Perbandingan Tangki GP11 dengan Phoenix


GP11Baby Phoenix
SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Di forum, Mbah BARED mengajak kita membahas tentang tangki GP Phoenix, tapi sebelum membahas masalah tangki, baiklah kita sedikit melebay ke mesin motor Ducati:
Mesin Desmosedici 1000cc berukuran lebih besar ketimbang mesin Pneumatic… Itulah kenapa Ducati GP12 Phoenix “pasti” lebih besar ketimbang M-1 ataupun RCV213.

Yang membuat mesin Desmosedici lebih besar adalah karena “rangkaian” katub Desmodromic nyaris 2X lipat dari Pneumatik. Jika katub Pneumatic satu lengan bisa 2 katub, maka Desmodromic 1 lengan satu katub.

Ducati terkenal sebagai motor dengan mesin sebagai sasis (mesin sebagai stressed member), yang mana baja trellis hanya sebagai sub sasis saja… Karena motor Ducati mesinnya saja sudah berat… Harus mencari sasis yang benar-benar enteng. Itulah kenapa tahun 2008 Ducati memulai proyek sub sasis fiber karbon yang sangat ringan (Domenicali bilang dari sisi sasisnya, karbon bisa 5kg lebih ringan dari aluminium). Proyek monokok karbon dimulai Mei 2008 atas dasar masukan jurdu 2007, dan monokok karbon mulai dipakai balap tahun 2009. Ndilalah sejak saat itu (2009-2011) tidak ada satupun pembalap yang bisa menjadi juara seri selain Stoner.

Inilah sedikit keuntungan dengan regulasi berat minimal bagi Ducati… Bayangkan dengan monokok karbon, Ducati ngirit 5kg… Eh tiba-tiba regulasi minta ditambahin 4kg… Jadi ganti serat karbon dengan palang aluminium otomatis nambah +5kg kan?? Hehehe… Walau sebenarnya regulasi ini untuk menolong CRT dengan mesin motor massal yang masih sangat berat… Bayangkan, jika batas minimal hanya 153kg yang mana pabrikan & satelit pasti bisa… Eh CRT paling enteng 162kg, jadilah
pabrikan yang harus memberatkan motornya menjadi 157kg…

Dgn kata lain… Maksud Dorna menolong CRT yang secara tidak langsung juga menolong Ducati… Kalau ada yang syirik nasibmu dech!!!
Politik pemaksaan sejak 2007… Sekarang berbalik… Dipaksa Dorna demi balapan yang menarik dan layak jual!!!

Kembali ke permasalahan Tangki:

  1. Tangki GP12 V90 dibuat dengan posisi agak meninggi dari versi L90 untuk mengurangi efek gemuk di GP12 Phoenix… Jika dibuat melebar seperti Honda (di bawah tempat duduk rider), berapa besar fairing Phoenix???
    Kalau dibuat memanjang kebelakang, nanti wheelbase ducati akan memanjang juga… Udah gemuk memanjang pulak??? Makin berat aja!!!
  2. Selain itu mesin Desmo L90 sudah diputar menjadi V90 yang mana posisi silinder head sudah meninggi… Jadilah tangki harus sedikit meninggi (walaupun dengan sistem pompa injeksi tidak masalah bensin dibawah) jadilah bensin bisa benar-benar habis tandes kalau perlu, kan juga terbantu sistem gravitasi… Hehehe…
  3. Masih ingat teori tempelan ditangki untuk menahan badan Stoner tidak meluncur terlalu ke depan? Nah dengan lebih tingginya tangki, maka Rossi bisa mengerem dengan kuat tanpa takut meluncur terlalu ke depan, karena tertahan tangki yang lebih tinggi ini.

    Plester Grip Di Tangki Desmosedici
    http://sobat46.blogspot.com/2011/04/…smosedici.html

  4. Coakan di depan tangki bertujuan agar tidak mengganggu manuver setang untuk berbelok.
  5. Posisi tangki Phoenix nyaris berada di tengah motor… Jarak ujung tangki depan ke roda depan = tangki belakang ke roda belakang (nyaris)… Bandingkan dengan GP11 yang jaraknya njomplang (lihat gambar di atas). Ini artinya keseimbangan motor benar-benar ada di tengah… Saat miring, Rossi yang mengatur pemindahan bobot dengan tubuhnya.
  6. Dulu, di motor monokok karbon, Ducati memiliki sistem pendinginan airbox… Saat ini airbox dimodifikasi dan disembunyikan di bawah tangki… Dan keluaran hawa bisa dilihat di fairing yang memanjang di sebelah kanan dan 3 baris di kiri. Boleh saja orang bilang kok fairing/kedok Ducati asimetris/tidak seimbang (lobang kanan kiri berbeda)… Saya cuma iseng-iseng memperkirakan, jangan-jangan mesin Ducati mirip Vespa (kanan kiri tidak seimbang) walaupun tidak sampai se-ektrem Vespa. Jadi saat diputar menjadi V90, letak knalpot juga tidak simetris antara kanan dan kiri… Apapun itu sudah pasti sistem pendinginan di sebelah kanan dan kiri Phoenix
    sedikit berbeda… Dan jangan khawatir… Karena sudah pasti telah dicoba di terowongan angin Borgo Panigale… Dan telah terbukti memberikan efek keseimbangan yang disukai Rossi!!!

Jadi entah kebetulan atau tidak, posisi tangki yang terpaksa agak meninggi dari sebelumya, karena harus mengakomodasi V90… Bisa dimanfaatkan untuk menahan tubuh Rossi (agar tidak meluncur terlalu ke depan) saat mengerem kuat ditikungan… Jadilah Rossi bisa mengerem paling telat tanpa takut jatuh ala TiTo… Dicoak karena semakin tinggi tangki maka bisa menganggu setang.

Posted on 8 February 2012, in JAMU SRONDOL. Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. mudah2an phoenix bisa jadi modal yg cukup buat 2012 .

  2. Borgo panigale kaya apa ya? wah posting dong soal pabrik ducati, biar kite2 tmbh wawasan neh. he.he.he…

  3. liat dulu bos gambar motor di atas. yang gp11 lurus sedangkan gp zero posisi motornya miring bos.jelas aja tangkinya KELIHATAN berada di tengah-tangah antara ban depan dan belakang. liat lagi bos kalo perlu di zoom.oke?? mesin ducati kanan kiri seimbang bos,banyak gambarnya kok di blog2.(emang ducati 2 tak kaya vespa??emang kalo sama2 italy itu mesinnya sama2 gede sebelah apa??) and proyek monokok itu proyeknya ducati sendiri.(proyek masa depan ducati yg dijadikan sebagai ciri khas dari motor ducati di banding motor pabrikan lain) liat tuh ducati panigale yg sasisnya monokok.itu merupakan ciri khas dari ducati.tapi sasis itu gagal di aplikasikan di GP soalnya terlalu kaku dan tidak cocok buat rossi.stoner aja ampe nyerah n sakit 3 bulan gara tu mesin ducati waktu pake screamer+sasis.

    • gue perhatiin emeng bener ditengah2 tong…. kalau GP11 jauh kedepan, ente pikirin aja… tapi fans stoner emang kagak bisa mikir teknis… di kaskoes kuri2 bois aja bahasannya kagak ada yg pake mikir… cetek banget!!! puluhan peki isinya puji2a ke raja muntah dan sindiran ke kang oci doang.. kagak ada analisa teknisnya!!!

      kalau mesin diputar dari L90 ke V90 aja udah pasti dudukan mesin berbeda tong…
      L90 se pasang silinder deket ban bekalang, V90 2 pasang silinder sama2 menghadap keatas. Oon kok dipelihara tong gejrot!!!

      saking siriknya elu ampe ngomong Oom srondol bilang 100% kayak Vespa??
      lagi2 bodoh dipelihara tong2…. yg dimaksud mungkin antara kanan dan kiri ada fungsi pendinginan yg berbeda… motor eloe ape tong? honda supra pit ato vega aje knalpot dikanan, gigi dikiri, kagak imbang khan???

      • emang gua muji stoner apa??emang gua fans stoner apa???ini nih fans rossi yg suka men judge orang tanpa alasan alias asal bunyi aja nih.mulutmu banyak sabunnya ya???ko (S)A(s)BUN getoo??wkwk gua fans nya Giacomo Agostini.lu fans rossi mau apa??lebih legend n dewa mana di banding agostini?????

        wow v90.gede dong mesinnya.sepasang silindernya bisa ampe bawah jok motor tuh secara L90 diputar jadi V90.ducati panigale aja sepasang silindernya deket ama jok motor.padahal itu L90 apalagi V brarti di bwah jok.

        emang knalpot itu sistem pendinginan ya??gua kan blm paham tentang mesin ducati makanya di atas gua tanya masak mesinnya gede sebelah trus titik gravitasinya dmn donk.apa sebelahnya di kasi pemberat biar imbang.eh malah lu yg jawab pake jawaban mesin supra fit n vega lagi.kagak nyambung lah.ducati aja V90/L90 yg gede motor lu mesinnya masi ndlosooor kedepan 80cc lagi hahahahahahaha

  4. I got what you mean , thankyou for putting up.Woh I am delighted to find this website through google. “Don’t be afraid of opposition. Remember, a kite rises against not with the wind.” by Hamilton Mabie.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: