lahir 16 April 1953 di daerah Pertanian Adelaide
http://en.wikipedia.org/wiki/Jeremy_Burgess

1. Heron Suzuki (1980-1983) –> Cuma dapet juara seri
Jadi mekanik Randy Mamola dibawah Crew Chief George Vukmanovich (Guru “Ngetop” Pertama JB)

2. Honda MotoGP (1983-2003) –> 2+1+5+3 = 11
a. Crew Mekanik Ron Haslam 1983-1984
b. Mekanik Fredie Spencer (1985)
Dibawah Crew Chief Erv Kanemoto (juara 250cc & 500cc ditahun yg sama 1985)
Erv Kanemoto salah satu legenda Crew Chief-nya Biaggi, pernah bikin team GP500
c. Crew Chief Wayne Gardner (1986-1988) –> Juara 500cc tahun 1987
d. Crew Chief Mick Doohan (1989-1999) –> Juara 500cc tahun 1994-1998
e. Crew Chief Valentino Rossi (2000-2003) –> Juara 500cc thn 2001, juara 990cc 2002-2003

3. Yamaha MotoGP (2004-2010) –> 4
Crew Chief Valentino Rossi –> Juara dunia 990cc 2004-2005, 800cc 2008-2009

4. Ducati MotoGP (2011-Sekarang)
Crew Chief Valentino Rossi

——————————————-

Bisa memenangkan 14 Juara dunia motoGP (+1 jurdu 250cc) dgn 4 pembalap berbeda sangatlah hebat… artinya ada sesuatu yg special dari profesionalisme Kong JB…. yaitu bisa mengerti apa yg disukai rider & berhasil mengejawantahkan ke motor pembalapnya.

Ilmu tuning aka setting doang selama di suzuki dan honda 2 tak… sudah dikuasai JB tahun 1998…. tapi mengembangkan aka membuat motor dengan masukan/ kreativitas sendiri… baru didapat Jb setelah menjadi Crew Chief Rossi.

JB menguasai pengapian bigbang dan diakui sebagai Bapak Tune BigBang… saat menjadi Crew Chief Rossi.

Jaman Doohan… saat mesin NSR500cc menggunakan Screamer… bisa dikatakan Skill Doohan yg lebih berperan memenangkan motor, yach mirip2 stoner sekarang… sama2 tinggal pakai saja. Doohan terkenal sbg pembalap yg ingin dianggap raja dg gaya Otoriter, apapun harus nurut dia, makanya terkenal dgn Gaya Maen Perentah Doank ala Doohan. Stoner gayanya kalem & pendiam, apapun motor yg dikasih akan dimaksimalkan (sayangnya komplain2 dilakukan kalau sudah pindah motor). Jaman Pegang Doohan, JB Team sering pergi ke Jepang dan melakukan pengembangan disana, ini dilakukan karena Yamaha Sangat Hebat diawal 1990an, terutama setelah Wayne Rainey 3x berturut2 juara GP500 (kalau tidak cacat 1994, Pastilah bukan Doohan juaranya).

Seperti yg diketahui, Doohan adl pembalap terhebat honda tahun 1990an… Walau sombong dan otoriter terhadap teamnya… Doohan adl pembalap yg Doyan latihan disaat rider lain liburan. Jangan Heran kalau “ada” brotherhood sudah tinggal di Ausie saat itu, sering baca berita Doohan and JB Team latihan di Phillip Island saat Liburan… Inilah cikal bakal hebatnya JB Rossi Team yg memang doyan kerja!

Rossi adl murid Doohan, Dibimbing dan ditulari semangat pantang menyerah (Doohan juara 5X sudah cacat kaki)… untung sifat otoriter Doohan tidak 100% ditiru Rossi…..

JB walau terlihat hebat dgn 5 jurdu berturut2 bersama Doohan (1994-1998), tapi benar2 terlihat membuat motor setelah bersama rossi. Kenapa? karena motor Doohan hanya bisa dipakai oleh Doohan sendiri… yg lain jungkir balik memakai motor yg sama. Bahkan saat awal pakai NSR500cc tahun 2000, rossi sering banget jungkir balik dan harus merelakan juara ke Kenny Robert Jr.

Saat itu (2000) Honda masih mendengarkan Alex Criville sang juara dunia 1999. Tapi setelah 1/2 musim rossi jungkir balik dan mulai mengalahkan Criville dalam pengumpulan nilai, Honda mulai melirik ide2 JB Rossi. Nah ditengah tahun inilah JB mulai membuat motor NSR500cc 2 tak BigBang.

Dengan selalu mencatat apa yg rossi minta, bagaimana karakter balap rossi, akhirnya bisa menerapkan dalam NSR500cc BigBang… awal musim 2001 NSR JB Rossi walau seimbang tapi masih gampang disaingi NSR Screamer dan Suzuki… tapi tengah musim 2001, JB Berhasil membuat motor NSR Bigbang Rossi tidak tertandingi dan mulailah Rossi main2 dgn pembalap lain… start pertama, mundur beberapa posisi, dan geber habis 3-5 lap terakhir utk kasih entertain penonton.

Tapi yg membuat mata dunia tahu bahwa JB lebih hebat dari Erv Kanemoto (gurunya sendiri) adl saat JB Bisa membuat RCV211 Bigbang bergelar Torpedo Sejinak Merpati. Seperti yg terekam dalam komentar rossi, JB mengembangkan RCV211 lebih dari 2 tahun… membuat RCV makin enak dan nyaman dikendarai siapa saja…. Berarti JB tahu seluruh seluk beluk bentuk sasis, karakter deliveri mesin Honda, dan bagaimana mengkombinasikan semua itu menjadi motor sangar nan seimbang… walau minim TC.

Teori JB 80/20 alias 80% ditangan pembalap dan 20% ditangan motor adl tanda bahwa Pembalap sebagai kunci dari kehebatan motor, apalagi dulu tarikan gas benar2 ditangan pembalap tanpa ada yg mengoreksi kalau terjadi kesalahan.

Teori 80/20 Ala JB

Teori 80/20 : Motor disediakan pabrikan mentahan standard (default), mekanik bekerja terhadap motor berdasarkan masukan pembalap, dan dgn ide2 kreativitas kolektif pembalap & Mekanik… motor dirubah part per part sampai tidak ada part yg perlu dikembangkan lagi.. kalaupun berubah itu lebih kepada settingan elektronik yg makin hari makin luar biasa canggih. Jika rider tdk bisa memberi masukan.. bisa dikatakan teori 60% motor 40% rider (Ini yg Honda selalu dengung2kan sampai saat ini).

Dengan Doohan 80/20 bisa juga… karena hanya Doohan yg berhasil menaklukkan NSR500 Screamer, yg lain nyusruk… dengan Rossi: 80/20 berarti Rossi ikut mengembangkan (bisa dikatakan membuat) motor secara langsung, sehingga sisa default pabrikan hanya 20% (awalnya rider 40% pabrikan 60%) –> Kasarnya dgn masukan rossi (rider) hak pabrikan membuat motor hebat hanya tersisa 20%. Skill balap dan pengembangan JB Rossi Team-lah yg berhak terhadap 80% kehebatan motor Honda saat itu !!

Sayangnya Honda bersikukuh pembalap (dan team mekanik) hanya layak 40%, karena bagaimanapun hondalah yg membuat part2 balap dan mengerjakan apa yg diminta JB Rossi Team…. Hondalah yg membuat pembalap bisa juara, bukan pembalap yg bisa bikin honda juara….. MOTTO HONDA : SIAPAPUN PEMBALAPNYA, HONDALAH MOTOR JUARANYA !!

Para Musketeer (Pengawal Raja) Mengikat Janji –> Hijrah ke Yamaha

JB Team dan Rossi…. merasa merekalah yg mengembangkan NSR500 versi Bigbang dan 2 tahun menyempurnakan RCV211 Torpedo sejinak merpati… yg awalnya ngak bisa belok dan lebih lambat dr NSR500 bigbang… jadi 6 detik lebih cepat !!!

JB Rossi dianggap hanya angin lalu dan “dianggap” harus berterima kasih ke Honda karena menjadi legenda (JB Team) adl krn mengabdi di Honda !!! Akhirnya… semangat utk membuktikan diri, delegasi yg dipimpin oleh JB sendiri bertemu Lin Jarvis di Klinika motoGP… mungkin Rossi pura2 sakit kecabut bulu keteknya kali… hehehehe.

Setelah seri terakhir valencia 2003, beberapa Musketeer JB merapatkan obeng dan tang, berjanji sumpah setia : All For One…. One For All (Semua utk “kehebatan” Rossi …. Rossi utk “kehebatan” Semua)… Mana ada yg kenal kru-nya King Kenny, Agostini, Rainey? seperti kita kenal Alex Briggs?? itulah kehebatan Speak2 Rossi !! dan ketidak pelitan Rossi mengakui bahwa Team Mekaniknya Adalah Kunci Kesuksesan Rossi !!

Nah, para Musketeer tersebut adalah : JB, Gary Coleman, Alex Briggs, Brent Stephens, & Bernard Ansiau. Dengan mengangkat obeng dan tang… Musketeer dibawah Jendral JB Mengikuti King Rossi I hijrah ke Yamaha !!

Foto Kru JB & Sumber Cerita :

     

Bersambung (Part 2 of 3) …

Posted on 11 February 2012, in JAMU SRONDOL. Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. yup bener banget,Rossi pindah ke Yamaha juga karna kerja keras sama timnya kurang diakui Honda yg sombong kampreet itu

  2. hrc : honda racing comedy

  3. saya ngefans sama rossi itu karena ini (Rossi tidak tertandingi dan mulailah Rossi main2 dgn pembalap lain… start pertama, mundur beberapa posisi, dan geber habis 3-5 lap terakhir utk kasih entertain penonton.)

    rossi selain hebat ditrek dia hebat jg di paddock dan slalu menghibur penggemarnya….

  4. nah itu dia d beri motor mentah dr pabrik dan lalu di kembangkan…oyeeee

  5. I just like the helpful info you provide to your articles. I will bookmark your weblog and test again here frequently. I am somewhat sure I will be told plenty of new stuff right right here! Good luck for the following!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: